MOVE ON

2019, 20 Sept

1 Samuel 16:1 (NIV)  The Lord said to Samuel, "How long will you mourn for Saul, since I have rejected him as king over Israel? Fill your horn with oil and be on your way; I am sending you to Jesse of Bethlehem. I have chosen one of his sons to be king."

Berapa lama kamu sedih karena Saul? pertanyaan dari Tuhan kepada Samuel. Kalau baca di pasal sebelumnya ada kisah Saul ditolak menjadi raja karena Saul tidak taat kepada Tuhan dan lebih memilih mendengarkan manusia.

Pernah gak kamu merasa sedih? sebenarnya bukan karena kamu berdosa tetapi karena melihat apa yang kamu sudah lakukan nampak sia-sia? padahal kamu memiliki ekpektasi yang besar? tapi melihat hal yang tidak sesuai dengan apa yang kamu harapkan? kamu merasa gagal! kamu merenungi kegagalanmu dan berlarut-larut dalam kesedihan?


Sedih, saat kamu berusaha mengajar orang tetapi orang tersebut gak berubah dan gak taat. Orang itu malah memiliki pemikiran sendiri dan memutuskan melakukan hal-hal yang berbeda dari kehendak Tuhan?

Saya gak pernah bisa kontrol pikiran semua orang di sekeliling saya.

Saya pun belajar dari Samuel, ketika Tuhan tegor dia. Dia bangkit dan melakukan apa yang menjadi perintah Tuhan. Samuel memberitahukan apa yang mengganjal hatinya. Samuel mengatakan bagaimana kalau Saul membunuhnya? dan Tuhan menolog Samuel dengan memberikan rencana kepadanya.

Samuel dapat bangkit setelah merasa sedih, dia gak lama-lama self pity tetapi dia tetap taat kepada perintah Tuhan.

Meski trauma bisa menghinggapi saya, saya biasa gak mau mencoba sesuatu hal yang saya sudah pernah mengalami kegagalan disana. selalu bertindak sangat hati-hati dan berusaha selalu menghindari hal tersebut. Tapi Samuel tetap taat dengan perintah Tuhan.

Bapa, sebenarnya saya merasa saya terlalu banyak bicara beberapa hari ini, terkadang saya takut apa yang keluar dari mulut saya ini tidak membangun atau tidak berkata kebenaran. Saya merasa kadang gak bisa kontrol dan langsung terucap begitu saja. Bapa, tolong berikan kebijaksanaan untuk saya dapat berbicara dan apa yang saya katakan itu dapat membangun orang lain, berguna dan memuliakan nama Tuhan.

Bantulah saya dengan Roh Kudus-Mu dalam berbicara.

Bapa, terima kasih banyak untuk kebaikan Tuhan.

Saya lagi suka lagu ini. 'Sungguh Indah', Tak terselami bagiku apa yang menjadi pikiran-Mu, tapi melihat pengorbanan-Mu yang besar untuk hidup saya, saya memuji Tuhan dan ingin selalu berjalan bersama dengan Tuhan.

Terima kasih Bapa untuk love nya. ♥️

Enjoy today with You my Lord


Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik