CHOOSING

2018, 9 Des

Yunus 1:2 (TB)  "Bangunlah, pergilah ke Niniwe, kota yang besar itu, berserulah terhadap mereka, karena kejahatannya telah sampai kepada-Ku."

Yunus adalah nabi. Tuhan memberikan perintah kepada Yunus untuk pergi ke niniwe dan menyatakan bahwa dosa mereka telah sampai kepada-Nya.

Yunus 1:3 (TB)  Tetapi Yunus bersiap untuk melarikan diri ke Tarsis, jauh dari hadapan TUHAN; ia pergi ke Yafo dan mendapat di sana sebuah kapal, yang akan berangkat ke Tarsis. Ia membayar biaya perjalanannya, lalu naik kapal itu untuk berlayar bersama-sama dengan mereka ke Tarsis, jauh dari hadapan TUHAN.

Tapi Yunus keluar dari rancangan Tuhan dan tidak taat untuk menjalankan perintah Tuhan. Bahkan Ia rela membayar biaya yg mahal (perjalanan dr israel ke tarsis (spanyol) dengan naik kapal). Padahal untuk pergi ke niniwe gak sejauh pergi ke tarsis (2500 mil). sekitar 550 mil.
Yunus kabur bukan karena takut untuk datang ke niniwe tapi karena dia gamau bangsa itu bertobat dan tidak dibinasakan.

Yunus 4:1 (TB)  Tetapi hal itu sangat mengesalkan hati Yunus, lalu marahlah ia.

Saya pun bisa berpikir seperti Yunus ini, Tuhan perintahkan untuk menginjil supaya semua orang bertobat dan kembali kepada rancangan Tuhan yang semula, tapi saya malah kabur dan gak peduli dengan keselamatan orang lain.

Yunus tahu bahwa ketika ia berkotbah maka bangsa niniwe ini akan bertobat jadi, bangsa niniwe ga dibinasakan.

Bagaimana prim cara kamu melihat keselamatan orang lain? apakah anggap hal tersebut remeh, sehingga terus bersikap tidak mau perduli? atau malah kamu berpikir bahwa gak perlu orang jahat bertobat, biar mereka mati aja?

Masih kah kamu egois prim? memakai waktu mu hanya untuk selfish, gamau membagi waktu kamu untuk membantu orang mencari Tuhan? membantu orang mengenal Tuhan? dan hanya melihat apa yang dianggap benar oleh diri sendiri? Kadang memang malas banget untuk ngomong tentang pertobatan, dosa, keselamatan, Yesus Kristus. karena saya tahu hal ini bukan hal yang populer, bahkan topik yang dihindari oleh banyak orang karena sensitif. tapi Tuhan perintahkan "Jadikan semua bangsa murid-Ku"

 Kadang lebih memilih untuk egois dan menghabiskan waktu untuk diri sendiri, untuk tidur, padahal banyak orang perlu dibantu untuk mengenal Tuhan?! gamau share tentang iman dsb
Bagaimana kamu mau merespon prim? Apakah seperti Yunus yg keluar dari rancangan dan gak patuh kepada perintah Tuhan? atau kamu berjalan dan melakukan perintah Tuhan?

Yunus 1:4 (TB)  Tetapi TUHAN menurunkan angin ribut ke laut, lalu terjadilah badai besar, sehingga kapal itu hampir-hampir terpukul hancur.

>> akibat dari tidak obey kepada Tuhan? Tuhan mendisiplin Yunus. Bahkan orang disekitarnya terkena dampak dari pilihan Yunus yg menjauh dari Tuhan. Tuhan hanya mendisiplin yang benar-benar adalah murid-Nya.

 Ya Tuhan saya tahu, pada saat Tuhan mendisiplin saya karena dosa dan ketidaktaatan saya. Beberapa kali saya sombong dan Engkau membuat hal yang jadi lebih ribet. Padahal kalau saya tetap rendah hati dan tenang, gak perlu seperti itu.

Tapi sedih melihat Yunus sebenarnya, dia nabi Tuhan tapi malah gak sensitif kepada Tuhan.

Malah orang-orang yang gak kenal Tuhan, tahu dan menyuruh Yunus berdoa supaya murka Allah mereda.

Tapi Yunus malah gamau dan bilang supaya buang dia ke laut.

Yunus 1:12 (TB)  Sahutnya kepada mereka: "Angkatlah aku, campakkanlah aku ke dalam laut, maka laut akan menjadi reda dan tidak menyerang kamu lagi. Sebab aku tahu, bahwa karena akulah badai besar ini menyerang kamu."

Bukannya bertobat tapi malah bilang "yawda mending mati aja daripada harus pergi ke niniwe"

Ingat sih saat-saat saya gamau ikut rancangan Tuhan, dan berpikir seperti Yunus.

Tapi bersyukur Tuhan itu panjang sabar, dan banyak memberi kesempatan untuk murid-murid-Nya dapat bertobat dan kembali kepada jalan yang benar. Singkat cerita Yunus di telan oleh ikan besar sehingga dia selamat.

Yang saya belajar hari ini, 
☀️apakah saya sekarang sedang berjalan sesuai dengan ekspektasinya Tuhan? 
☀️apakah saya sensitif dan taat kepada apa yang Tuhan perintahkan kepada saya?
☀️apakah saya memandang keselamatan orang lain itu penting? atau hanya melihat kebutuhan dan rasa nyaman untuk diri saya sendiri?


>> Jangan lari, kamu harus bersyukur karena kamu sudah beroleh pengertian keselamatan dan tahu kebenaran. bahkan sudah mendapatkan keselamatan itu. Kembali ingat prioritas ya prim. Jangan sia-siakan kesempatan yang Tuhan sudah berikan.

God loves you

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik