A SONG OF ASCENTS

2019, 11 Sept

A Song Of Ascents

Psalms 120:1 (NIV)  【A song of ascents.】  I call on the Lord in my distress, and he answers me.



A song of my heart, sering kan dengar istilah ini? nyanyian yang bagus dan berasa real itu biasanya adalah lagu yang ditulis berdasarkan ungkapan hati seseorang. Pada saat orang lagi sedih, dia akan menulis lagu sedih atau patah hati, begitu pula sebaliknya saat orang senang dia akan menulis lagu sukaria, tidak bisa sebaliknya.

Pagi ini saya membaca kitab Mazmur, saya gatau siapa penulis mazmur ini, meski sudah baca dari beberapa sumber. tapi saya melihat dia sedang ada dalam kondisi "difitnah" ada orang-orang yang memerangi dia, padahal dia adalah orang yang ingin perdamaian saja.

Psalms 120:7 (NIV)  I am a man of peace; but when I speak, they are for war.

Saya melihat dari respon orang ini, ketika dia dalam kondisi menurut saya didesak, dia berdoa!

Psalms 120:2, 7 (NIV)  Save me, O Lord, from lying lips and from deceitful tongues.
I am a man of peace; but when I speak, they are for war.

Bukankah lebih mudah untuk orang yang dalam kondisi tersebut untuk merespon balik dengan 'amarah' dan 'perkataan yang melawan balik, keras dan gak membangun' tapi pemazmur ini membuat nyanyian dengan meminta pertolongan kepada Tuhan dengan 'real' dan mengungkapkan apa yang menjadi pergumulannya.

Psalms 121:1-3 (NIV)  【A song of ascents.】  I lift up my eyes to the hills— where does my help come from?
My help comes from the Lord, the Maker of heaven and earth.
He will not let your foot slip— he who watches over you will not slumber;

berlanjut ke pasal selanjutnya. Pemazmur yang memiliki iman dengan selalu mempercayai janji-janji Tuhan bahwa pertolongan selalu akan diberikan Tuhan bagi yang mengasihi Tuhan. 

Psalms 121:7 (NIV)  The Lord will keep you from all harm— he will watch over your life;

Tuhan yang akan menjaga saya dan memberikan pertolongan untuk saya.

Apakah kamu trust bahwa Tuhan akan selalu memberikan perlindungan untuk kamu prim?

Saya pasti akan langsung jawab "i trust"

Namun memang ketika digali lebih dalam dengan pertanyaan yang menanyakan "apa kekuatiranmu sekarang?", "apa yang mengganggu hatimu sekarang?", "apa yang kamu doakan sekarang?" memang akan muncul list kekuatiran dan ketakutan, dan list tersebut akan sedikit menggoyangkan iman dan rasa percaya. mulai ada 'ragu'.

Belajar dari lagu ini, saya mau meyakinkan hati saya lagi! saya sudah memiliki experience dan bukti pribadi bahwa Tuhan benar-benar telah menjadi penolong saya, dan menunjukkan bahwa Tuhan memang selalu menjaga saya.

Psalms 122:6-9 (NIV)  Pray for the peace of Jerusalem: "May those who love you be secure.
May there be peace within your walls and security within your citadels."
For the sake of my brothers and friends, I will say, "Peace be within you."
For the sake of the house of the Lord our God, I will seek your prosperity.

Ini mazmur Daud, di perjalanannya menuju Yerusalem untuk dia beribadah seperti perintah Tuhan dan peraturan untuk bangsa israel yang ada disana pada zaman itu. Berdoa untuk damai sejahtera dari kota yang juga telah ditunjuk oleh Tuhan, yaitu Yerusalem. Selain itu juga Daud mendoakan teman seperjalannya yang juga hendak menuju yerusalem agar selalu ada damai untuk mereka.

Apakah kamu mendoakan rekan seperjalananmu agar selalu ada damai di dalam hati mereka? atau dengan egois hanya berdoa untuk pergumulan dan kesuksesan diri sendiri? Bersama-sama untuk memuji dan memuliakan Tuhan dan saling mendoakan, untuk kota dan untuk rekan-rekan disekitarmu.

Bapa, belajar juga, saat seorang benar-benar dekat dan selalu berpikir untuk Tuhan maka dia akan banyak menulis "song" dan menceritakan experience nya bersama dengan Tuhan, saya pun bersyukur karena Tuhan selalu berjalan bersama saya. Harusnya saya sudah buat banyak tulisan juga, 😁 seperti mereka yang menulis mazmur untuk Tuhan dan orang lain bisa belajar dan memuliakan Tuhan melalui tulisan mereka. Saya juga mau melakukan hal yang sama. 


Thank you banget ya Be untuk the covenantnya.

Let's enjoy hari ini bersama dengan Tuhan. ♥️🤗

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik