14 Februari

2019, 14 Feb

Kejadian 50:19-20 (TB)  Tetapi Yusuf berkata kepada mereka: "Janganlah takut, sebab aku inikah pengganti Allah? 
Memang kamu telah mereka-rekakan yang jahat terhadap aku, tetapi Allah telah mereka-rekakannya untuk kebaikan, dengan maksud melakukan seperti yang terjadi sekarang ini, yakni memelihara hidup suatu bangsa yang besar. 

Saat membaca beberapa kisah di alkitab, saya menyadari. Terkadang buat orang yang menerima perlakuan buruk yang menderita batin, tapi orang-orang yang telah melakukan hal buruk. Seperti 2 kisah. Kisah Yusuf dan juga ayahnya Israel (Yakub). Waktu itu Yakub sangat ketakutan ketika hendak bertemu dengan Esau, begitu pula dengan saudara-saudara Yusuf. Mereka ketakutan. Itulah salah satu konsekuensi dari dosa yang kadang tidak banyak disadari oleh orang.

Tapi saya bersyukur dengan 2 tokoh ini, Esau dan juga Yusuf. Sebenarnya banyak alasan yang dapat membuat mereka untuk tidak memaafkan dan melakukan pembalasan. Namun lihat, mereka berdua tidak melakukan hal tersebut. Mereka memiliki hati dewasa dan mau mengampuni.

Saya pikir untuk orang yang telah lebih dewasa, hubungan adalah yang terpenting, bukan pembalasan dendam.

Bapa, saya belajar dari kisah ini. Saya pun terkadang masih merasa bersalah terhadap kesalahan-kesalahan masa lalu yang telah saya lakukan. Entah itu salah merespon suatu masalah, tidak bijak dalam mempergunakan kesempatan dan waktu, malas, kekanak-kanakan dan sebagainya. Namun, saya gak bisa hidup dengan berada di bawah bayangan masa lalu saya. Tuhan sudah memberikan saya anugrah yang membebaskan saya, supaya saya pun dapat melihat adanya harapan. Instruspeksi diri dan terus belajar, bertobat, dan selalu meminta petunjuk dan membiarkan Roh Kudus bekerja dalam hidup saya.

Banyak alasan untuk saya membenci atau iri terhadap orang lain, namun lebih banyak alasan lagi untuk saya bersyukur dengan kebaikan Tuhan yang telah saya dapatkan supaya saya tetap hidup. Bersyukur membuat saya dapat memandang kepada hal yang positif, dan apa rancangan Tuhan dalam hidup saya. Seperti Yusuf, dia mampu melihat, Tuhan selalu mereka-rekakan kebaikan bagi dia, bahkan bagi bangsanya.

Sudah buat list ucapan syukur mu prim? 😁

Semangat, Let's enjoy today with You my Lord. ❤️

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik