Berseru dengan rendah hati

 2021, 21 March


Kamu akan mengetahui bahwa Aku ini ada di antara orang Israel, dan bahwa Aku ini, Tuhan , adalah Allahmu dan tidak ada yang lain; dan umat-Ku tidak akan menjadi malu lagi untuk selama-lamanya.” Dan barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan akan diselamatkan, sebab di gunung Sion dan di Yerusalem akan ada keselamatan, seperti yang telah difirmankan Tuhan ; dan setiap orang yang dipanggil Tuhan akan termasuk orang-orang yang terlepas.”

Y"oel 2:27‭, ‬32 TB


Jawa Timur


Melanjutkan pasal 2 kemarin, di ayat ini, Nabi Yoel bernubuat juga, setelah datang tulah, maka Tuhan akan kembali memulihkan keadaan mereka, Yehuda dan Yerusalem. Apabila "berseru kepada nama Tuhan" maka akan diselamatkan sebab Allah adalah Tuhan tidak ada yang lain.


Saya terus diingatkan hal ini, kepada siapa saya akan berseru dan meminta pertolongan? ketika menghadapi pergumulan saya, peperangan terhadap diri sendiri yang telah berjalan dalam waktu lama tapi tidak nampak berubah ataupun membaik. Cry out to the Lord! Datang kepada Tuhan dengan sungguh-sungguh dan segenap hati, being humble.


Saya lagi nonton anime Hakyuu tentang bola voli, ada seorang jenius yang karena sikap arrogant dan dictator akhirnya teman-temannya tidak tahan dengannya dan "membuang" nya. Kalau saya di tim itu juga pasti muak, tapi disisi lain orang itu sebenarnya hanya ingin menang, cuma tidak tahu cara bersikap yang benar. Pada masa senior high school nya, dia bertemu seorang yang menerima dia, dan dia beranjak dewasa dan merendahkan hati untuk tidak menjadi sombong dan menerima input dari orang lain dan jeng jeng, skill dia berevolusi dengan luar biasa! 


Saya melihat disini humble adalah sikap yang sangat diperlukan untuk bisa berevolusi menjadi lebih baik. seperti yang diingatkan oleh nabi Yoel. berseru kepada Tuhan, tapi berseru yang seperti apa? bisa saja orang berseru tanpa dengan kesungguhan, atau tetap dengan hati yang keras dan sombong. karena itulah tidak akan pernah ada perubahan di dalam hidup. Bahkan saya ragu orang tersebut punya faith kepada Tuhan, atau jangan-jangan hanya percaya diri, yakin bahwa dia adalah orang pilihan jadi Tuhan pasti tolong. tapi sebenarnya dia menempatkan posisi diri sendiri lebih tinggi daripada Tuhan.


Sebab itu, baiklah kita waspada, supaya jangan ada seorang di antara kamu yang dianggap ketinggalan, sekalipun janji akan masuk ke dalam perhentian-Nya masih berlaku. Jadi sudah jelas, bahwa ada sejumlah orang akan masuk ke tempat perhentian itu, sedangkan mereka yang kepadanya lebih dahulu diberitakan kabar kesukaan itu, tidak masuk karena ketidaktaatan mereka.

Ibrani 4:1‭, ‬6 TB


Nyesek banget kalau saya ternyata "ketinggalan" padahal saya telah lebih dahulu menerima kabar kesukaan tapi karena iman tidak bertumbuh atau bahkan hati telah menjadi keras, saya tidak dapat memasuki tempat perhentian yang Tuhan sudah siapkan karena ketidaktaatan!


I get the point, biasanya orang semakin lama belajar dan sudah expert atau sudah lama berada disuatu lingkungan maka tingkat security akan meningkat. Jadi akan ada dua kemungkinan yang akan diputuskan: terus bertumbuh atau malah merosot. karena dengan meningkatnya rasa secure bisa menimbulkan kecenderungan untuk "menggampangkan sesuatu".


It's wow banget pagi ini saat teduh di beranda terus lihat tetangga kosan lagi sing a song to praise Jesus. Saya terdistract 😂 maafkan. tapi rasanya ingin bergabung dengannya dan bernyanyi.


Saya bersyukur banget Tuhan, karena meski perut saya sedang sangat sakit kemarin bahkan tidak bisa tidur sampai jam 1 malam gara-gara sakit tapi dibalik itu saya juga merasa Tuhan memberikan kepada saya sesuatu yang diperlukan oleh saya. Dan saya gak ngerti kenapa tetty di kamar saya mulu. 😅 mencurigakan dan tidak biasanya. bahkan abis keluar sama sinta, langsung balik ke kamar saya ampe jam setengah dua belas.


Bapa, terima kasih karena Tuhan selalu berikan pemulihan kepada anak-anak-Nya yang berseru dengan segenap hati dan taat melakukan perintah-Mu.


Thank you Bapa for Your Love. But I pray for my sickness. 😅😭 this is really hurt. 


Happy sunday my Father. 🤗

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik