Bible Talk 'LIFE'

2019, 18 Sept

LIFE

source: PDA Kuningan

Matthew 6:25 (NIV)  "Therefore I tell you, do not worry about your life, what you will eat or drink; or about your body, what you will wear. Is not life more important than food, and the body more important than clothes?

Bapa 😭. Bible talk hari ini benar-benar memaksa berpikir ya. Sejujurnya saya juga lagi berasa feeling blue beberapa hari belakangan ini terutama. Entah kenapa tiba-tiba berasa galau! terus kepikiran sesuatu, terus takut dan ragu. 

Semacam gejala kepanikan dan kekuatiran. Padahal saya lihat saya sudah cukup tidur dan jadwal tidak terlalu padat.

Bersyukur malam ini kembali diingatin banyak hal. Sebenarnya sudah tahu harus bagaimana tapi apa yang dilakukan atau diputuskan tidak sejalan dengan apa yang sudah tertanam dipikiran saya. Tahu teori tapi terasa sangat sulit untuk dilakukan.

Bible talk dimulai dari pertanyaan:

Untuk apa kamu bekerja?

Ya pastinya ada bermacam-macam jawaban, dari yang mau dapat uang, untuk memenuhi kebutuhan atau sekadar mengisi waktu luang.

Kenapa kamu memilih bekerja ditempat sekarang?
Ada yang jawab:
1. Jenjang karir
2. Dapat duit banyak
3. Aman (gaji tepat waktu, ada karir yang baik, lingkungan nyaman dsj)

Seandainya kamu sudah peroleh impian dan ekpektasi kamu dalam pekerjaan dan kehidupan apalagi yang mau kamu lakukan?
Aku pribadi sih akan jawab, spend waktu dengan orang-orang yang saya sayangi, enjoy waktu saya dan gak lupa untuk giving dan ikuti visi dan misi Yesus alias memuridkan dan membantu orang lain.

Semakin mengerucut lagi pertanyaan:
Misalnya kamu punya banyak uang, kamu bisa beli apa aja, tapi kamu jatuh sakit. Bagaimana perasaanmu?

Aku menyesal! Meskipun menyesal itu terlambat. Karena kalau sakit jadi gak ada gunanya harta mau sebanyak apapun. karena kamu gak bisa enjoy dan melakukan hal yang berguna. Makanya prim jangan capek-capek. ISTIRAHAT!!!

Ini pertanyaan uda sering denger: Jika kamu hidup 10 hari lagi maka apa yang mau kamu lakukan?
Spend waktu dengan orang terkasih, semakin mendekat dengan Tuhan dan buat hubungan dengan Tuhan yang berkualitas, menyelesaikan hal-hal yang bisa diselesaikan, membuat wasiat dan sebagainya.

Jadi uang itu kadang gak bisa beli semuanya, gak bisa beli kualitas hubungan dan sebagainya. Malahan gara-gara uang atau terlalu sibuk membuat orang dapat melewatkan banyak hal, keluarga, kesehatan, relasi, persahabatan, tujuan hidup yang sudah Tuhan rancangkan!

Setelah itu ditanya lagi, kalau begitu hidup seperti apa yang mau kamu lakukan?
Hidup yang seimbang. Ada waktu untuk bekerja, ada waktu untuk enjoy hubungan dengan Tuhan, dengan keluarga, dengan sahabat, ada waktu untuk belajar dan me time, ada waktu untuk olahraga, liburan, belajar dan juga istirahat.
Tuhan sudah kasih kekuatan dan tanggungjawab sesuai dengan kekuatan masing-masing jadi gak perlu terlalu memaksakan diri tapi selalu ingat bersyukur. Jangan sampai karena mengejar sesuatu hal dan ambisi kamu jadi kehilangan banyak moment yang seharusnya kamu bisa nikmati dan lewati moment-moment tersebut secara sehat!
Jangan pula dengan alasan 'melayani' jadi gak jaga kesehatan dan tinggalkan tanggung jawab kerja sampai akhirnya tepar dan sakit.
Enjoy waktu bersama dengan Tuhan.

Untuk bisa hidup dengan seimbang maka perlu membuat prioritas yang benar di dalam hidup sehari-hari.

1 John 5:20 (NIV)  We know also that the Son of God has come and has given us understanding, so that we may know him who is true. And we are in him who is true—even in his Son Jesus Christ. He is the true God and eternal life.

Jika saya tahu bahwa Tuhan punya rancangan dan Tuhan sudah menaruh pengertian dalam pikiran saya. Maka sebenarnya saya dapat lebih mudah mengatur prioritas saya karena saya sudah memiliki dasar yang jelas yaitu dari Firman Tuhan. Tinggal bagaimana saya percaya kepada Tuhan.

Jeremiah 29:11 (NIV)  For I know the plans I have for you," declares the Lord, "plans to prosper you and not to harm you, plans to give you hope and a future.

Kalau kamu percaya kepada Tuhan bahwa Tuhan punya rancangan yang penuh harapan maka kamu gak akan gampang kuatir dengan apapun juga, sehingga gak kebanyakan kerja supaya punya uang banyak atau terlalu banyak kegiatan karena ingin diterima atau menjadi seperti orang lain supaya bisa diterima dan diakui orang lain?

Ingatlah hal yang dikejar tanpa tujuan yang jelas adalah kesia-siaan!

Memang selalu ada harga yang harus dibayar untuk bisa hidup seimbang. tapi itu selalu pantas kog. Gak semua tentang uang! uang memang perlu tapi gak harus kamu kejar uang. tapi buatlah kualitas hubungan dengan Tuhan dan sesamamu.

Saya tertusuk, saya yang sedang takut dan banyak yang dipikirkan entah itu relasi, atau karya akhir, keluarga tapi dengan Firman Tuhan malam ini tuh semacam tertampar. Sebenarnya ayat-ayat ini bukan ayat yang baru saya baca, bahkan saya sudah hafal ayat-ayat ini tapi ternyata rasa percaya saya kepada Tuhan masih gak sempurna. Saya tahu saya harus trust sepenuhnya kepada Tuhan supaya saya gak perlu cemas-cemas dan takut.

Ingat lagi dan pikirkan kembali apa tujuan dari hidupmu?! 😀

Bukankah ada Tuhan yang berjalan bersamamu prim. 😀

Thank you Bapa. Engkau selalu menberikan pengertian. Jika kamu kuatir, nyatakanlah segala pikiran dan kebutuhan mu di dalam DOA!

Prim kamu sudah belajar Firman Tuhan, harusnya cara pikir kamu berubah sesuai dengan apa yang menjadi keyakinan kamu berdasarkan Alkitab. tapi ternyata masih kadang ragu dan takut.

Mungkin sebelum belajar alkitab dengan benar kamu akan melakukan apapun, belajar, berlatih dengan keras supaya kamu diterima dan mendapat love dari orang-orang sekelilingmu? tapi berbeda setelah belajar tentang salib Kristus, bahwa Tuhan telah mengasihi kamu lebih dahulu meski kamu masih berdosa! 

Masih perlu bukti apa lagi supaya kamu sepenuhnya percaya kepada covenant dari Tuhan?!

Benar-benar banyak berpikir tapi saya bersyukur karena dengan menjawab pertanyaan dan sharing jawaban saya, saya tersadar. Maaf ya Tuhan karena saya ragu akan kuasa Tuhan. Ampuni saya Tuhan.

Segitulah Bible talk malam ini!!!!

Great!!!

Biarlah kemuliaan bagi Tuhan saja.

Amin 🙏🏻

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik