PURE IN HEART

2019, 27 Aug

1 Timothy 5:22 (NIV)  Do not be hasty in the laying on of hands, and do not share in the sins of others. Keep yourself pure.

Jagalah kemurnianmu. Paulus memberikan nasehat kepada Timotius agar menjaga dirinya tetap murni, bukannya malah ikut berdosa karena orang lain berdosa.


Matthew 5:8 (NIV)  Blessed are the pure in heart, for they will see God.

Saya bisa ingat pada saat Yesus membawakan kotbah di bukit dan berkata bahwa berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah.

Pure in heart itu sebenarnya yang bagaimana? 

The Greek word for “pure” in Matthew 5:8 is katharos. It means to be “clean, blameless, unstained from guilt.” 

The Greek word for “heart” in Matthew 5:8 is kardeeah. This can be applied to the physical heart. But it also refers to the spiritual center of life. It is where thoughts, desires, sense of purpose, will, understanding, and character reside. So, to be pure in heart means to be blameless in who we actually are.
(gotquestioning.org)

Untuk dapat memiliki pure heart harus memiliki kesungguhan hati terhadap Tuhan.  Hati yang murni tidak memiliki kemunafikan, tipu muslihat, tidak ada motif tersembunyi.  Hati yang murni ditandai oleh transparansi dan keinginan tanpa kompromi untuk menyenangkan Allah dalam segala hal.  

Orang yang bisa menjaga hatinya untuk tidak berdosa, karena dosa itu timbul dari dalam hati manusia (Markus 7:22). Mungkin dalam konteks kemurnian itu banyak mengarah ke kekudusan hubungan. bagaimana hubungan kamu dengan Tuhan? bagaimana kamu bisa menjaga diri kamu dari dosa yang akan membuat penghalang hubungan kamu dengan Tuhan? atau menjaga hati kamu dari allah lain?

Saya gak akan bisa memiliki hati yang murni jika hanya mengandalkan kekuatan saya, saya tahu saya lemah didalam pikiran saya, bagaimana terkadang saya menerka-nerka sesuatu dengan pikiran saya, kadang merancangkan sesuatu hal yang bisa menyakitkan orang lain, berpikir jahat atau ketidakmurnian pikiran. Bisa juga saya melakukan sesuatu karena mau menyenangkan orang lain atau bahkan melakukan sesuatu hanya untuk diri saya namun dengan alasan kemunafikan "aku mau ini untuk Tuhan". Bapa, saya mau stop dan tolong bantu saya untuk menjaga hati saya terus murni dihadapan Tuhan. Memiliki hati seperti seorang anak kecil. Membantu orang dengan "tenderness" bukan supaya terlihat hebat atau mendapat pujian.

Terima kasih Bapa, untuk Firman-Mu.

Keren bukan kalau hadiah dari memiliki hati yang murni adalah dapat melihat Allah?

😁

Let's enjoy today with You my Lord ❤️

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik