Yohanes 5

 2020, 12 June


Kamu menyelidiki Kitab-kitab Suci, sebab kamu menyangka bahwa oleh-Nya kamu mempunyai hidup yang kekal, tetapi walaupun Kitab-kitab Suci itu memberi kesaksian tentang Aku, namun kamu tidak mau datang kepada-Ku untuk memperoleh hidup itu.

Yohanes 5:39‭-‬40 TB


Perikop ini bercerita tentang kesaksian-kesaksian bahwa Yesus adalah yang diutus Allah, dan seluruh isi kitab suci adalah tentang Allah.


Aku jadi melihat kembali apa sih kitab suci itu bagi saya? apakah sekedar buku dengan kumpulan cerita-cerita atau sejarah, lesson learned repos, kata-kata bijak? kalau kamu hanya melihat kitab suci hanya sebatas itu bisa dipastikan kamu akan bosan dan malas untuk mempelajarinya. atau adakah pikiran bahwa alkitab adalah hal yang perlu kamu bawa supaya kamu diberkati, atau hidup hanya dengan membawa dan membacanya saja?! tentu enggak ya.


Bible itu adalah tentang Yesus, bagaimana saya bisa memiliki hubungan dengan Yesus untuk hidup di dalam kekekalan, selain itu juga berisi ekspektasi Tuhan akan saya beserta dengan langkah-langkah yang saya harus lakukan.


Saya membaca perikop ini,. dimana Yesus bilang di ayat ini, sangkamu dengan menyelidiki alkitab saja kamu akan dapat hidup tanpa mempercayai kata-kata di dalamnya?


patutlah orang pandai di jaman itu meski hafal isi kitab suci tapi tidak melakukannya dengan segenap hati, dan mungkin itu hanya sebatas peraturan yang tidak boleh dilanggar dan harus ditaati secara lahirian atau nampaknya saja bukan dari dalam hati. karena "ketidakpercayaan". kitab suci tidak akan hidup dan Firman-Nya tidak akan bekerja jika tidak ada "percaya" yang bekerja bersama saat kamu menyelidiki kitab suci itu. kamu gak bisa "mengasihi" subjek yang sebenarnya menjadi inti dari kitab suci. yaitu tentang Yesus.


Saya kembali melihat hati saya apakah saya sudah benar dan bagaimana hubungan saya dengan Tuhan, apakah saya selalu haus dan rindu untuk mengenal Tuhan dan menyelidiki nya? apakah saya benar-benar segenap hati dan mempercayainya? ataukah masih hanya sekedar peraturan yang harus aku jalanin? atau karena aku gamau hal buruk terjadi sehingga saya benar-benar akan berpegang pada apa yang tertulis di kitab suci?


Bapa adalah kasih, dan kasih-Nya telah nyata dalam hidup saya. Saya bersyukur karena memiliki kesempatan untuk memiliki pengalaman pribadi dengan Tuhan yang mungkin gak semua orang diberikan hikmat untuk bisa merespon panggilan tersebut dengan benar.


Saya bersyukur karena kasih Allah, saya bisa dipulihkan dari keterpurukan saya meskipun masih ada "dark side" dalam diri saya yang perlu untuk terus menerus "dibersihkan" supaya saya bisa menjadi seutuhnya seturut dengan rencana atau ekspektasi Tuhan dalam hidup saya dan memuliakan nama Tuhan.


Bapa terima kasih untuk kepercayaan dan kebaikan Tuhan dalam hidup saya. I'm so blessed 😭


Selalu semangat dan bersyukur daripada mengeluh.


Let's enjoy today with You my Lord ♥️

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik