PERPECAHAN

 2020, 6 Oct

Sebab di antara kamu harus ada perpecahan, supaya nyata nanti siapakah di antara kamu yang tahan uji.

1 Korintus 11:19 TB


1 Korintus 11.


Paulus masih mengajarkan tentang bagaimana supaya jangan menjadi batu sandungan, dan mempertimbangkan unsur budaya daerah atau peraturan-peraturan yang ada. Meski itu bukan berasal dari Tuhan, tetap adat istiadat musti dihormati, selama itu bukanlah dosa.


Paulus mengajarkan tentang bagaimana cara berpakaian dan penampilan jaman itu di jemaat korintus, karena ada banyak "tren" yang membuat suatu hal / fasion itu jadi berkonotasi negative. Pada saat itu jemaat laki-laki tidak diperbolehkan mempunyai rambut yang panjang, yang melebihi wanita, dan boleh memelihara janggut, dan kebalikannya kaum wanita harus memakai tudung dan biasanya wanita memiliki rambut yang panjang.


di zaman sekarang masih ada ya, wanita yang memakai baju seperti itu di gereja katolik. tapi karena kebiasaan dan letak wilayah di Indonesia yang tidak mewajibkan untuk menggunakan penampilan seperti itu.


Kenapa wanita berambut pendek dianggap rendah pada jaman itu karena kalo pendek identik dengan homoseksual. begitu pula dengan laki-lakinya. makanya paulus membuat pernyataan itu supaya perdebatan tidak terus menerus berlangsung yg menyebabkan banyak perpecahan.


nah, bagaimana dengan penggunaan tudung kepala? disini sy belajar juga bagaimana menggunakan baju yang proper pada saat ibadah khususnya dan keseharian sy. berhubung sy lebih senang memakai baju casual yg simple 😅 cuma kaos dan celana jeans. cuma sy pasti akan tetap consider baju yang rapih dan sesuai dengan tempat supaya juga tidak menjadi batu sandungan bagi orang lain, bahkan yg belum menjadi jemaat. haha sy ingat sy dibimbing dan dibeliin baju dan banyak acsesorris lainnya 😂 sama ka dinar. haha. ya persediaan memang terbatas karena ga suka pakai.


Memang sih manusia luar akan melihat dari penampilan, meskipun Tuhan sendiri melihat hati yang lebih penting. tapi sy mengerti bagaimana harus berpenampilan di kehidupan sosial. 


selain itu juga paulus mengajarkan bagaimana behave. 😎 datang ke perjamuan kudus ya untuk memperingati dan mengenang kematian Yesus di kayu salib, supaya setiap perjamuan selalu diingatkan bagaimana sy telah ditebus dosanya. bukan dengan motivasi datang untuk makan dan minum. seperti yang jemaat pada saat itu lakukan. mereka makan dan minum banyak sampai ada yang gak kebagian. 😅 


Banyak hal yang bisa menjadi pemicu penyebab perpecahan di dalam jemaat sehingga ada baiknya sy juga mempelajari berbagai adat, suku, dan kebiasaan-kebiasaan terutama untuk orang-orang yang masih kaku pada adat atau supaya mengerti struggle dari orang-orang yang berbeda, yg disebabkan orang budaya masing-masing.


Paulus sendiri juga bilang, bahwa dengan demikian dapat dilihat siapa yang tahan uji.


Meskipun tidak boleh menjadi batu sandungan tetapi juga sy harus tetap berintegritas kepada iman sy, bukan juga harus menuruti banyak adat dan budaya yang menyebabkan jauh dari Tuhan atau malah mengesampingkan Tuhan.


Bapa, terlihat kompleks tapi sederhana saja. haha. 😉 musti banyak belajar.


Bapa, tolong sy untuk bisa bijak juga dalam hidup di masyarakat supaya sebagai murid Yesus juga tidak menjadi sandungan ataupun malah memiliki motivasi yang tidak benar.


Thank you Bapa untuk hari ini.


Let's enjoy today with You my Lord ♥️💞

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik