PENGETAHUAN VS AKAL BUDI

 2020, 1 Oct


But whoever loves God is known by God. For if someone with a weak conscience sees you, with all your knowledge, eating in an idol’s temple, won’t that person be emboldened to eat what is sacrificed to idols? So this weak brother or sister, for whom Christ died, is destroyed by your knowledge. Therefore, if what I eat causes my brother or sister to fall into sin, I will never eat meat again, so that I will not cause them to fall.

1 Corinthians 8:3‭, ‬10‭-‬11‭, ‬13 NIV


Bapa, 😭 hmm. 😅 thank you ya sudah membantu saya melewati hari kemarin. melelahkan. tapi semoga hari ini bisa chill ya. kangen sama Bapa. 🤗 


Perikop ini adalah tentang seorang yang memiliki "pengetahuan" tetapi gara-gara makanan menjadi batu sandungan bagi yang lemah.


Berat ya 😅 sometimes harus benar jaga diri supaya tidak membuat orang lain yang lemah menjadi mati secara rohani. memang contoh dari perikop ini tentang makan makanan berhala. makan tidak berdosa tapi karena makan di kuil berhala maka dapat menimbulkan multi tafsir dan negative. sy juga ingat sih seperti minum minuman beralkohol atau anggur itu sebenarnya gpp kan kalau di kadar yang benar dan bukan untuk tujuan memuaskan hawa nafsu. tapi beberapa orang masih menganggap minum alkohol adalah hal yang salah dan "berdosa". jika seorang yang rajin bergereja tiba-tiba ketahuan orang yang lemah hati bisa jadi batu sandungan "hah, itu aja yg rajin gereja bisa mabuk-mabukan" padahal ga mabuk 😅. ya seperti itulah, padahal dulu sy termasuk orang yg menentang minum alkohol karena sy melihat itu tidak sehat, ya karena yang sy lihat memang orang yg sampe mabuk ato sakit bahkan meninggal, tapi melihat anggur digunakan untuk perjamuan kudus berati memang itu sebenarnya hal yang diperbolehkan cuma ada batas dan tujuan melakukannya. sy salut sama paulus, sampai mengambil keputusan untuk tidak akan makan daging lagi jika hal itu bisa membantu saudara-saudaranya yg belum memiliki "pengetahuan" untuk tidak jatuh di dalam dosa atau bahkan mati secara rohani.


Bapa, hmm kangen 🤗🤗🤗 hugs. saya mau pikiran dan hati saya dipenuhi oleh Kristus saja. tidak mau diombang-ambingkan atau ditipu lagi oleh iblis ya. sy memang memiliki "pengetahuan" atau wawasan, yang kadang iblis bisa putar balikan yang akhirnya membuat saya bingung dan merasa tidak pasti. jawaban memang gak selalu datang dan memuaskan rasa ingin tahu saya. tapi saya gamau terlalu memaksa, karena yang memuaskan saya adalah Firman Tuhan.


Saya mau mengasihi Tuhan, saya mau Tuhan mengenali saya dan tidak menolak saya pada akhirnya.


Menjaga integritas dan tidak menjadi batu sandungan bagi orang lain, memang tidak mudah. bahkan hal yang baik pun terkadang bisa jadi batu sandungan ya. kaya dibilang "ini anak ansos, maunya bergaul sama orang gereja doang" 😅 haha padahal di mata aku bukankah itu baik. tapi mungkin memang harus seimbang dekat dengan keluarga, teman sekolah, masyarakat dll. 


Bapa, bantu saya untuk bisa hidup dengan menyayangi Tuhan, tapi bisa hidup dengan berintegritas dan tidak menjadi batu sandungan. Tolong saya dalam berkata-kata dan bersikap, saat memutuskan sesuatu dan melakukan apapun itu Bapa.


Bapa, I miss You. 😭🤗 hanya ingin bersama Bapa, and take a rest and traveling or snorkeling. haha.


Thank You Lord, You are so good!


Let's enjoy today with You my Lord ❤️ I Love You 🤗

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik