Saul ditolak

1 Samuel 15:10-11  Lalu datanglah firman TUHAN kepada Samuel, demikian:
"Aku menyesal, karena Aku telah menjadikan Saul raja, sebab ia telah berbalik dari pada Aku dan tidak melaksanakan firman-Ku." Maka sakit hatilah Samuel dan ia berseru-seru kepada TUHAN semalam-malaman.

Kisah tentang Saul ditolak Tuhan. Aku melihat karakter Tuhan, bahwa Tuhan itu tegas. Tuhan menolak Saul karena Saul jatuh di dosa yang sama berulang-ulang. Namun, jadi banyak pembelajaran yang di dapat dari kegagalan Saul pada waktu itu.

1. Tuhan adalah Tuhan yang tegas
Ketika Saul, memilih untuk gak taat, atau bisa dibilang licik, dan gak lagi pandang Tuhan sebagai prioritas utama. Tuhan tolak Saul, bahkan dibilang "Tuhan menyesal". Jadi, aku tahu gimana aku gak boleh salah prioritas atau salah motivasi, ya bisa juga dibilang mencuri kemuliaan Allah.

2. Tuhan suka dengan orang yang taat.

1 Samuel 15:22  Tetapi jawab Samuel: "Apakah TUHAN itu berkenan kepada korban bakaran dan korban sembelihan sama seperti kepada mendengarkan suara TUHAN? Sesungguhnya, mendengarkan lebih baik dari pada korban sembelihan, memperhatikan lebih baik dari pada lemak domba-domba jantan.

Tuhan anggap persembahan itu gak lebih penting dari hal mendengarkan. Menurutku Tuhan senang dengan aktivitas yang kita lakukan, seperti pelayanan, ministri, penginjilan, tapi yang Tuhan mau juga adalah hubungan yang dekat dengan Tuhan, saat teduh, quality time dengan Tuhan, dan setelah aku mendengar suara Tuhan, aku harus melakukan sama seperti yang Tuhan perintahkan! gak ngarang sendiri, sok sok bijak dan sok sok mengerti apa yang Tuhan mau.

3. Tuhan mau dihormati

1 Samuel 15:26  Tetapi jawab Samuel kepada Saul: "Aku tidak akan kembali bersama-sama dengan engkau, sebab engkau telah menolak firman TUHAN; sebab itu TUHAN telah menolak engkau, sebagai raja atas Israel."

sebenernya itu bukan Tuhan pendendam ya, membalas apa yang udah dilakuin Saul ke Tuhan. Tapi Tuhan mau dihormati, karena Tuhan adalah pemimpin alam semesta ini. Sudah banyak dikasih berkat tapi Saul gak respek ama perintah perintah Tuhan.

Sebenernya apa aja sih kegagalan Saul?
🐓 Saul gak melakukan apa yang Tuhan perintahkan
🐔 Saul lebih mementingkan popularitas daripada menaati perintah Tuhan
Kelihatan waktu, Saul gak membunuh si raja Agag, supaya bisa dipertontonkan kepada rakyat
🐔 kelicikan, Seolah olah punya motivasi rohani, dengan menyelamatkan ternak yang tambun untuk bisa dipersembahkan kepada Tuhan, padahal sebenernya Saul ingin sayang untuk menumpas ternak ternak itu

🐔 membiarkan rakyatnya salah melangkah, ga menjadi pemimpin yang benar, Saul membiarkan rakyatnya menjarah harta berharga, supaya bisa digunakan untuk keperluan dirinya, jadi rakyat ga bisa membedakan lagi mana yang benar dan yang jahat di mata Tuhan

🐔 Saul ga menyesal setelah ditegur, dia mencari pembelaan terhadap dirinya dengan alasan-alasan yang dia buat

1 Samuel 15:20  Lalu kata Saul kepada Samuel: "Aku memang mendengarkan suara TUHAN dan mengikuti jalan yang telah disuruh TUHAN kepadaku dan aku membawa Agag, raja orang Amalek, tetapi orang Amalek itu sendiri telah kutumpas.

🐔 dia gak bertobat, malah mementingkan gengsi dirinya di depan banyak orang

1 Samuel 15:30  Tetapi kata Saul: "Aku telah berdosa; tetapi tunjukkanlah juga hormatmu kepadaku sekarang di depan para tua-tua bangsaku dan di depan orang Israel. Kembalilah bersama-sama dengan aku, maka aku akan sujud menyembah kepada TUHAN, Allahmu."

Huaaa, 😭 sedih juga melihat kisah Saul, padahal dia harusnya bisa lebih mengenal Tuhan, taat kepada Tuhan, dan tau banget bahwa Tuhan suka dengan ketaatan. Tapi dia gak melakukan itu. Ketaatan kepada perintah Tuhan itu bukan suatu pilihan yang aku harus menimbang nimbang dulu, tapi itu adalah suatu keharusan! 😫

Ampuni aku ya Bapa, tertusuk juga karena aku kurang mendengar. Kurang bisa memanage waktu dengan bijak. Aku mau lebih dekat dengan Tuhan, menjaga hubungan dengan Tuhan supaya aku gak salah mengerti dengan apa yang Tuhan mau, menerima input yang benar dari orang-orang lain, gak menyenangkan hati banyak orang supaya terlihat bagus, tapi obey dengan apa yang Tuhan mau. 😇

Semangat...

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik