Facing Your Giant - 1 Samuel 17

2019, 26 Sept

Facing Your Giant - 1 Samuel 17

1 Samuel 17:11 (NIV)  On hearing the Philistine's words, Saul and all the Israelites were dismayed and terrified.

Pasal ini bercerita tentang Daud dan Goliat. Meski sudah hafal banget dengan kisah ini, tapi selalu diingatkan tentang apa yang menjadi Goliat didalam hidup yang sekarang, sadarkan akan Goliat-Goliat yang ada di hadapan saya? Dan bagaimanakah respon terhadap Goliat tersebut?


Goliat digambarkan dengan tubuh yang tinggi besar dengan segala peralatan perangnya. seolah tak terkalahkan dan secara logika gak akan dapat dikalahkan oleh orang biasa jika dia menyerang.

Namun, berbeda jika ada 'trust' kepada Tuhan, bahwa kekuatan Tuhan melebihi dari kekuatan musuh dihadapan saya.

Kamu lagi takut apa? tentang thesis? keluarga? takut gak bisa jadi contohan? takut gak achieve apa yang ditargetkan? takut tentang hubungan yang gak bertumbuh? takut masalah keuangan dan masa depan?

Banyak hal yang bisa membuat kuatir, tapi jika saya tahu dan percaya bahwa Tuhan memberikan sesuai dengan kemampuan saya, dan Tuhan menyediakan apa yang saya butuhkan tentu saya gak akan kuatir! 

Bagaimana kamu merespon semua hal yang ada dihadapanmu?

disini ada 2 respon:
1. Saul, dia takut karena dia gak percaya kepada Tuhan dan telah jatuh ke dalam dosa karena ketidaktaatannya. sehingga dia memiliki cara pikir yang seperti orang dunia! dan gak mampu berbuat apa apa untuk menghadapinya.

2. Daud, dia merasa marah karena ada orang yang meremehkan orang-orang pilihan Tuhan, dia sangat percaya kepada Tuhan. bahwa Tuhan akan melepaskan dia dari musuh-musuh-Nya.

1 Samuel 17:45-47 (NIV) David said to the Philistine, "You come against me with sword and spear and javelin, but I come against you in the name of the Lord Almighty, the God of the armies of Israel, whom you have defied.
This day the Lord will hand you over to me, and I'll strike you down and cut off your head. Today I will give the carcasses of the Philistine army to the birds of the air and the beasts of the earth, and the whole world will know that there is a God in Israel.
All those gathered here will know that it is not by sword or spear that the Lord saves; for the battle is the Lord's, and he will give all of you into our hands."
Daud akan dapat menang bukan karena kekuatannya sendiri tapi karena Tuhan yang berperang untuknya, dan Tuhan sudah menyerahkan musuh ke dalam tangannya.

Daud gak ambil pujian untuk kesombongan dirinya sendiri, tapi selalu memuliakan nama Tuhan. terkadang ini gak mudah sih. karena gak sadar manusia itu haus untuk dikasihi, diterima, dipuji, dihormati. makanya saya pun harus selalu menjaga hati saya, sadar apa saja yang sebenarnya mempengaruhi hidup saya sekarang, apakah hal tersebut ternyata adalah Goliat saya, dan bagaimana saya harus merespon dengan benar seperti Daud saat itu!

Trust, kata yang mudah diucapkan tapi butuh iman untuk melakukannya.

keep calm and enjoy today with You my Lord. 😍🤗♥️

Thank you God.

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik