Obaja

 2021, 19 Maret

Obaja 1

Ibrani 2

 

Lord, too many questions in my head…

 

Saat saya mau berdoa, dan entah bagaimana saya malah mendoakan yang lain dan sepertinya pertanyaan-pertanyaan itu terjawab begitu saja dalam pikiran saya. Meski bukan jawaban yang jelas seperti 1+1=2 tapi saya mengerti dan puas.

 

Kitab ibrani 2 berisi tentang penjelasan siapa itu Yesus. Kitab ibrani yang tidak diketahui siapa penulisnya ini, dan diperkirakan ditulis di Italia untuk orang-orang Yahudi, yang tingkat kepercayaannya kepada injil sudah mulai merosot, dan malah memilih untuk menerima “pengajaran-pengajaran lain” yang membuat iman mereka kepada Yesus memudar. Karena itulah kitab ini di pasal 2 kembali mengingatkan dan menjelaskan siapakah Yesus itu.

 

Tetapi Dia, yang untuk waktu yang singkat dibuat sedikit lebih rendah dari pada malaikat-malaikat, yaitu Yesus, kita lihat, yang oleh karena penderitaan maut, dimahkotai dengan kemuliaan dan hormat, supaya oleh kasih karunia Allah Ia mengalami maut bagi semua manusia.  Sebab memang sesuai dengan keadaan Allah – yang bagi-Nya dan oleh-Nya segala sesuatu dijadikan --, yaitu Allah yang membawa banyak orang kepada kemuliaan, juga menyempurnakan Yesus, yang memimpin mereka kepada keselamatan, dengan penderitaan.

Ibrani 2:9-10 TB

 

Allah yang menjadi dalam bentuk manusia sama seperti saya, supaya saya sebagai manusia yang mempunyai kebutuhan untuk “diterima” dan “dimengerti” bisa diselamatkan. Yesus mengambil rupa manusia:

. lebih rendah daripada malaikat-malaikat

. menjadikan saya 1 keluarga

. menyebut manusia brother and sister

. share in our humanity

. was made like us in every way

. suffer when He was tempted

 

Dan supaya dengan jalan demikian Ia membebaskan mereka yang seumur hidupnya berada dalam perhambaan oleh karena takutnya kepada maut. Itulah sebabnya, maka dalam segala hal Ia harus disamakan dengan saudara-saudara-Nya, supaya Ia menjadi Imam Besar yang menaruh belas kasihan dan yang setia kepada Allah untuk mendamaikan dosa seluruh bangsa. Sebab oleh karena Ia sendiri telah menderita karena pencobaan, maka Ia dapat menolong mereka yang dicobai.

Ibrani 2:15, 17-18 TB

 

Supaya saya dibebaskan dari perhambaan, kepahitan, kekecewaan, dosa, ketakutan dan supaya bisa menolong saya ketika saya dicobai.

 

Tuhan kenapa mencintai saya sehingga harus menderita? Dan untuk apa mencintai jika itu memberikan penderitaan?

 

Karena saya adalah ciptaan-Nya dan Tuhan adalah pencipta saya. Tentu saja Tuhan akan mengasihi saya sebagai ciptaan yang merepresentasikan rupa dan pribadi-Nya

 

Banyak hal yang saya pertanyakan mungkin belum dijawab dengan jawaban yang pasti. Tapi dari sini saya kembali dikuatkan dengan yang namanya “faith”.

 

Mazmur 139:6 (TB)  Terlalu ajaib bagiku pengetahuan itu, terlalu tinggi, tidak sanggup aku mencapainya.

 

Tapi Tuhan sudah memberikan pengharapan, dan bagian saya adalah keeping me faith in His Covenant.

 

So grateful 💕 Engkau membagikan rahasia-rahasia dengan menanamkan pengetahuan dan pengertian kepada saya sehingga saya tetap hidup!

 

Obaja, kitab yang hanya berisi 1 pasal. Nubuat untuk bangsa edom keturuan Esau. Obaja menunjukkan kejatuhan Yerusalem oleh Babylonian pada 587SM, tetapi bangsa edom tidak menolong dan malah ingin mengambil keuntungan dari Yehuda.

 

Keangkuhan hatimu telah memperdayakan engkau, ya engkau yang tinggal di liang-liang batu, di tempat kediamanmu yang tinggi; engkau yang berkata dalam hatimu: “Siapakah yang sanggup menurunkan aku ke bumi?”  Sekalipun engkau terbang tinggi seperti burung rajawali, bahkan, sekalipun sarangmu ditempatkan di antara bintang-bintang, dari sana pun Aku akan menurunkan engkau, -- demikianlah firman Tuhan .

Obaja 1:3-4 TB

 

Kaum keturunan Yakub akan menjadi api dan kaum keturunan Yusuf menjadi nyala api, dan kaum keturunan Esau menjadi tunggul gandum: mereka akan membakar dan memakan habis sekaliannya, dan dari kaum keturunan Esau tidak ada seorang pun yang terlepas, sebab T UHAN lah yang berfirman demikian.  Maka orang-orang Tanah Negeb akan memiliki pegunungan Esau, dan orang-orang Daerah Bukit akan memiliki tanah orang Filistin. Mereka akan memiliki daerah Efraim dan daerah Samaria, dan suku Benyamin akan memiliki daerah Gilead.  Penyelamat-penyelamat akan naik ke atas gunung Sion untuk menghukumkan pegunungan Esau; maka T UHAN lah yang akan empunya kerajaan itu.

Obaja 1:18-19, 21 TB

 

Hal yang saya pelajari adalah tentang kesombongan dan keangkuhan. Karena angkuh jadi terpedaya dalah kesombongan. Pada saat semua baik, menjadi angkuh dan tidak bisa bersimpati dengan kesusahan orang lain, entah itu brother sister, family, rekan kerja atau siapapun. Hanya memikirkan diri sendiri dan keuntungan apa yang bisa diperoleh dan dengan over confident yakin bahwa ia telah terbang tinggi dan tidak akan ada yang bisa menjatuhkannya.

 

Belajar untuk selalu ingat siapa yang memberikan semua hal yang baik, pencapaian sehingga tahu dimana tempat diri seharusnya berpijak dan bersyukur dalam segala hal, supaya tidak menjadi tergoda dengan rupa-rupa pencobaan.

 

Terima kasih Tuhan. Awesome! How Great is Our God!

 

Bantu saya untuk terus fokus mengejar hadir-MU.

Bantu saya untuk memiliki wisdom yang berasal dari-Mu dan menjaga iman saya supaya tidak terperosok ke dalam pengajaran yang menyesatkan.

Dan pada akhirnya saya bisa memiliki kebebasan yang sesungguhnya

 

Semoga nama Tuhan selalu dimuliakan

 

🤗

 

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik