UNDIVIDED DEVOTION

 2020, 29 Sept


Semuanya ini kukatakan untuk kepentingan kamu sendiri, bukan untuk menghalang-halangi kamu dalam kebebasan kamu, tetapi sebaliknya supaya kamu melakukan apa yang benar dan baik, dan melayani Tuhan tanpa gangguan.

1 Korintus 7:35 TB


Wah, ini ayat yang dibahas semalam 😂😅


Background Paulus memberikan perkataan ini: karena jemaat pada masa itu mendapatkan penganiayaan yang sangat banyak, makanya Paulus meminta jemaat untuk mempertahankan kondisinya yang sekarang ada,. untuk yang single atau janda tetap menjadi single, tetapi untuk yang telah menikah harus tetap menjaga komitmennya.


UNDISTRACTED DEVOTION


😅 Otakku tak bisa pergi dari ini. Tapi memang benar, saya mengevaluasi diri saya lagi mencari-cari apa hal-hal yang biasa mengganggu saya atau hal-hal yang berpotensial akan menjadi pengganggu hubungan saya dengan Tuhan.


1. Achievement

Pencapaian, hal ini juga bisa menjadi pedang bermata dua, bisa menjadi baik tapi bisa juga menjadi sangat buruk jika telah menjadi obsesi dan menggantikan tujuan hidup yang Tuhan sudah berikan. Saya bisa punya goal yang mungkin awalnya memang bertujuan baik tapi pada saat perjalanan mencapai itu akan banyak hal-hal yang dapat membengkokkan tujuan pencapaian itu menjadi salah bahkan membuat sy jauh dari Tuhan. Misalnya mau achieve sy akan menyelesaikan 1 buku bulan ini. ini hal simple, awalnya mau memang hanya mau belajar akan Tuhan tapi lama-lama hanya karena haus akan pengetahuan, bukan Tuhan lagi yang dikejar tapi pengetahuan.


2. Ketidakpuasan

hal yang sy bisa punya juga karena saya tidak mendapatkan apa yang menjadi ekspektasi dan plan sy. Meski kadang sy bilang "yawda, it's okey" tapi tetap kadang ada rasa sedihnya. misalnya tiba-tiba psbb lagi ya, plan buat dapet SIM cepet dan bs pergi jadi cancel. kangen rumah so badly.


3. Discourage

mirip sama ketidakpuasan tapi kalau hal ini akan langsung bikin down. misalnya orang yang telah diberikan kepercayaan ternyata tidak menggunakannya dengan sebaik mungkin. atau ketika sy sudah berusaha semaksimal mungkin ternyata hal itu tidak cukup menyenangkan orang lain atau tetap salah di mata orang lain.


4. Hubungan yang retak

ini sungguh akan sangat amat menjadi gangguan! meskipun selalu berpikir santuy tapi hal ini pasti akan mengganggu saya, bahkan bisa membuat sy tiba-tiba marah bahkan mau saat teduh pun kadang kepikiran. tentang konflik rasanya pengen cepet-cepet diselesein, dibicarakan, dan kembali connect seperti semula. dulu-dulu bahkan bisa mempertanyakan kenapa musti kek gini, tired of drama. 😅 #lagu taylor swift.


5. Dosa dan masa lalu

Jelaslah jika sy berdosa pasti akan sangat mengganggu, rasa bersalah dan juga tidak layak pasti muncul, meski kadang sombong dan tidak mau bertobat hal ini adalah gangguan terbesar dan akan menjadi jurang yang besar untuk hubungan dengan Tuhan. Masa lalu uda lewat memang akan menjadi pembelajaran atau kenangan atau bahkan telah menjadi trauma. tapi Tuhan sudah membuat sy menjadi manusia baru so katakan "goodbye yesterday!" 👋 Jangan mau ditipu, tapi tataplah ke depan dan lihat siapa yang ada disisimu, Yesus yang menggandeng tanganmu dan berjalan bersamamu.


Gangguan-gangguan ini gak akan hilang selagi saya hidup, tapi saya akan aware dan jangan mencobai diri sendiri dengan menciptakan keinginan tentang pencobaan-pencobaan. 


Bapa, tolong bantu saya supaya tujuan hidup saya terus berpusat kepada Tuhan sehingga saya tidak disesatkan oleh rupa-rupa keinginan atau pikiran saya sendiri. Bantu supaya hati saya tetap rendah hati dan lembut.


Bantu supaya komponen pendukung tetap seimbang sesuai dengan fungsinya masing-masing.


I belong to You Lord. 🤗 thank you for loving me.


Let's enjoy today with You my Lord ♥️🤗

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik