NOT SHOW FAVORITSM

 2020, 5 Nov

My brothers and sisters, believers in our glorious Lord Jesus Christ must not show favoritism.

James 2:1 NIV


Whoa pagi-pagi belajar tentang ayat ini lagi ya Be. Tapi memang benar sih kecenderungan orang itu akan memandang muka, yang lebih kaya akan lebih dihormati daripada yang miskin. Haha sepertinya karena saya sombong, ketika diperlakukan seperti itu, jadi terkadang ingin membalas perlakuan orang yang juga favoritism. Meskipun bukan hanya karena kekayaan, tapi terkadang memandang orang dari sisi jabatan, intelligence, dan juga minat yang sama.


But if you show favoritism, you sin and are convicted by the law as lawbreakers.

James 2:9 NIV


Saya selalu diingatkan untuk bisa mengasihi sesama manusia seperti mengasihi diri sendiri. Jika ternyata saya masih melakukan favoritism berati saya berdosa. 😭


Bagaimana batasannya ya? terkadang jadi bingung ya. tapi saya yakin selama motivasi dan juga perbuatan yang dilakukan itu selalu murni dan tidak memandang muka maka saya sudah mengasihi sesama dengan adil.


Bapa, ampuni saya. jika saya pun terkadang masih suka favoritism terutama kepada orang-orang yang saya hormati saja. saya masih terus berusaha untuk bisa bersikap adil dan sama kepada semua orang.


As the body without the spirit is dead, so faith without deeds is dead.

James 2:26 NIV


Tanpa perbuatan, iman adalah mati. ini ayat yang pasti sudah sangat dihafal. banyak keinginan mungkin bisa dibilang punya iman tapi tidak melakukan perbuatan apapun disana.


Di kitab yakobus pun sebenarnya memang banyak ditulis bagaimana harus berbuat baik kepada sesama jemaat, mulai dari mengasihi tidak memandang muka sampai harus melakukan perbuatan nyata, sebagai bukti dari iman yang dipunyai.


Mengasihi ada banyak cara, tidak hanya melakukan hal-hal yang "basi" tapi hal-hal yang kecil atau perhatian kecil saja itu sudah bisa menjadi sangat berarti bagi orang lain. Kamu bisa giving prim, bisa teaching, bisa memberi hati untuk mau terlibat kepada struggle orang lain, mau mendengarkan, "cepat mendengarkan, tapi lamban untuk berkata-kata". dan banyak contoh lainnya yang bisa dilakukan, yang saya bisa lihat dari teladan Yesus dan orang-orang kudus yang banyak tertulis di dalam alkitab.


Bapa, Terima kasih karena Engkau selalu memberikan yang terbaik untuk saya, memberikan rasa aman, memberikan pemahaman, kesehatan, dan semuanya.


So, Let's enjoy today with You my Lord ❤️

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik