WORD

 2020, 6 Nov


Or take ships as an example. Although they are so large and are driven by strong winds, they are steered by a very small rudder wherever the pilot wants to go. Likewise, the tongue is a small part of the body, but it makes great boasts. Consider what a great forest is set on fire by a small spark.

James 3:4‭-‬5 NIV


Ucapan dan kata-kata meski kecil bisa berdampak besar, Di kitab yakobus dibilang lidah seperti kemudi kapal, dia kecil tapi dapat mengendalikan arah kapal. Saya belajar untuk menjaga perkataan saya, supaya perkataan saya bukan membunuh karakter orang atau membuat perselisihan, atau menyebabkan kejahatan, tetapi menggunakan perkataan untuk mengucap syukur kepada Tuhan, memuji Tuhan, memberikan semangat kepada yang mendengarkan. 


Untuk dapat memperkatakan hal yang positif saya pun tidak boleh munafik, mengatakan yang lebai-lebai atau berkata yang sebaliknya salah dibilang benar atau berbohong. karena itulah saya perlu tuntunan Roh Kudus dan hikmat dari atas.


But the wisdom that comes from heaven is first of all pure; then peace-loving, considerate, submissive, full of mercy and good fruit, impartial and sincere. Peacemakers who sow in peace reap a harvest of righteousness.

James 3:17‭-‬18 NIV


Hikmat dari atas adalah pertama-tama murni, artinya tidak ada motivasi yang aneh-aneh atau berniat mengambil keuntungan atau dengan kelicikan. tapi pure! kemudian pendamai, perkataan saya harus membawa kedamaian, bahkan hal yang besar jika disampaikan dengan cara yang bijak itu akan lebih dapat diterima dan dimengerti bahkan dapat menyemangati orang. Peramah! dia tidak kasar. Submissive, penurut, mudah menerima input dan teguran yang berguna untuk kebaikan dan yang selaras dengan kebenaran. Penuh belas kasih, bukan berniat menjatuhkan atau menghakimi ketika melihat kesalahan tapi berusaha memperbaiki dan mengayomi. Good fruit dan tidak memihak. kembali lagi, hikmat akan melihat apa yang benar dan tidak memihak atau favoritism. Sincere! tidak ada kemunafikan.


Saya belajar terus untuk mempunyai perkataan yang benar. Tidak gampang berkata-kata, apalagi kata-kata kasar dan kosong. Be aware ketika bangun tidur ato lagi ngantuk ato lagi capek, kadang-kadang yang diucapin itu jadi gak terarah 😅 yang gak ada sangkut pautnya jadi bisa kena.


Begitu pula ketika mengajar, hendaklah mengajar tentang kebenaran, bukan sekedar dari pengalaman pribadi atau knowledge tapi terus mengandalkan Tuhan, supaya dapat memberikan pengajaran dengan hikmat yang dari atas...


Thank you Lord 💕😊 Bapa, bantu saya untuk mempunyai hikmat yang dari atas. Ampuni saya ketika saya bersikap munafik, atau tidak pure. Saya mau menjadi murid Yesus yang memuji Tuhan dengan perkataan saya, dan bukan mengutuk orang.


Thank you Father 🤗


Let's enjoy today with You my Lord ♥️

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik