Get Better and Better

 2023, 8 Nov

1 Tesalonika 4:1-18


1 Tesalonika 4:1 (TB) Akhirnya, saudara-saudara, kami minta dan nasihatkan kamu dalam Tuhan Yesus: Kamu telah mendengar dari kami bagaimana kamu harus hidup supaya berkenan kepada Allah. Hal itu memang telah kamu turuti, tetapi baiklah kamu melakukannya lebih bersungguh-sungguh lagi. 


"Better more and more" to please God.


1. Give dignity to my body

Di ayat 3-5, Paul mengingatkan supaya aku kudus, bukan di dalam keinginan hawa nafsu sebagai pelampiasan? Sebagai cara untuk membuat diri content and secure? But learn to appreciate and give dignity to my body.


2. Live a holy and beautiful life

Don’t run roughshod over the concerns of your brothers and sisters. Their concerns are God’s concerns, and he will take care of them. We’ve warned you about this before. God hasn’t invited us into a disorderly, grungy life but into something holy and beautiful—as beautiful on the inside as the outside.

1 Thessalonians 4:6‭-‬7 MSG


True beauty has nothing to do with looks only, It is about how I am on the inside. Tuhan sudah berikan Holy Spirit untuk tujuan-Nya.


3. Love each other

Ayat 9-10 MSG

"Get better and better at it". Seringkali aku memakai ayat lain untuk pembenaran untuk cukup mengasihi orang lain dan bilang: "And if any place will not welcome you or listen to you, leave that place and shake the dust off your feet as a testimony against them." Kurasa cukup kasih karuniaku untuk mengasihi orang-orang yang sulit dikasihi. Tapi aku sadar aku juga orang yang sulit untuk dikasihi, Tuhan gak menyerah untuk aku. So, I must try and try again to get better.


4. Mind my own business

Di ayat 11, Pikirkan masalahmu sendiri, bukan malah bergosip dan membicarakan masalah atau kesalahan orang lain yang tidak ada sangkut pautnya samaku yang menambah beban overthinking dan membuat overwhelmed. Ada part dimana aku harus terlibat, ketika kamu tahu maka kamu harus willing to help. Bukan malas dan menunda-nunda!


5. Bekerjalah! Berdewasa! Dan mandiri!

Masih di ayat 11, Di kisah ini menceritakan orang-orang yang hanya menerima dan tidak mau bekerja. Kalau dikisah ini bahas uang tapi kalau aku adalah kasih sayang. Bekerjalah prim. Jangan demanding ke orang lain untuk permasalahan di dalam hidupmu. Apa gak cukup untuk dibilang benalu! Hei prim, jangan berlarut-larut. Berikan kewajibanmu juga!


6. Hidup sopan

Di ayat 12, Paul mengingatkan supaya aku bersikap sopan kepada sesamaku. Bukan malah gatau diri, setiap hari meminta lebih, menjadi dominan sehingga menyakiti atau memanfaatkan orang yang sudah baik samaku. Ampuni aku Tuhan. Kepikiran sih sebenernya. Hah, berdosa banget. 


7. Enjoy an endless hope

Di ayat 13-14, Jangan berdukacita seperti orang yang tidak mempunyai pengharapan.

Yah tanpa pengharapan, inilah aku selama sebulan an lebih ini. Tujuanku hilang Dan muncul keinginan-keinginan yang impulsive. Ingin sekali mengakhiri semuanya. Merasa gak berharga? Tapi yang membuat aku berharga bukan apa yang sudah aku achieve tapi karena Tuhan yang menciptakan aku. 


To God be the glory 

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik