Praise to the Lord

 2021, 23 May


Dengan nyaring aku berseru-seru kepada Tuhan , dengan nyaring aku memohon kepada Tuhan .  Aku mencurahkan keluhanku ke hadapan-Nya, kesesakanku kuberitahukan ke hadapan-Nya. Ketika semangatku lemah lesu di dalam diriku, Engkaulah yang mengetahui jalanku. Di jalan yang harus kutempuh, dengan sembunyi mereka memasang jerat terhadap aku.  Keluarkanlah aku dari dalam penjara untuk memuji nama-Mu. Orang-orang benar akan mengelilingi aku, apabila Engkau berbuat baik kepadaku.

Mazmur 142:2‭-‬4‭, ‬8 TB


Daud menulis ini pada saat dia dalam pelarian dan berdoa di dalam gua. Dia berseru dan memohon pertolongan kepada Tuhan. 

“Engkaulah yang mengetahui jalanku” Perasaan bersyukur dari Daud, lega karena ketika semangatnya lemah lesu, Tuhan tahu. 

Sebagai manusia, dimengerti dan dikenal baik oleh seorang pribadi itu pasti sangat menguatkan, dan merasa tenang. Ah, dimasa sulit dan kesepian, masih ada yang mengetahuinya. Saat merasa sendirian dan semua orang mengecewakan, aku masih ada Tuhan. 


Kemudian Daud, berdoa untuk memuji nama Tuhan. Pernah tidak berdoa secara spesifik hanya karena ingin memuji nama Tuhan? Saya rasa jarang ya. Biasanya bilang “mau menyenangkan Tuhan” atau  “supaya nama Tuhan dimuliakan”. Daud ini terkenal banget bagaimana Dia memuji dan menari untuk Tuhan. Sampai istrinya sendiri menyindir Daud, karena dia seperti mempermalukan dirinya di depan banyak orang ketika memuji Tuhan. Daud melakukan itu karena Tuhan sangat layak untuk menerima pujian yang terbaik. 

Karena itu saya juga mau untuk setiap hari menyanyijan lagu untuk Tuhan secara khusus ya, pada waktu pagi (dari ⏰ bangun pagi: Sungguh indah 🎶), ada lagu yang disesuaikan dengan bacaan alkitab, kemudian malam juga ada alarm : Jesus it is You… Ketika saya memuji Engkau Tuhan, semangat saya membara, dipenuhi rasa syukur, dan semakin sadar bahwa Engkau sungguh besar dan mulia.


Ester 6-8

Kisah Ester ini seperti kisah kebanyakan pahlawan, sang pahlawan menang dan yang jahat dikalahkan, yang happy ending. Tapi ini sungguh terjadi di dunia nyata.

Saya belajar bahwa hasil akan dipengaruhi oleh iman yang dipercaya. Jika apa yang diyakini itu adalah kebenaran. Pasti Tuhan akan berkati.

Tuhan tidak akan membuat perjuangan, tetes air mata menjadi sia-sia, meski Tuhan memiliki waktu-Nya tersendiri dan cara-Nya sendiri.


Pada malam itu juga raja tidak dapat tidur. Maka bertitahlah baginda membawa kitab pencatatan sejarah, lalu dibacakan di hadapan raja. Dan di situ didapati suatu catatan tentang Mordekhai, yang pernah memberitahukan bahwa Bigtan dan Teresh, dua orang sida-sida raja yang termasuk golongan penjaga pintu, telah berikhtiar membunuh raja Ahasyweros. Maka bertanyalah raja: “Kehormatan dan kebesaran apakah yang dianugerahkan kepada Mordekhai oleh sebab perkara itu?” Jawab para biduanda raja yang bertugas pada baginda: “Kepadanya tidak dianugerahkan suatu apa pun.”

Ester 6:1‭-‬3 TB


Dari ayat ini saya juga belajar untuk selalu berterima kasih dan mengapresiasi kebaikan yang sudah orang lain berikan kepada saya. Enak ya kalau Raja ada bikinin catatan tentang kebaikan orang lain sehingga bisa di review setelahnya. Nah saya pasti tidak punya haha. Jadi benar-benar, membuat daftar list bersyukur akan sangat membantu saya untuk mengingat juga siapa saja orang yang Tuhan pernah pakai untuk menjangkau dan membantu saya. Setelah bersyukur kepada Tuhan, saya juga perlu memberikan apresiasi kepada orang tersebut. Bukan take for granted. Merasa “ya sudah selayaknya dia melakukan itu untuk saya” atau “itu tugas dia” atau melupakannya begitu saja.


Kemudian saya juga belajar tentang kisah Haman. Bagaimana Tuhan membalikkan keadaannya. Karena kejahatannya, dan rencana jahatnya untuk mencelakai, tapi malah berbalik menyerang dia sendiri. Konsekuensi dari dosa. Kebenaran pasti akan selalu ditegakkan.

Karena itu selalu rendah hati, supaya tidak seperti Haman yang gila hormat, sombong dan akhirnya membuat dia gampang tersinggung, merasa tidak dihargai, sehingga muncul kebencian, kemudian pikiran jahat, rencana pembantaian dan pembunuhan bahkan untuk satu bangsa, dan memuaskan hawa nafsunya dengan keinginan untuk membunuh seterunya dengan cara memalukan untuk dipamerkan sehingga semua orang akan takut dengannya dan makin tunduk lagi.

Selalu selidiki kondisi hati tiap hari, supaya dari satu dosa akan bergulir menjadi banyak dosa, yang bahkan tidak hanya berimbas kepada diri sendiri tapi juga je banyak orang.

Bapa, Engkau sungguh pengasih dan adil kepada umat-Mu. Tuhan menyelamatkan ketika umat-Mu benar-benar datang dan memohon perlindungan dari Tuhan.

Bapa, saya tahu masih bergumul di area tertentu, saya tahu, saya hanya bisa melewati ini dengan kekuatan Tuhan dan bukan mengandalkan logika dan kekuatan sendiri. Godaan ini benar-benar terlihat menyenangkan tapi saya juga sadar bahwa Tuhan tidak menyukainya.

Bapa bantu saya untuk dapat terus memberikan pujian yang terbaik dari hidup saya. Terus menjaga diri saya dari dosa dan memberikan apresiasi kepada orang-orang yang telah Tuhan percayakan untuk membantu saya.

Sikunir


My Lord and my God, I thank you that I don’t have to wait until the new heaven and the new earth to worship you. You are worthy to receive glory, honour and power today and every day.


Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik