Janji Pemulihan

 2021, 19 Feb

Yeremia 29:24-32, 30-31

 

JANJI PEMULIHAN

 

maka beginilah firman Tuhan : Sesungguhnya, Aku akan menghukum Semaya, orang Nehelam itu, dan keturunannya: tidak ada seorang pun dari keluarganya akan diam di tengah-tengah bangsa ini untuk melihat yang baik yang akan Kulakukan kepada umat-Ku, demikianlah firman Tuhan , sebab ia telah mengajak murtad terhadap Tuhan .”

Yeremia 29:32 TB

 

Dari kisah ini saya belajar untuk menjaga perkataan saya dan terus menjaga isi atau konten yang saya perkatakan sehingga isinya adalah kebenaran dan bukan bualan atau kebohongan. Mungkin kondisi sekarang bukan seperti nabi-nabi palsu yang bernubuat jahat kepada umat Tuhan. Tapi bagaimana saya membimbing, berdiskusi, berbagi pemikiran, memberikan nasehat. Itupun gak boleh diberikan dengan sembarangan atau sok tahu atau menambah-nambahkan sendiri. Mungkin saat saya berpikir sepertinya kalimat ini akan menguatkan tapi ternyata maknanya sudah berbelok dari kebenaran, mungkin itu bisa menenangkan orang tapi jika itu membawakan harapan palsu ya itu jahat. Allah pun tidak menyukainya.

 

Kemudian di pasal 30-31 berisi tentang janji pemulihan akan umat-Nya dari pembuangan di babel.

 

Mengapakah engkau berteriak karena penyakitmu, karena kepedihanmu sangat payah? Karena kesalahanmu banyak, dosamu berjumlah besar, maka Aku telah melakukan semuanya ini kepadamu.

Yeremia 30:15 TB

 

Dari jauh Tuhan menampakkan diri kepadanya: Aku mengasihi engkau dengan kasih yang kekal, sebab itu Aku melanjutkan kasih setia-Ku kepadamu.  Aku akan membangun engkau kembali, sehingga engkau dibangun, hai anak dara Israel! Engkau akan menghiasi dirimu kembali dengan rebana dan akan tampil dalam tari-tarian orang yang bersukaria.  Aku akan memuaskan jiwa para imam dengan kelimpahan, dan umat-Ku akan menjadi kenyang dengan kebajikan-Ku, demikianlah firman Tuhan .

Yeremia 31:3-4, 14 TB

 

Tuhan sangat baik, Tuhan juga adalah kasih itu sendiri yang tidak berubah dan selalu memiliki belas kasih yang tiada tara. Tapi Tuhan tidak berbohong, Tuhan menyatakan kebenaran. Meskipun Tuhan sangat mengasihi umat-Nya , Tuhan tetap menyatakan dosa dan kesalahan umat-Nya, memberikan konsekuensinya.

 

Bapa, terima kasih karena sudah menerima saya yang berdosa, kotor, jahat dan lemah ini. Saya masih bergumul dalam kedagingan saya, atas lust, kemarahan, iri hati, kesombongan, egois, kelicikan, kemalasan dan sebagainya. Tuhan, tolong bantu saya untuk bertobat dan tidak melakukan atau tidak mengulanginya lagi. Saya mau hidup kudus bersama dengan Tuhan. Bernyanyi dan memuliakan Tuhan. Hidup penuh kasih dan damai sejahtera, mau menjadi terang dalam hidup saya.

 

Saya bersyukur untuk hidup yang Tuhan sudah berikan, saya pernah ingin menyia-nyiakannya. Tapi Tuhan sangat baik, dan memberikan kesempatan demi kesempatan untuk saya hidup! Memiliki pengharapan kembali dan bangkit.

 

Saya bersyukur untuk kesehatan yang Tuhan berikan, keuangan, kepintaran, keluarga, sahabat dan juga orang terkasih. Banyak sekali yang Tuhan sudah sediakan untuk saya.

 

Bapa, biarlah nama-Mu dimuliakan, saya mungkin tidak layak untuk menjadi pengajar bible study lagi atau menjangkau orang-orang di sekitar saya yang memerlukan Engkau dalam hidupnya. Tapi Bapa, saya mau melakukannya dan ingin sekali Tuhan mau memakai saya untuk kemuliaan Tuhan.

 

Berikanlah wisdom, kekuatan, pengertian supaya saya bisa berlaku sesuai dengan apa yang Tuhan mau.

 

Bapa,… saya terkadang berada dalam persimpangan, tak jarang juga saya menemukan jalan buntu, melalui perjalanan dengan kondisi rohani yang naik turun, kadang pun bersikap munafik, dan melawan dengan tidak jujur. Ampunilah kesalahan dan dosa saya ya Tuhan. Tolong bantu saya untuk re-build kondisi kerohanian saya.

 

Saya bersyukur Tuhan, untuk belas kasih Tuhan.

 

Haleluya...

 

Please stay with me Lord 🥺

 

I always need You….

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik