YAKOBUS

 2020, 31 Oct


because you know that the testing of your faith produces perseverance. Let perseverance finish its work so that you may be mature and complete, not lacking anything. If any of you lacks wisdom, you should ask God, who gives generously to all without finding fault, and it will be given to you.

James 1:3‭-‬5 NIV


Bapa, good morning. thank you for this day.


Saya ingin belajar tentang buku yakobus, di surat ini yakobus menuliskan nasehat-nasehat dan kebijaksanaan untuk menjalani kehidupan sehari-hari kepada jemaat. mulai dari "testing" pengujian, apa yang berasal dari Tuhan itu selalu baik, dan Tuhan mengajarkan manusia untuk selalu bertekun supaya manusia itu bertumbuh di dalam kedewasaan dan supaya saya makin sempurna di dalam Kristus.


Dalam menjalani proses pendewasaan kebanyakan saya akan mengalami sesuatu yang kurang nyaman, karena uda pasti untuk bertumbuh saya harus keluar dari zona nyaman saya. Bahkan tak jarang saya kebingungan untuk merespon suatu keadaan di depan saya. tapi Yakobus pun mengingatkan bahwa jika kamu kekurangan hikmat, mintalah dari Tuhan. Tuhan akan memberikan hikmat kepada saya.


My dear brothers and sisters, take note of this: Everyone should be quick to listen, slow to speak and slow to become angry, because human anger does not produce the righteousness that God desires.

James 1:19‭-‬20 NIV


Yakobus juga mengingatkan bagaimana untuk "listen" cepat mendengar dan lambat berkata-kata. Saya, semakin lama dan banyak belajar tentang Firman Tuhan atau pengetahuan lainnya terkadang bisa bersikap "reaktif". baru tahu sedikit hal saja, bisa lanjut "bantah" atau menjawab atau mengeluh atau bahkan marah, padahal saya harus mendengar dan mengerti secara keseluruhan apa yang sedang terjadi. baru saya berkata-kata. amarah tidak mengerjakan segala sesuatu. saya pun tahu, ketika marah terkadang otak tidak dapat mengendalikan diri saya, tetapi emosi dan kemarahan itulah yang menguasai sehingga terkadang saya malah membuat keputusan-keputusan yang bodoh, bukan segera menyelesaikan masalah, malah dapat membuat suatu keadaan yang harusnya dengan simple dapat diselesaikan atau bahkan disyukuri malah menjadi suatu masalah yang lebih besar.


Meskipun begitu saya tahu bahwa amarah bisa disalurkan dengan berbagai cara yang sehat, supaya saya tidak melakukan dosa.


Tuhan baik, dan Tuhan selalu mengontrol apa yang terjadi dalam hidup. kembali kepada ayat sebelumnya. jika saya kekurangan wisdom, saya bisa meminta kepada Tuhan dan datang dengan rendah hati.


Jika saya bisa melewati masa sulit bersama dengan kekuatan Tuhan, Tuhan pun akan memperhitungkan setiap usaha dan kesetiaan saya, sehingga Tuhan akan memberikan mahkota kehidupan sebagai rewardnya. 😁


Bapa, saya sangat bersyukur karena Tuhan memberikan saya hikmat sehingga saya sekarang mengerti, bahwa setiap hal yang. terjadi akan mendewasakan saya jika saya dapat merespon dengan benar.


Saya bersyukur memiliki saudara dan saudari yang seiman, yang terus menguatkan secara emotional dan spiritual.


Terima kasih Bapa. So, Let's enjoy today with You my Lord. ❤️

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik