PENTINGNYA MEMINTA NASEHAT

2019, 29 Jan

Deuteronomy 17:12-13 (NIV)  The man who shows contempt for the judge or for the priest who stands ministering there to the Lord your God must be put to death. You must purge the evil from Israel.
All the people will hear and be afraid, and will not be contemptuous again.

😅 orang yang gak seek advice dan terlalu berani hukumannya adalah mati kalo di zaman Musa. mengerikan ya. 😅 Saya tahu yang namanya seek advice itu sangat penting dan sebenarnya hal yang gak susah juga untuk dilakukan, gak perlu keluar banyak usaha, energi, atau biaya. Tapi masalahnya, banyak orang yang sudah terlalu mandiri dari masa kecilnya yang mengalami kesulitan untuk 'meminta nasehat'. Tak jarang juga orang yang memiliki 'pride' atau 'takut' untuk meminta nasehat.

Tuhan membuat peraturan itu pasti bukan gak ada maksud. Saya mengerti sekali banyak hal positif yang saya dapat ketika saya mau meminta nasehat. tapi terkadang 'harga diri' dan 'kesombongan' menghalangi saya untuk mau meminta nasehat. 

Bapa, saya pengen melakukan ini, tapi juga dengan bijak. gak menanyakan hal-hal dengan case yang sama berulang-ulang. kalo yang seperti itu namanya 'bodoh'. 

Disisi lain, saya juga harus mau terlibat ketika saya ditanya oleh orang lain. bukannya cuek atau gak mau peduli. 

Itulah yang kitab di perjanjian baru yang banyak membahas tentang kata 'saling'. harus dua arah gak hanya satu arah. diantaranya adalah 'saling menasehati' (ibrani 3:14)

Mungkin sepele tapi sangat powerfull. Doing extra miles prim, jangan pasif atau nunggu ditanya dulu atau nunggu terjadi sesuatu dulu tapi mulainya inisiatif dan lebih peduli dengan sekitar mu. kamu yang lebih dewasa sebaiknya memulai lebih dulu. tapi juga harus bijak supaya gak membuat 'manja' orang lain.

Bapa, tolong saya. Saya mau enjoy hari ini bersama dengan Tuhan. Loyal walk with You my Lord. ❤️🤗

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik