SELIDIKI HATI

 2020, 21 Sept


1 Korintus 2:9‭-‬10‭, ‬14‭, ‬16 TB

2:9-10Tetapi seperti ada tertulis: “Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia.” Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah. 


Kitab 1 Korintus ini, banyak menegor saya dalam hal pengajaran dan hikmat dari Allah. Tapi saya kembali menyelidiki hati saya kembali apakah pengajaran yang saya lakukan benar menggunakan hikmat dari Tuhan, yang benar-benar saya kenal atau experience secara personal ataukah tidak? Bapa, pasti tahu saya suka banget baca untuk knowledge atau hanya sebagai hiburan atau mengisi waktu saya. namun, setelah jadi murid saya memiliki tujuan baru dalam membaca yaitu untuk healing diri saya. meskipun begitu saya terbiasa membaca untuk menambah referensi saya. Bapa, tolong saya untuk saya bisa terus menggunakan hikmat dari Tuhan, dan bukan menggunakan experience dan knowledge saya sendiri dalam bible study. saya terus menerus mengingatkan diri saya supaya saya bisa mengajarkan dengan tidak menambah atau mengurangi Firman Tuhan dan terus berdoa supaya Tuhan memberikan hikmat supaya saya tidak menyesatkan orang lain dan orang yang sedang belajar alkitab itu menjadi percaya kepada Tuhan seperti yang ada di kisah orang berea. Roh Kudus akan membantu saya menyingkapkan rahasia yang tersembunyi dari Allah.


2:14 Tetapi manusia duniawi tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah, karena hal itu baginya adalah suatu kebodohan; dan ia tidak dapat memahaminya, sebab hal itu hanya dapat dinilai secara rohani. 


Paham banget dengan ini, sering orang sekuler atau orang yang atheis menganggap hubungan dengan Tuhan atau pembelajaran kitab suci itu hal-hal yang bodoh, mereka lebih baik belajar tentang kiat hidup sukses dan yang penting tidak merugikan orang lain itu sudah baik. belajar mengasihi, memberi, memaafkan atau minta maaf kadang itu menjadi hal bodoh bagi dunia. lebih baik cari keuntungan sebanyak-banyaknya. tapi bible selalu mengajarkan untuk memberi. supaya hati saya tidak serakah, dll. Jangan sampai tergoda dan tertipu dengan hikmat dunia yang memang terlihat sangat menarik tetapi teguhlah didalam iman dan selalu bersandar kepada Roh Kudus.


2:16 Sebab: “Siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan, sehingga ia dapat menasihati Dia?” Tetapi kami memiliki pikiran Kristus.



Apakah kamu merasa lebih pandai dari Tuhan? lebih berhikmat dari Tuhan? ini kata-kata pak franky yang masih terngiang di dalam ingatanku. supaya saya tidak menambah kompleksitas dari Firman Tuhan dan keep it simple! tanpa sadar sya bisa terbujuk untuk menambahkan sedikit "pemanis" dalam Firman Tuhan. atau kadang saya lebih suka membaca buku karya manusia yang membahas ayat-ayat yang mungkin sebenarnya mereka juga telah membumbui sedikit. tapi terlihat lebih enak untuk dibaca. Bapa, ampuni saya. saya tidak bermaksud untuk sombong dan berpikiran jahat seperti itu. Gamau seperti daud yang melakukan sensus demi mengetahui jumlah rakyat dan tentaranya demi merasa hebat. padahal itu dari Tuhan. bahkan Tuhan menganggap itu adalah suatu kekejian. sehingga bangsa israel dihukum dengan terkena penyakit.


Bapa, tolong supaya saya tetap rendah hati sehingga hati saya bisa terus dibentuk dan menerima berbagai pengajaran. Help me Lord 🙏


Thank you Fathers for always take care of me. Hugs. 🤗❤️

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik