Takut akan Tuhan

2019, 16 Sept

1 Samuel 11:6-7 (NIV)  When Saul heard their words, the Spirit of God came upon him in power, and he burned with anger.
He took a pair of oxen, cut them into pieces, and sent the pieces by messengers throughout Israel, proclaiming, "This is what will be done to the oxen of anyone who does not follow Saul and Samuel." Then the terror of the Lord fell on the people, and they turned out as one man.

Ini adalah masa dimana Saul telah dipilih menjadi raja atas bangsa Israel. Dari perikop ini saya belajar bahwa karisma atau kekuatan dari pemimpin itu adalah pemberian dari Tuhan. Coba aja bayangin waktu itu bangsa besar itu tiba-tiba dipimpin oleh Saul. Ya mungkin beberapa dari bangsa israel pun gak kenal siapa sih Saul?! tapi karena Tuhan yang menghendaki Saul menjadi raja maka dengan Roh Kudus, Tuhan membuat bangsa itu takut kepada Saul.


Saat kamu dipercayakan menjadi seorang pemimpin, jangan sombong berasa kamu paling hebat atau berasa memang kamu layak untuk jadi pemimpin tapi berdoalah prim, dan meminta pertolongan Tuhan supaya Roh Kuduslah yang membimbing mata hatimu! Gak perlu minder atau takut yang berlebihan tapi nyatakanlah semua rasa takut atau kuatirmu dihadapan Tuhan.

1 Samuel 12:20-22 (NIV)  "Do not be afraid," Samuel replied. "You have done all this evil; yet do not turn away from the Lord, but serve the Lord with all your heart.
Do not turn away after useless idols. They can do you no good, nor can they rescue you, because they are useless.
For the sake of his great name the Lord will not reject his people, because the Lord was pleased to make you his own.

Ini dari sudut orang yang dipimpin, dari yang sebelumnya dipimpin oleh hakim sekarang dipimpin oleh seorang raja. berbeda role tapi sama-sama berasal dari Tuhan. Fungsi pemimpin tersebut adalah untuk memastikan bangsa itu tetap takut akan Tuhan dan melayani Tuhan dengan segenap hati. bukan supaya enak-enak disembah atau santai-santai.

Janganlah mengejar dewa kesia-siaan tapi kejarlah kekudusan. Jangan menyimpang dari jalan Tuhan meski godaan itu terlihat sangat menyenangkan tapi semua adalah kesia-siaan belaka.

Tetap bertanggungjawab, selesaikan apa yang menjadi bagianmu dan tetap mengarahkan hati kamu kepada Tuhan.

Thank you Bapa.

Enjoy hari ini bersama dengan Tuhan. 😍

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik