MANFAAT FIRMAN TUHAN

 2020, 22 Sept


Morning Father, ☀️ 😁 I want to try method for quite time from 2 Tim 3:16 before I teach it to others. 😂 Looks like I already using this method but actually sometimes I just using my casual step. Nothing to wrong or true because the important things is how I build and enjoy my relationship with You my Lord. 🤗


1 Korintus 3:3‭, ‬8‭-‬11‭, ‬18‭, ‬20‭-‬21 TB


1. Firman bermanfaat untuk mengajar.


3:10 Sesuai dengan kasih karunia Allah, yang dianugerahkan kepadaku, aku sebagai seorang ahli bangunan yang cakap telah meletakkan dasar, dan orang lain membangun terus di atasnya. Tetapi tiap-tiap orang harus memperhatikan, bagaimana ia harus membangun di atasnya. 


3:11 Karena tidak ada seorang pun yang dapat meletakkan dasar lain dari pada dasar yang telah diletakkan, yaitu Yesus Kristus. 


Bapa, hmm Engkau selalu tahu blind spots dimana saya mulai tidak terarah. mengajar bible study atau membimbing orang dengan Firman Tuhan itu benar seperti pedang bermata dua, karena ketika mengajar saya pun ikut tertusuk oleh Firman Tuhan yang saya ajarkan. Saya melakukan evaluasi kembali tentang dasar apa yang saya pergunakan dalam diri saya, apakah masih benar? dan apakah dasar-dasar yang saya ajarkan? apakah itu dasar yang benar tentang Yesus Kristus atau hanya permukaan tentang Firman Tuhan saja. Saya ingin banget Be, supaya bisa melihat sisters di grup saya semakin hari semakin grow, begitu pula tim saya dikantor dan adik-adikku. Belajar dari Paulus, dia seorang yang sangat terpelajar, termasuk golongan yang awalnya sangat dihormati, orang farisi, tapi paul bisa begitu humble dan berkata "apa yang bodoh dari dunia, dipilih Allah untuk mempermalukan dunia" Secara eksplisit Paul pun memasukkan dirinya ke dalam golongan tersebut. karena Paul telah memiliki dasar dalam keyakinannya bahwa dia dipanggil karena kemurahan Kristus dan Paul telah meletakkan hal tersebut menjadi dasar imannya. 


2. Firman bermanfaat untuk menyatakan kesalahan


3:18 Janganlah ada orang yang menipu dirinya sendiri. Jika ada di antara kamu yang menyangka dirinya berhikmat menurut dunia ini, biarlah ia menjadi bodoh, supaya ia berhikmat. 


3:20 Dan di tempat lain: “Tuhan mengetahui rancangan-rancangan orang berhikmat; sesungguhnya semuanya sia-sia belaka.” 


Well, Saya senang sekali membuat rencana-rencana untuk tim saya dan diri saya dan orang lain dan anak bimbingan, namun saya banyak disadarkan saya sedikit memaksakan kehendak saya, saya ingin melihat orang-orang tersebut menjadi versi yang saya mau. I can become upset and mad when they didn't like my wish. Saya terlalu mendirect, yang padahal saya sendiri tidak suka didiktator, kadang saya juga punya cara saya sendiri dalam belajar dan mengekspresikan diri. I learn a lot. Bukan memberi perintah belaka tapi membuat kesempatan-kesempatan. Berikan kepercayaan untuk mereka melakukan pekerjaan mereka dengan cara mereka tapi kamu memonitoring dan terus peduli kepada mereka ya prim. 


3. Firman bermanfaat untuk memperbaiki kelakuan


3:21 Karena itu janganlah ada orang yang memegahkan dirinya atas manusia, sebab segala sesuatu adalah milikmu:


Apa yang saya peroleh adalah karena kemurahan Tuhan. saya terus menerus membaca dan belajar tentang hal ini Bapa. Saya tahu, Bapa mau saya belajar banyak tentang kerendahan hati dari buku 1 korintus ini. Tidak ada yang kebetulan, Yang saya belajar tentang kerendahan hati hari ini adalah tidak memaksakan kehendak saya meskipun alasannya baik tapi saya juga harus memasukkan emosi dari orang tersebut supaya bisa tercipta kepercayaan satu sama lain, bukan membunuh karakter tapi menguatkan dan memberikan semangat. I learn to listen well to others. jangan cepat menjadi reaktif but just listen. This is I always learn yang terkadang suka lupa. 🥴 ampuni saya Bapa, karena tak terasa karet yang telah diregangkan oleh Firman Tuhan telah menjadi kendor kembali. 😔


4. Firman bermanfaat untuk mendidik orang dalam kebenaran


3:3 Karena kamu masih manusia duniawi. Sebab, jika di antara kamu ada iri hati dan perselisihan bukankah hal itu menunjukkan, bahwa kamu manusia duniawi dan bahwa kamu hidup secara manusiawi? 


3:8 Baik yang menanam maupun yang menyiram adalah sama; dan masing-masing akan menerima upahnya sesuai dengan pekerjaannya sendiri. 


3:9 Karena kami adalah kawan sekerja Allah; kamu adalah ladang Allah, bangunan Allah.  


Bukan cara yang paling benar seperti apa yang sudah saya gunakan, ya itu penting juga tapi ingat hanya sebatas itu yang saya dapat lakukan. pada akhirnya Tuhanlah yang akan memberikan pertumbuhan. 🤗 saya belajar untuk tidak membiarkan hal-hal negative menguasai hidup saya, saya bukan lagi bayi tapi orang yang terus belajar menjadi dewasa dengan memakan makanan keras. bloom into You my Lord ♥️ trust one another that can makes us growing at unity. 


I really excited to come and learn anything about You, my Father. Thank you. Saya ingin memuliakan nama Tuhan dengan hidup saya.


Let's enjoy today with You my Lord ❤️

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik