Berjaga-jaga

 2023, 9 Nov


1 Tesalonika 5:1-28


1 Tesalonika 5:6 (TB) Sebab itu baiklah jangan kita tidur seperti orang-orang lain, tetapi berjaga-jaga dan sadar. 


Berjaga-jaga dalam bahasa Yun: gregoreo yang artinya tetap sadar dan waspasa


Sadar secara spiritual, jangan "memilih" untuk "tidur secara spiritual".


Membuat diri merasa aman dengan hal-hal yang dipunya, mempercayai bahwa diri merasa damai dan baik-baik saja sehingga menjadi lalai dan tidak berjaga-jaga. God, aku telah menyia-nyiakan waktuku hanya dengan hal fana. Mengejar sesuatu yang bahkan aku gak mengerti untuk apa. Aku membanggakan kemalasanku dan kelambananku secara rohani.


But You are so good to me. Tuhan tidak membiarkan aku, Tuhan dengan berbagai cara yang unik dan ajaib melindungi aku supaya aku gak kembali ke dalam kegelapan. Sesuatu yang seolah-olah buruk ternyata itu menjadikan alat untuk menyelamatkan aku dari maut. I still remember clearly, two months ago I experienced sexual harassment again. Hal ini bikin aku kesusahan dekat dengan laki-laki, aku bisa panick attack pas ibadah karena ada laki-laki yang aku gak kenal tiba-tiba duduk di sebelahku. Pas naik KRL pun, si bodoh ini lupa kalo masih ga bisa rame-rame berdesakan. Begitu naik langsung peluk tetty sambil nahan nangis karena gerbongnya campuran. Aku selalu berpikir "ah pasti aku menerima hal seperti ini karena konsekuensi dosaku di masa lampau?!" Tak lama setelah kejadian itu, terjadi hal tak terduga (masalah) dan membuatku aku bergumul, mematahkan hatiku dan beneran kepikiran mau kembali ke manusia lama. Aku mau pergi party dsj (tanpa tetty) tapi aku ingat aku gak bisa karena yang ada aku bakal makin stress nantinya karena berdesakan di dance floor? Ato ketemu dengan laki-laki asing? Dan banyak hal lainnya. Ketika aku berencana menghancurkan diriku, selalu tiba-tiba ada yang contact aku dan meminta apapun entah itu pekerjaan atau tugas atau sekedar pengen ditemenin kemana, sehingga aku ga punya waktu lagi untuk melakukan rencana jahatku. Aku hanya bisa bersyukur karena Tuhan menjagaku. Thank you Lord. 


So then, let us not be like others, who are asleep, but let us be awake and sober.

1 Thessalonians 5:6


Sober meaning: not affected by alcohol; not drunk.


Menjauhi kemabukan supaya tetap sadar. Paulus menegor jemaat yang memiliki kebiasaan mabuk anggur, karena pada saat mabuk mereka tidak memiliki pengendalian diri, mengumbar amarah, 


So then, let us not be like others, who are asleep, but let us be alert and self-controlled (NIV)


Drunkenness arises from a lack of self-control and an indulgence of the senses in order to escape reality.


Sekarang aku sadar? Atau aku sedang mabuk anggur? Mabuk dengan kesombongan/self-pity? Mabuk dengan nafsu? Mabuk dengan pemuasan diri? Mabuk dengan keangkuhan/selfish?


God thank you, for taking care of me in abundance. Tak terbatas kebaikan Tuhan. Lasts month, aku selalu ingin mabuk haha. Antara mau dan gamau, karena tubuhku keknya sudah ga boleh. Tapi ingin... sampai kesempatan aku minum alkohol banyak bergelas-gelas dengan berbagai brand tapi gak mabuk-mabuk juga. Sampai tetty ambil botol ku dan dia minum. Aku agak syok. Terus dia bilang "kamu udah kebanyakan minum" tapi setelahnya dia alergi 😆. Karena perbuatan tetty itu akhirnya aku berhenti. Ni anak kenape pikirku. Tapi aku berasa dikasihi karena berasa dipedulikan.


Namun setelah minum terus apa? Apakah membantu? Engga sama sekali. Malah menerbitkan rasa bersalah.


Paulus menuliskan tips yang harus dilakukan:


1 Tesalonika 5:16-22 (TB)  

-Bersukacitalah senantiasa. 

-Tetaplah berdoa. 

-Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.

-Janganlah padamkan Roh, 

dan janganlah anggap rendah nubuat-nubuat. 

-Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik. 

-Jauhkanlah dirimu dari segala jenis kejahatan. 


Daripada melakukan hal-hal duniawi yang sudah tahu fana. Bahkan aku sebenernya tahu apa yang harus aku lakukan pada saat bergumul dan merasa tidak layak or ketika negative thinking or ketika skima-skima itu datang kembali, namun aku berpikir untuk memilih akan melakukan hal-hal yang tidak baik. Hati ini tahu merindukan hal yang benar tapi aku membiarkan kedagingan bergitu rupa menguasai diriku. I'm sorry Lord.


1 Tesalonika 5:12 (TB) Kami minta kepadamu, saudara-saudara, supaya kamu menghormati mereka yang bekerja keras di antara kamu, yang memimpin kamu dalam Tuhan dan yang menegor kamu;


Respect kepada para pemimpin dan orang-orang yang bekerja keras untuk kamu... karena mereka adalah orang yang Tuhan izinkan mengiringi hidup kamu dan memimpin kamu di dalam Tuhan prim...


Tuhan ampuni aku, karena kebodohanku dan kemalasanku, aku melalaikan banyak hal. Help me Lord. God I'm trying...

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik