MEEKNESS - MUSA

2018, 20 Des

Keluaran 32:7-35

Keluaran 32:10-11 (TB)  Oleh sebab itu biarkanlah Aku, supaya murka-Ku bangkit terhadap mereka dan Aku akan membinasakan mereka, tetapi engkau akan Kubuat menjadi bangsa yang besar."
Lalu Musa mencoba melunakkan hati TUHAN, Allahnya, dengan berkata: "Mengapakah, TUHAN, murka-Mu bangkit terhadap umat-Mu, yang telah Kaubawa keluar dari tanah Mesir dengan kekuatan yang besar dan dengan tangan yang kuat? 

Saya belajar mengenai karakter Musa yang disebut meekness people. 

Seorang leader yang ingin bangsanya enggak dipunahkan oleh Tuhan. Ketika Tuhan bilang, Tuhan sangat murka terhadap bangsa yang dipimpin oleh Musa itu, dan Musa memohon belas kasihan supaya bangsa itu gak dimusnahkan oleh tangan Tuhan. Sampai akhirnya Tuhan berbelas kasihan kepada bangsa Israel dan membiarkan mereka karena Tuhan ingat akan janji-Nya kepada Abraham.

Setelah itu Musa turun dan melihat kejahatan sangat besar dilakukan bangsa itu karena telah sujud menyembah kepada allah lain. Saya pikir, yasudah Musa sayang ama bangsanya mungkin Musa hanya akan memarahi dengan kata-kata. Tapi ternyata Musa pun melakukan pendisiplinan kepada bangsa Israel. Dia memberikan pilihan: apabila takut akan Tuhan datanglah ke sisi Musa. Setelah itu, Musa membiarkan mati orang-orang yang telah berdosa kepada Tuhan sebanyak tiga ribu orang.

Namun setelah itu, Musa masih mengusahakan supaya orang yang tersisa itu mendapatkan pengampunan dari Allah.

Saya respek dengan apa yang dilakukan oleh Musa. Musa gak terlena dan terpengaruh dengan bangsa Israel. Bisa saja Musa langsung membasmi bangsa itu karena Ia punya kekuatan dari Tuhan. tetapi dia fair dan memberikan kesempatan untuk kembali kepada jalan Tuhan.

Disisi lain saya juga melihat Harun, orang yang diberikan kepercayaan Musa untuk memimpin bangsa israel selama dia ada di gunung. Lihat apa yang Harun lakukan? terlihat pemimpin yang takut akan Tuhan atau tidak. Harun mungkin uda takut kalau dikeroyok ama bangsa Israel karena mereka sangat banyak, kemudian Ia menjadi bimbang dan berkompromi dengan dosa, Ia membuat patung lembu tuangan dari emas supaya bangsa itu menjadi tenang.

Ketika dunia mendesakmu bagaimana respon kamu? apakah tetap takut akan Tuhan atau mulai berkompromi karena lebih takut kepada manusia atau takut pekerjaan gak selesai atau takut teman-teman memandang kamu gak keren atau kamu dianggap sok suci? 

Respon dan perilakumu akan menunjukkan apakah kamu benar-benar takut akan Tuhan atau tidak.

Terima kasih Tuhan untuk pagi ini. Engkau mencukupkan tidur saya. Saya harus semangat hari ini. Pergunakan kekuatan dengan bijaksana dan tetap seturut dengan jalan Tuhan.

Let's enjoy today with You my Lord. ❤️🤗🌻

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik