MEMELIHARA HUKUM ALLAH

2019, 16 Jan

Ulangan 4:5-7 (TB)  Ingatlah, aku telah mengajarkan ketetapan dan peraturan kepadamu, seperti yang diperintahkan kepadaku oleh TUHAN, Allahku, supaya kamu melakukan yang demikian di dalam negeri, yang akan kamu masuki untuk mendudukinya. 
Lakukanlah itu dengan setia, sebab itulah yang akan menjadi kebijaksanaanmu dan akal budimu di mata bangsa-bangsa yang pada waktu mendengar segala ketetapan ini akan berkata: Memang bangsa yang besar ini adalah umat yang bijaksana dan berakal budi. 
Sebab bangsa besar manakah yang mempunyai allah yang demikian dekat kepadanya seperti TUHAN, Allah kita, setiap kali kita memanggil kepada-Nya? 

Saya belajar banyak sekali dari pasal ini.
Musa bilang lakukanlah perintah Tuhan dengan setia, sebab itulah yang akan menjadi kebijaksanaanmu. Selama ini banyak orang selalu minta hikmat dan kebijaksanaan, dan ternyata ada di bible bagaimana untuk menjadi bijaksana selain dari 'gift' yang Tuhan berikan.

Dengan mematuhi segala perintah Tuhan saya akan semakin diarahkan kepada jalan kebenaran, dimanapun dan bagaimana pun kondisinya. Contoh ketika situasi sedang rush, saya tahu ada Firman jadilah tenang dan berdoa. ketika saya tenang pasti saya akan dapat berpikir lebih jernih daripada ketika sedang panik?! atau bersikap sabar, sehingga tidak melakukan hal yang tidak perlu yang dapat menimbulkan masalah. Atau ketika hendak memutuskan sesuatu, dilihat bagaimana dari segi kebenaran, dapat diukur dan juga didoakan supaya Tuhan berikan hikmat dan saya mengerti apa yang harus saya respon dengan benar.

Memang gak semulus itu juga untuk melakukannya, biasanya akan muncul godaan untuk gak memilih taat kepada perintah Tuhan dan lebih memilih untuk berdosa.

Musa juga selalu mengingatkan jangan ada allah lain yang disembah, apapun gak cuma patung tapi juga semua ciptaan Tuhan, janganlah sujud menyembah kepadanya.

Hal yang paling utama, saat saya menempatkan Tuhan sebagai nomor pertama, saya pasti akan selalu mendengarkan suara Tuhan. bukan suara keinginan daging saya, atau suara teman saya, atau suara bos saya. tapi selalu dengarkan suara Tuhan sehingga menjaga saya untuk tidak melakukan yang salah dan berdosa.

Belakang ini saya merasa tubuh saya sangat berat, karena 'malas' berolahraga adalah kemungkinan besar hal yang memicu saya untuk pegal pegal. Memang sih, kalau dilihat, gak olahraga gak dosa kog. tapi kalau di telusuri lebih dalam artinya kamu gak jaga tubuh kamu yang adalah bait Allah dengan benar. Dampaknya? kamu gak punya endurance yang lebih panjang untuk bekerja, untuk ministry, dan sebagainya, akhirnya gampang sakit, gak bisa bertumbuh atau berbuah?! 

Ulangan 4:29-31 (TB)  Dan baru di sana engkau mencari TUHAN, Allahmu, dan menemukan-Nya, asal engkau menanyakan Dia dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu.  
Apabila engkau dalam keadaan terdesak dan segala hal ini menimpa engkau di kemudian hari, maka engkau akan kembali kepada TUHAN, Allahmu, dan mendengarkan suara-Nya. 
Sebab TUHAN, Allahmu, adalah Allah Penyayang, Ia tidak akan meninggalkan atau memusnahkan engkau dan Ia tidak akan melupakan perjanjian yang diikrarkan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu.

Saya sangat bersyukur Tuhan untuk setiap janji yang Bapa berikan. Tuhan berjanji tidak akan meninggalkan saya. dan berkenan ketika saya mencari Tuhan dengan segenap hati dan jiwa. Terima kasih Bapa. Bapa saya tidak ingin mendukakan Bapa dengan keputusan atau tingkah laku saya yang tidak taat sesuai perintah Tuhan. Saya tidak mau menjadi batu sandungan bagi orang lain.

Bantu saya dengan Roh Kudus Tuhan supaya saya bisa terus melakukan perintah Tuhan dan melakukan hal yang kudus dan benar dihadapan-Mu

Semangat. Enjoy hari ini bersama dengan Tuhan. ❤️😁

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik