The Everlasting Covenant

2019, 13 May
THE EVERLASTING COVENANT
By Pak Budi Hartono - Sunday Service 12 May 2019

Yeremia 32:40-41 (TB)  Aku akan mengikat perjanjian kekal dengan mereka, bahwa Aku tidak akan membelakangi mereka, melainkan akan berbuat baik kepada mereka; Aku akan menaruh takut kepada-Ku ke dalam hati mereka, supaya mereka jangan menjauh dari pada-Ku. 
Aku akan bergirang karena mereka untuk berbuat baik kepada mereka dan Aku akan membuat mereka tumbuh di negeri ini dengan kesetiaan, dengan segenap hati-Ku dan dengan segenap jiwa-Ku.

Yeremia 31:31-32 (TB)  Sesungguhnya, akan datang waktunya, demikianlah firman TUHAN, Aku akan mengadakan perjanjian baru dengan kaum Israel dan kaum Yehuda, 
bukan seperti perjanjian yang telah Kuadakan dengan nenek moyang mereka pada waktu Aku memegang tangan mereka untuk membawa mereka keluar dari tanah Mesir; perjanjian-Ku itu telah mereka ingkari, meskipun Aku menjadi tuan yang berkuasa atas mereka, demikianlah firman TUHAN. 

Ilustrasi:
Seorang teman mengajak seorang brother bisnis dan merekamembuat perjanjian dengannya mengenai tugas, batasan, keuntungan dll.  kemudian setelah berjalannya waktu, ternyata temen itu mengingkari janjinya dan tidak melakukan apa yang telah dijanjikannya, sehingga uang yang brother itu investasikan tidak kembali sesuai perjanjian. Kemudian selesailah bisnis tersebut. Suatu hari teman itu datang lagi kepada si brother, dan mengajak dia untuk bisnis lagi. 
Si brother ini bingung, sebenarnya dia sudah memaafkan dan engga dendam sama temennya itu kalau mau pergi makan ya oke, teman itu butuh bantuan ya akan ditolong tapi kalo masalah bisnis?! tentu gamau lagi berurusan karena udah ga percaya, ada ketakutan. Dan itu adalah normal.

Lihat bagaimana Tuhan kepada umat-Nya? kepada prima? bayangin berapa kali kamu prim, ingkar janji? untuk hidup kudus? untuk gak menyembah allah lain? untuk memprioritaskan Tuhan? namun Tuhan tetap mau membuat perjanjian sama kamu? seperti ilustrasi di atas, meski kamu pernah mengecewakan Tuhan, mengingkari janjimu tapi pada saat kamu meminta kesempatan lagi kepada Tuhan untuk berbisnis bareng lagi, Tuhan menjawab "yuk prim" dan Tuhan gak mengingat lagi kesalahan yang kamu buat. tapi Tuhan selalu memberikan kebaikan untuk diri saya sesuai dengan janji Tuhan. 😭

Yeremia 31:33-34 (TB)  Tetapi beginilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu, demikianlah firman TUHAN: Aku akan menaruh Taurat-Ku dalam batin mereka dan menuliskannya dalam hati mereka; maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku. 
Dan tidak usah lagi orang mengajar sesamanya atau mengajar saudaranya dengan mengatakan: Kenallah TUHAN! Sebab mereka semua, besar kecil, akan mengenal Aku, demikianlah firman TUHAN, sebab Aku akan mengampuni kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa mereka." 

Gak cuma itu, saking sayang nya Tuhan sama saya, Tuhan menaruh Taurat-Nya dan menuliskan taurat itu ke dalam hati saya. supaya saya gak menjauh dari Tuhan sebab, Tuhan adalah Allah dan saya hidup di dalam-Nya.

Yeremia 32:36-37 (TB)  Oleh sebab itu, beginilah firman TUHAN, Allah Israel, mengenai kota ini, yang engkau katakan telah diserahkan ke dalam tangan raja Babel karena pedang, kelaparan dan penyakit sampar:
Sesungguhnya, Aku mengumpulkan mereka dari segala negeri, ke mana Aku mencerai-beraikan mereka karena murka-Ku, kehangatan amarah-Ku dan gusar-Ku yang besar, dan Aku akan mengembalikan mereka ke tempat ini dan akan membuat mereka diam dengan tenteram.

Tuhan mengumpulkan umat Israel yang telah terserak pada zaman itu sampai ke negeri pembuangan di Babilonia. Meskipun Tuhan murka Tuhan tidak mengingkari janji-Nya

Jeremiah 32:40-41 (NIV)  I will make an everlasting covenant with them: I will never stop doing good to them, and I will inspire them to fear me, so that they will never turn away from me.
I will rejoice in doing them good and will assuredly plant them in this land with all my heart and soul.

Assurance (kepastian)
Roma 8:28 (TB)  Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

KITA AKAN DIUJI OLEH PERUBAHAN PERUBAHAN BESAR,JANJI JANJI YG TERLAMBAT, DOA YG BELUM DIJAWAB, KRITIKAN YANG TIDAK LAYAK KITA DAPATKAN, BAHKAN TRAGEDI YANG TIDAK MASUK AKAL. TAPI KITA TAHU SEMUA BEKERJA UNTUK KEBAIKAN KITA

KETIKA SAYA LIHAT KEMBALI HIDUP SAYA, SAYA MENYADARI BAHWA SETIAP KALI SAYA BERPIKIR SAYA DITOLAK AKAN HAL YANG BAIK, TERNYATA SAYA SEDANG DIARAHKAN KE HAL YANG LEBIH BAIK

Assistance (Bantuan)
Yehezkiel 36:26-27 (TB)  Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat. 
Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya.

JIKA ROH KUDUS ADA BERSAMA KITA KITA MEMILIKI SEMUA YANG KITA PERLUKAN UNTUK MENJADI SEPERTI YANG TUHAN MAU

Tuhan memberikan Roh Kudus, Jadi seberapa dekat kamu sama Tuhan bukan diukur seberapa eemotional kamu dapat bernyanyi. Kalau menyanyi lagu duniawi aja yang penting emotional pun tetap akan menangis. Emotional adalah ekspresi yang tidak dapat dijadikan ukuran kedekatan dengan Tuhan atau seberapa Roh Kudus bekerja dalam diri kamu. tapi Ketika kamu benar hidup dengan dipimpin Roh Kudus maka kamu dapat mengasihi, damai, sabar, dll.

Yeremia 32:42-44 (TB)  Sebab beginilah firman TUHAN: Seperti Aku mendatangkan kepada bangsa ini segenap malapetaka yang hebat ini, demikianlah Aku mendatangkan ke atas mereka keberuntungan yang Kujanjikan kepada mereka.
Orang akan membeli ladang lagi di negeri ini yang kamu katakan: Itu adalah tempat tandus tanpa manusia dan hewan; itu telah diserahkan ke dalam tangan orang-orang Kasdim!
Orang akan membeli ladang-ladang dengan perak, menulis surat pembelian, memeteraikannya dan memanggil saksi-saksi di daerah Benyamin, di sekitar Yerusalem, di kota-kota Yehuda, di kota-kota Pegunungan, di kota-kota Daerah Bukit dan di kota-kota Tanah Negeb. Sebab Aku akan memulihkan keadaan mereka, demikianlah firman TUHAN." 

Tuhan akan memulihkan keadaanmu, seberapa jatuhnya kamu karena Tuhan sudah berjanji, tapi dirimu sendiri yang memutuskan, untuk mau berjalan bersama Tuhan dengan iman atau tidak, (dalam penyesalan diri dan ketakutan yang berlebihan). Ingat prim, akar dari rasa takut itu dosa dan tidak percaya kepada Tuhan! gak perlu memikirkan hal-hal negative sehingga membuat kamu tidak memutuskan apapun untuk menghadapi tantangan hidup, tetapi melangkahlah, bekerja bersama Tuhan. 

Abundance (kelimpahan)

Yohanes 10:10 (TB)  Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.

HANYA TUHAN YANG DAPAT MENGUBAHKAN KEKACAUAN MENJADI SEBUAH PELAJARAN UJIAN MENJADI SEBUAH KESAKSIAN PENCOBAAN MENJADI SEBUAH KEJAYAAN KEKALAHAN MENJADI SEBUAH KEMENANGAN

Kamu akan berkelimpahan jadi meresponlah dengan benar prim. You're precious.

Enjoy today with you my Lord 🤗🤗🤗🤗
Love ❤️

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik