Kutuk dan Kesempatan Kedua

2019, 17 May


Leviticus 26:13-15 (NIV)  I am the Lord your God, who brought you out of Egypt so that you would no longer be slaves to the Egyptians; I broke the bars of your yoke and enabled you to walk with heads held high.
"'But if you will not listen to me and carry out all these commands,
and if you reject my decrees and abhor my laws and fail to carry out all my commands and so violate my covenant,

Mungkin kamu sudah biasa mendengar kata-kata berkat dan pasti itulah kalimat-kalimat yang pengen telinga dengar. Bagaimana kalau bicara tentang kutuk? beberapa orang mungkin akan tetap membaca ayat-ayat tersebut namun dengan sikap tidak terlalu tertarik, atau sebagian orang lagi memilih untuk tidah membaca hal tersebut. Tapi perikop ini Tuhan yang berfirman. Tuhan membicarakan tentang kutuk, ketika kamu tidak hidup benar tetapi melakukan hal-hal yang bertentangan dengan apa yang Tuhan mau.

Disini sebenarnya Tuhan terlihat "sweet" banget. kenapa? ya, karena Tuhan sangat mengasihi bangsa Israel. Ini ilustrasinya, jika kamu seorang "ibu", pasti akan mewanti-wanti anak kamu dengan berbagai perintah dan larangan dengan kasih. Ibu melakukan itu bukan supaya anaknya menderita, tapi karena "sayang", sehingga selalu di peringati supaya si anak terus berjalan di jalan yang benar.
Ilustrasi selanjutnya, pernah dengan  protective? ya Begitu pula dengan Tuhan, Tuhan memberikan peringatan, larangan dan hukuman supaya saya selamat dan hidup saya terjaga.

Prima, kamu tahu bahwa Tuhan sebegitu sayang ❤️ sama kamu. Masihkah kamu meragukan cinta Tuhan? ataukah kamu masi mau terus melakukan dosa dan tidak menghindari atau melawan dosa tersebut. Satu hari ini saja. Apa dosa yang kamu sadari telah kamu lakukan.
😴 iri hati, karena melihat orang lain terlihat lebih dikasihi
😴 malas, tidak mau melakukan hal-hal yang harusnya dilakukan
😴 sombong, merasa diri sendiri penting
😴 berpikir negative, berpikir yang buruk tentang beberapa orang karena sikapnya
😴 bohong, bilang mau nulis saat teduh pas istirahat siang tapi kerja mulu, perkataan sendiri dilupain, sehanga seperti bohong
😴 kasih menjadi dingin, gamau peduli dengan sekeliling.

kalau dicari lagi pasti akan menambah panjang lust dosa tersebut. Kalau kamu tinggal pada jaman itu, mengerikan banget kalau sampai kamu tidak melakukan hidup kamu seperti ekspektasinya Tuhan maka hukumannya bisa hukuman mati.

Leviticus 26:40-42 (NIV)  "'But if they will confess their sins and the sins of their fathers—their treachery against me and their hostility toward me,
which made me hostile toward them so that I sent them into the land of their enemies—then when their uncircumcised hearts are humbled and they pay for their sin,
I will remember my covenant with Jacob and my covenant with Isaac and my covenant with Abraham, and I will remember the land.

Ayat ini, spesial banget, 😭 seperti pepatah: mungkin kamu tidak setia tapi Tuhan tidak dapat menghindari janji-Nya sendiri dan tidak akan berubah setia.

Disini, saya belajar banget tentang mengampuni. Bagaimana Tuhan sebegitu besarnya bilang: kalau kamu mengaku dosa dan bekerja sesuai pertobatan itu. Tuhan memberikan pengampunan!

Tuhan akan mengingat janji-Nya, Tuhan akan memberkati orang-orang yang dekat dengan Tuhan.

Bapa bersyukur banget memiliki The everlasting God. 😭 terima kasih untuk kesempatan dan pengampunan yang diberikan. Sehingga saya dilayakkan dan ada sampai sekarang ini.

Gak ada alasan untuk berkata "saya berdosa, gak layak untuk kembali kepada hidup terang sehingga akhirnya gak melakukan apapun". Jangan berbuat dosa lagi dan andalkan Tuhan sudahnya di ayat ke 40. bahwa ada kesempatan untuk memperbaiki itu semua. Bapa, saya berkerja itu untuk Tuhan , bersyukur untuk setiap pekerjaan, kuliah, ministry, keluarga. Tuhan akan memberikan hati dan hidup yang baru. Tuhan adalah setia dengan janji-Nya

Terima kasih Tuhan untuk malam ini. 🤗🤗🤗🤗

Love ❤️

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik