RIWAYAT PERJALANAN DI PADANG GURUN

2019, 15 Jan

Ulangan 2-3
Ulangan 2:7 (TB)  Sebab TUHAN, Allahmu, memberkati engkau dalam segala pekerjaan tanganmu. Ia memperhatikan perjalananmu melalui padang gurun yang besar ini; keempat puluh tahun ini TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, dan engkau tidak kekurangan apa pun. 

Perjanjian antara Tuhan dengan bangsa Israel. Setiap perjanjian ada semacam rules nya. (i will) kalau dari kotbah kemarin diibaratkan seperti proses pernikahan yang kudus. dari kedua belah pihak akan menjaga perjanjian tersebut. seperti menikah, yang dipertahankan adalah komitmen bagaimanapun kondisinya. seperti juga perjanjian yang Tuhan berikan dengan bangsa Israel.

Tuhan yang selalu ingat kepada janji-Nya. kalau dilihat dari sejarah, bangsa israel yang berasal dari Mesir itu kan kebanyakan keturuan dari Yakub. sedangkan keturunan Lot, keturunan Esau, Tuhan telah memberikan daerah mereka sendiri sebelumnya. Tuhan tetap ingat pada janji-Nya. Meski bangsa israel yang mendapatkan kasih karunia bahwa Tuhan akan menyertai mereka, tapi Tuhan tetap menjaga janji-Nya kepada keturunan Esau dan yang lainnya sehingga bangsa israel tidak boleh menyerang pegunungan Seir. Tuhan mengingat janji-Nya dan menganggap semua itu sama pentingnya, Tuhan yang adil. 

Bapa, saya pun belajar untuk selalu memegang perjanjian, taat kepada perintah Tuhan, gak menjadikan allah lain untuk disembah.

Menjaga untuk gak serakah dan gak sombong, manusia ketika diberikan janji bahwa Tuhan akan menyertai bisa aja, mereka jadi tamak dan serakah. tapi mereka harus selalu taat. Bukan yang itu yang Tuhan mau beri. jadi kamu harus lewatin.

Saya belajar untuk taat, dan mengerti apa yang Tuhan mau dalam hidup saya. Mendengarkan suara Tuhan dengan mempunyai hubungan yang sehat dengan Tuhan akan membuat saya semakin sensitif terhadap keinginan Tuhan.

Bapa, terima kasih ya untuk anugrah yang Tuhan berikan turun temurun kepada manusia. Supaya saya gak melanggar perintah Tuhan.

Let's enjoy hari ini bersama dengan Tuhan. 😁🤗

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik