HUMBLE

2018, 27 Nov
Keluaran 17:3-4 (TB)  Hauslah bangsa itu akan air di sana; bersungut-sungutlah bangsa itu kepada Musa dan berkata: "Mengapa pula engkau memimpin kami keluar dari Mesir, untuk membunuh kami, anak-anak kami dan ternak kami dengan kehausan?" 
Lalu berseru-serulah Musa kepada TUHAN, katanya: "Apakah yang akan kulakukan kepada bangsa ini? Sebentar lagi mereka akan melempari aku dengan batu!"


Bapa, saya penasaran setelah membaca ini, kalau dilihat, bangsa israel uda beberapa kali bersungut-sungut, terus kali ini bangsa israel bersungut-sungut karena kehausan kepada Musa. Jadi saya bertanya, apakah musa engga pengen makan daging, engga lelah, dan engga haus? karena sepertinya dia santai memimpin dan menjalani hari-harinya.

Keluaran 17:7 (TB)  Dinamailah tempat itu Masa dan Meriba, oleh karena orang Israel telah bertengkar dan oleh karena mereka telah mencobai TUHAN dengan mengatakan: "Adakah TUHAN di tengah-tengah kita atau tidak?"

Kalau dibaca satu pasal ini sampai bawah, saya mengerti kenapa Musa begitu santai. Karena Musa tahu, dia punya Tuhan di tengah-tengah mereka. Malah saya sendiri bingung kenapa mempertanyakan itu,  padahal saya sudah mengikuti perjalanan Musa dari awal. Musa itu obey banget ama Tuhan. dari yang awalnya berontak sekarang sudah menjadi sangat obey dan dekat banget ama Tuhan.
Keluaran 17:15-16 (TB)  Lalu Musa mendirikan sebuah mezbah dan menamainya: "TUHANlah panji-panjiku!" 
Ia berkata: "Tangan di atas panji-panji TUHAN! TUHAN berperang melawan Amalek turun-temurun."


Musa, menjadikan Tuhan adalah panji-panjinya, kekuatan yang perkasa. Ada bagian yang harus dilakukan oleh Musa, tapi tetap Tuhan yang berkuasa. Musa pun memiliki orang-orang yang membantu dia. Dia gak sombong tapi mau dibantu oleh orang-orang untuk menopangnya.
Belajar menjadi orang yang humble, minta tolong bantuan orang lain, bukan dikerjakan sendiri karena merasa diri mampu tapi ternyata gak mampu, bukan juga menyuruh orang lain seperti bos untuk membantu pekerjaan yang harus diselesaikan.

Thanks God. ❤️🤗

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik