BERHATI-HATILAH SUPAYA TIDAK JATUH

 2020, 4 Oct

Sebab itu siapa yang menyangka, bahwa ia teguh berdiri, hati-hatilah supaya ia jangan jatuh! Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

1 Korintus 10:12‭-‬13 TB


Paulus mengajar jemaat yang telah memiliki pengetahuan terhadap hukum Musa. sehingga paulus mengajar dan memberi peringatan dengan membahas tentang perjalanan israel pada jaman musa. bagaimana israel telah dibebaskan dari perbudakan di mesir, dan memberikan penjelasan tentang bangsa israel yang telah dibaptis dalam tiang awan dan melalui laut. artinya bangsa israel telah menjadi orang merdeka dan dalam perlindungan Tuhan. tapi dalam perjalanannya di padang gurun ternyata bangsa israel banyak jatuh di dalam rupa-rupa dosa. sehingga Tuhan tidak berkenan dan menewaskan mereka di padang gurun.


paulus menerangkan bahwa perjalanan bangsa israel itu adalah contohan nyata supaya jemaat tidak jatuh kembali ke dalam dosa setelah menjadi murid.


pasal ini panjang. tapi saya mau split untuk hal yang mau saya highlight hari ini. tentang "berhati-hati" supaya tidak jatuh! karena orang sombong biasanya tidak sadar kalau dia telah jatuh karena mereka menyangka mereka sedang "berdiri teguh". Bapa, memang hal ini itu adalah celah untuk orang-orang yang merasa dirinya rohani dan baik-baik saja tapi ternyata orang ini telah jauh daripada Tuhan karena hatinya telah serong tanpa terasa. Bisa seorang murid sibuk dengan pekerjaan ministry tetapi ternyata dia telah jatuh ke dalam jurang, sedihnya kalau orang-orang di sekelilingnya pun tidak sadar! 


sy sangat respect ya cara majelis atau penanggungjawab suatu ministry itu bisa melihat ketahanan spiritual itu sangat penting di dalam ministry. selalu dipastikan terus motivasi dalam pelayanan dalam ministry, gak sekedar "oh orang ini ada bakat", "orang ini bisa nih bantuin", "kurang orang, gpplah join" tapi bersyukur ga kaya gitu. tapi murid dipastikan, juga ke pemimpin group atau zona nya bagaimana kondisi spiritual. sehingga selalu terjaga. sy juga ingat waktu itu pernah sibuk banget bantuin multimedia, tapi asli distraction itu banyak jd kadang sy ga bs fokus dengerin kotbah. terus abis itu ka dinar suruh sy stop di multimedia. 🥺 karena menurut dia hal seperti itu ga sehat untuk spiritual saya. tapi bener juga sih. karena banyak kegiatan dan agenda juga di group ato pda. saya sampe capek dan kadang jd ga bisa saat teduh karena bangun jd siang karena badan juga lelah. terus saat teduh malam kadang pun jd ga dalam karena sudah lelah sangat. bersyukur sih kk ini aware ya. tp sy jg pernah liat bagaimana ada murid yg terlihat aktif pelayanan di sana sini tp ternyata kondisi kerohaniannya sudah sangat kering dan tiba-tiba menghilang. 😭 sedih. apa yang terlihat di mata kadang berbeda dari yg kelihatan. Intentional discipling itu sangat penting ya, benar-benar gali sedalam-dalamnya supaya selalu dipastikan kondisi sebenarnya. sadari kondisi supaya apa yang harusnya baik dan memuliakan Tuhan malah jadi pencobaan untuk dirinya sendiri. Tuhan baik, meskipun begitu Tuhan tidak akan membiarkan pencobaan terjadi melebihi kekuatan orang tersebut. Murid masih bisa menemukan jalan untuk keluar dari pencobaan itu, sehingga kamu dapat menanggungnya.


Bapa, saya belajar dari pengalaman, bahwa saya harus terus melihat posisi dan kondisi saya. apakah saya benar-benar lagi rohani? atau hanya seolah-olah rohani dan memakai topeng? sy harus berhati-hati dan memberikan hati saya untuk terus mengevaluasi hati saya terus menerus, terbuka dan rendah hati.



Thank you Lord 🙏😁 harus benar-benar stand firm. bukan seolah-olah stand firm. 


Enjoy!


===


Bapa, sy tulis respon disini aja lah ya. 


Kotbah hari ini benar-benar pas dan bikin cry. 😅 


Dua hal yang saya belajar bagaimana untuk mengasihi Tuhan adalah harus menyadari bahwa saya adalah orang berdosa ✅ tentu saja saya tahu saya adalah sinner dan sangat membutuhkan forgiveness dari Tuhan. sy juga sering baca ini orang yang diampuni banyak maka adalah orang yang akan paling bersyukur dan akan memberikan banyak untuk Tuhan karena pengampunan yang Tuhan berikan. rela mau lakukan apa saja untuk Tuhan. tapi dalam perjalanan hidup murid gak selalu berjalan sesuai dengan teori. ada masa juga tiba-tiba saya merasa baik. wah kaya saat teduh tadi ya. pas lagi merasa banyak kegiatan dan merasa "wah saya lagi rohani" tapi akhirnya jadi merasa hidup saya baik dan menganggap pengampunan dosa itu menjadi biasa saja bahkan tiba-tiba sudah jadi sombong.


Hal kedua yang saya pelajari adalah bagaimana mengasihi diri sendiri better. bagaimana berdamai dengan dosa yang sy lakukan dengan segala kebodohan yang tak terelakan. bahkan melakukan "playing God". Bapa, maaf ya. ketika harliem bertanya kisah dari Yesus apa yang paling berkesan selain daripada salib? meski pak harliem blg pada saat yesus membasuh kaki murid-murid-Nya. sebenarnya yang terbayang adalah ketika Yesus mengampuni wanita yang ketahuan berzinah dan mau dilempari dengan batu. lgs cry. 😭 entah kenapa seperti diantara yang lainnya ini adalah terlihat paling hina ya diantara semua pendosa. mungkin wanita itu pun sudah siap pada saat mau dibunuh. meskipun ya mungkin juga di dalam hatinya masih mengharapkan pengampunan. dia melakukan dosa dari dalam dirinya dan kepada dirinya sendiri. tapi Yesus mengampuni dosanya. 😭 terharu.


Yesus melupakan dosa yang telah diperbuatnya! sama seperti dosa saya. dosa masa lalu saya. Tuhan sudah melupakannya ketika saya memberi diri sy dibaptis. tapi rasanya sy benar-benar susah melupakan. sepertinya kebiasaan manusia ya mengingat hal-hal yang menyakitkan sehingga menjadi trauma tersendiri. 🙄 tapiiii dosa-dosa itu kembali lagi setelah sy menjadi murid. so sad. bodohnya diri saya. tapi saya membiarkan diri saya jatuh ke dalam dosa yang lama. saya takut, apalagi jika disuruh mengajar. sy merasa sy manusia berdosa. sangat berdosa. sy membutuhkan pengampunan dari Tuhan sangat. bahkan menjadi sangat insecure, takut mengajar karena berdosa. merasa gak layak. tapi menjadikan semua bangsa murid adalah amanat dari Tuhan.


Tuhan telah mengampuni saya. meskipun ada konsekuensi dari dosa-dosa saya. mungkin itu berupa trauma atau perasaan bersalah atau insecure yg bisa terjadi pada masa-masa tertentu. tapi Tuhan sudah tebus saya, saya adalah orang merdeka, Tuhan bilang jangan berbuat dosa lagi. apalagi dengan sengaja prima!!!! Bapa, maaf ya. sy tahu kata maaf saja itu tidak cukup. tapi saya harus melakukan perbuatan yang sesuai dengan pertobatan yang sy lakukan. Lord, I give You my heart. saya gamau jadi merasa pengampunan itu adalah hal yang gampangan. tapi sy tahu itu adalah sangat mahal dan merupakan karunia. Bapa, Engkau sudah mengampuni sy kan? sy harus bisa bangkit dan tidak menjadikan dosa-dosa yg telah lampau menjadi alasan untuk saya tidak bisa memberikan "seluruhnya" dalam kekudusan untuk mengasihi Tuhan.


Thank you Lord. 😭 You're so kind. Sy pusing sekali harus istirahat sepertinya. but thank you Lord ❤️🤗 thank you for loving me. thank you for loving me this much!

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik