SUBMIT YOURSELF TO GOD

 2020, 7 Nov


What causes fights and quarrels among you? Don’t they come from your desires that battle within you? You desire but do not have, so you kill. You covet but you cannot get what you want, so you quarrel and fight. You do not have because you do not ask God.

James 4:1‭-‬2 NIV


Ini ceritanya tentang Yakobus yang menegur orang-orang jews yang suka memecah belah dan menghasut orang sehingga sering terjadi perselisihan dengan orang-orang romawi. Terkadang karena hal yang tidak jelas pun, mereka suka ribut sendiri.


Begitulah juga di jemaat bisa terjadi perselisihan karena adanya mementingkan diri sendiri dengan mengatasnamakan background, suku, dan sebagainya yang seolah-olah untuk menyenangkan Tuhan. Yakobus mengingatkan tentang motivasi dan aware dengan keinginan-keinginan diri sendiri.


Perikop ini benar-benar menusuk saya. 🥺


When you ask, you do not receive, because you ask with wrong motives, that you may spend what you get on your pleasures. Why, you do not even know what will happen tomorrow. What is your life? You are a mist that appears for a little while and then vanishes.

James 4:3‭, ‬14 NIV


Keinginan dan motivasi apa yang saya punya dan bagaimana respon saya terhadap suatu keadaan atau kondisi tertentu yang salah. Tuhan baik, dan Tuhan menyatakan dan menyelidiki motivasi dan keinginan saya yang salah. kemarin ngobrol dengan ka mitha, dia bertanya "emang tujuan lu apa prim?" saya berhenti sejenak ya. mulai memikirkan tujuan, dan ternyata dari yang awalnya memang ada beberapa tujuan, beberapa itu telah tereliminasi dan yang tersisa adalah "memuaskan diri sendiri" 😔 atau prestige. saya kaget. saya tahu saya pun mendoakan tetapi sama seperti yang dibilang Yakobus, "kamu tidak menerimanya karena salah motivasi". pantas saya bimbang terus, ternyata memang ada yang salah dengan motivasi saya. Bersyukur Tuhan melembutkan hati saya sehingga saya mengerti.


Hal kedua yang tertusuk juga adalah setelah selesai ngobrol dengan salah satu teman gereja. Dia bertanya "sudah seperti apa kamu berdoa? pokoknya kamu hanya perlu berdoa, ketika bimbang pergilah berdoa." saya tahu, saya berdoa tapi terbalik. saya berpikir dahulu, mencerna dengan pemikiran baru mendoakan hasil yang saya pikirkan, tapi itu terbalik ya karena disitu saya hanya memaksakan apa yang menjadi keinginan saya. Padahal seharusnya saya bersikap tenang dan rendah hati, berdoa menceritakan struggle dan kebimbangan, supaya Tuhan memberikan hikmat dalam saya berpikir, meski setelah itu juga perlu berdoa lagi.


Sejauh ini saya terlalu mementingkan diri sendiri. Ampuni saya Tuhan. 🙏 Kebenarannya harusnya adalah submit to GOD. bukan malah memiliki persahabatan-persahabatan dengan dunia, sehingga tujuan yang semula mau menyenangkan Tuhan telah berbelok menjadi menyenangkan diri sendiri.


Submit yourselves, then, to God. Resist the devil, and he will flee from you. Come near to God and he will come near to you. Wash your hands, you sinners, and purify your hearts, you double-minded. Humble yourselves before the Lord, and he will lift you up.

James 4:7‭-‬8‭, ‬10 NIV


Kembali lagi menyelidiki hati, bertobat dan rendah hati supaya hati semakin hari semakin pure.


Thanks Lord for today. 


Let's enjoy today with You my Lord ♥️

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik