KOMITMEN TAPI ENJOY

 2020, 28 Sept


1 Korintus 7 membahas tentang bagaimana komitmen dan enjoying relationship as couple or single. Meskipun paulus sendiri adalah single tapi paulus tetap memiliki hikmat ya untuk orang-orang yang menikah.


baik menikah maupun tidak itu adalah gift yang Tuhan berikan ya yang terpenting bagaimana kamu menjalani hidup yang benar. maybe pada saat sy membaca pasal ini hari ini saya belum menikah. sy baca ini juga bukan untuk pertama kali dan pasal ini pun sudah pernah dibahas pada saat kotbah. bagaimana orang memilih jalan hidupnya juga tapi tetap Tuhan yang memberikan.


How to enjoy dan berkomitmen:

1. baiklah kamu menikah supaya kamu tidak jatuh dalam dosa.

saya mengerti pernyataan ini, dan pernikahan adalah ikatan kudus untuk hal ini dan menjaga satu dan pasangannya supaya tetap kudus dihadapan Tuhan dan tidak saling mencemarkan diri.

2. berkomitmen untuk tidak berpisah

dalam pernikahan tidak boleh menceraikan pasangannya. meski compleks tapi harus bisa berkomitmen untuk menjalani bersama-sama.

3. freedom bagi yang memilih hidup sebagai single

jika memilih hidup sebagai single sama seperti paulus, itu juga suatu hal yang baik karena single tidak terikat dan bebas untuk melakukan apapun, terutama untuk melakukan perintah Tuhan dalam menginjil hidup tidak sekomplek married life. hal yang diurus juga akan lebih simple.

4. jika menikah dengan orang yang bukan kristen

memang tidak dianjurkan untuk memiliki pasangan yang tidak seimbang. karena pasti akan struggle tapi jika itu sudah terjadi, paulus sendiri tidak menganjurkan untuk melakukan perceraian, karena pernikahan adalah kudus, dan orang percaya akan menguduskan pasangannya sehingga anaknya bukanlah anak cemar.


pernikahan kudus, di perikop ini tidak dibahas tentang cinta ya haha kaya di drama tv, tapi pernikahan lebih ke arah komitmen dan supaya menjaga tidak jatuh ke dalam dosa. meski pikiranku pernah dikacaukan juga apa cinta itu, dulu sempat berpikir kalau cinta itu cuma alat untuk memanfaatkan orang lain yang lagi rentan, cinta cuma alasan untuk orang mendapatkan sex, money, kekuasaan, keuntungan, jabatan, dll. This pain make me feels like crazy. 


But love yang diberikan Yesus adalah kudus dan murni. meskipun pada akhirnya orang-orang yang pernah saya cintai tidak memilih saya, dia memilih orang tua dan keluarganya dan satu lagi memilih ego dan keyakinannya tapi pada saat mereka tidak memilih saya Tuhan berada disisi saya dan menggandeng tangan saya 😭 sy mungkin dibuang tapi saya tidak sendirian karena Yesus bersama saya. Jesus, it still hurt me and I affraid. but I know You already healing me, just little more.


Lord, hmm, I really grateful for Your love, for this love which this much. You always stay with me when I looked at You and when I look at others. You may mad at me but You never leave me. 😭 thank you Lord. I'm sorry to hurting You. When i have a wrong mind and not trust in You.


Love You Lord. ❤️ Hugs 🤗


Let's enjoy today with You my Lord ❤️

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik