Lidah itu kecil tapi memberikan dampak yang besar

2019, 27 Feb

Yakobus 3:8-10 (TB)  tetapi tidak seorang pun yang berkuasa menjinakkan lidah; ia adalah sesuatu yang buas, yang tak terkuasai, dan penuh racun yang mematikan.
Dengan lidah kita memuji Tuhan, Bapa kita; dan dengan lidah kita mengutuk manusia yang diciptakan menurut rupa Allah, 
dari mulut yang satu keluar berkat dan kutuk. Hal ini, saudara-saudaraku, tidak boleh demikian terjadi. 

Saya belajar untuk menjaga perkataan yang keluar dari mulut saya. karena perkataan sepertinya hal remeh tapi bisa menimbulkan dampak kecil maupun besar. Bapa, salah satu dosa aku, adalah ak bisa jahat dengan berkata buruk dan berkata kasar kalo lagi marah. memang sih gak ngomong ke orang langsung, atau bisa dibilang mengumpat 😥 padahal saya tahu juga berkata-kata buruk pun gak ada manfaatnya, malah bisa memperkeruh suasana. makanya terkadang ada pepatah "diam itu emas" bagus juga. 

Bapa, saya mau mulut saya mengatakan hal-hal yang benar dan memuliakan nama Tuhan saja.

Yakobus 3:1-2 (TB)  Saudara-saudaraku, janganlah banyak orang di antara kamu mau menjadi guru; sebab kita tahu, bahwa sebagai guru kita akan dihakimi menurut ukuran yang lebih berat.
Sebab kita semua bersalah dalam banyak hal; barangsiapa tidak bersalah dalam perkataannya, ia adalah orang sempurna, yang dapat juga mengendalikan seluruh tubuhnya.

Nah, ketika kamu mulai "tampak" orang-orang akan pay attention ke kamu ketika kamu mengeluarkan pendapat atau mengajar. maka saya harus lebih berhati-hati dan benar-benar mengerti apa yang saya ucapkan supaya gak cuma omong kosong yang bisa menyesatkan orang lain. 😭 saya terbeban disini maka itulah menjadi alasan kenapa saya malas berpendapat dan mengeluarkan ide saya, takut gagal dan salah kalau menurut saya masih "belum pasti benar". Tapi Tuhan bilang akan memberikan Roh Kudus yang membantu saya berkata-kata.

James 3:13 (KJV)  Who is a wise man and endued with knowledge among you? let him shew out of a good conversation his works with meekness of wisdom.

Yakobus bilang jika kamu seorang bijak dan berbudi maka baiknya kamu berlaku menurut hikmat dengan kelemah lembutan

Yakobus 3:16-17 (TB)  Sebab di mana ada iri hati dan mementingkan diri sendiri di situ ada kekacauan dan segala macam perbuatan jahat.
Tetapi hikmat yang dari atas adalah pertama-tama murni, selanjutnya pendamai, peramah, penurut, penuh belas kasihan dan buah-buah yang baik, tidak memihak dan tidak munafik.

Ini bukan ajang untuk show off, tapi untuk membangun orang lain dan menyatakan kebenaran untuk orang-orang di sekitar saya. Iri hati memang dosa yang seolah-olah kecil namun dosa ini mematikan yang bisa menjadi akar untuk melakukan serangkaian dosa lainnya. hikmat itu tidak mementingkan diri sendiri tetapi murni, pendamai, peramah, penurut, dan sincere.

Selalu doakan ya prim, pegang selalu poin-poin ini. Biar Roh Kudus yang membantu kamu bicara, jangan sombong, jangan takut atau minder juga. bijaklah karena Tuhan dan selalu menjadikan bible sebagai dasar dari setiap hal yang akan kamu buat dan katakan. karena kan permasalahan hidup manusia itu-itu saja. pasti sudah ada di bible.

Semangat prima hari ini. 😁

Enjoy today with You my Father. ❤️🤗

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik