TUHAN MENGUTUS MUSA

2018, 5 Nov

TUHAN MENGUTUS MUSA

Keluaran 3:2-6 (TB)  Lalu Malaikat TUHAN menampakkan diri kepadanya di dalam nyala api yang keluar dari semak duri. Lalu ia melihat, dan tampaklah: semak duri itu menyala, tetapi tidak dimakan api.
Musa berkata: "Baiklah aku menyimpang ke sana untuk memeriksa penglihatan yang hebat itu. Mengapakah tidak terbakar semak duri itu?"
Ketika dilihat TUHAN, bahwa Musa menyimpang untuk memeriksanya, berserulah Allah dari tengah-tengah semak duri itu kepadanya: "Musa, Musa!" dan ia menjawab: "Ya, Allah."
Lalu Ia berfirman: "Janganlah datang dekat-dekat: tanggalkanlah kasutmu dari kakimu, sebab tempat, di mana engkau berdiri itu, adalah tanah yang kudus."
Lagi Ia berfirman: "Akulah Allah ayahmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub." Lalu Musa menutupi mukanya, sebab ia takut memandang Allah.

Peristiwa ini pasti udah familiar banget, uda pernah denger dari zaman sekolah dasar. tapi selalu ada hal menarik yang membuat saya ingin menyelidiki lagi lebih dalam.

Apa yang menyebabkan Musa tidak lari ketika melihat semak api terbakar, tetapi Musa malah semakin mendekat? Bayangin ada api tapi ga kebakar, jangan-jangan hantu? atau sesuatu yang horor. Uda gitu waktu Allah memanggil namanya, ia pun tahu bahwa itu adalah suara Tuhan yang kudus. Maka respon dia adalah "hormat dan obey". Musa langsung mengerti bahwa Tuhan itu kudus, sehingga dia langsung patuh ketika disuruh lepas alas, dan hormat dan takut sehingga Musa menutupi mukanya?!

What i learned?

🐅 Musa memiliki hati yang peka dan lemah lembut akan Tuhan.
Makanya musa ga pergi lari kocar-kacir tapi dia mendekat ke sumber mujizat itu.

🐕 Dia hormat dan mengenal Tuhan adalah kudus
Tuhan adalah kudus, sehingga saya pun harus kudus supaya layak dan pantas untuk bisa dekat dengan Tuhan. Supaya ga ada penghalang antara diri saya dengan Tuhan, maka saya tidak boleh jatuh ke dalam dosa. Bener-bener harus jaga hati.

Kemudian Tuhan memberikan perintah kepada Musa supaya dia membawa bangsa israel untuk pergi berdoa di gunung. Tetapi apa respon Musa?

Keluaran 3:11 (TB)  Tetapi Musa berkata kepada Allah: "Siapakah aku ini, maka aku yang akan menghadap Firaun dan membawa orang Israel keluar dari Mesir?"

Keluaran 4:10, 13 (TB)  Lalu kata Musa kepada TUHAN: "Ah, Tuhan, aku ini tidak pandai bicara, dahulu pun tidak dan sejak Engkau berfirman kepada hamba-Mu pun tidak, sebab aku berat mulut dan berat lidah."
Tetapi Musa berkata: "Ah, Tuhan, utuslah kiranya siapa saja yang patut Kauutus."

Musa ini, banyak alasan, gak percaya diri, minder atau sombong!!! Bisa bisanya orang ini begitu banyak alasan padahal Tuhan langsung yang memberikan perintah!!!!

well, saya belajar lagi mengenai meekness, hati yang mau dibimbing dan diajari, humble.

Dari 3 pernyataan itu saya tahu sombong sekali musa ini. aku pun akan kesal ketika orang diberikan tugas banyak sekali alasannya padahal Tuhan sudah berikan opsi yang harus dipilih, Tuhan mau memberikan janji-Nya bahwa Tuhan akan menyertai. tapi sebegitu bebalnya musa sampai dia melontarkan banyak alasan.

Namun, bersyukurnya pada akhirnya Musa mau pergi juga. Tuhan bisa murka lho prim. kamu sering banget enggak mau lakuin kalau di challenge, dengan segudang alasan yang kamu buat!

Saya belajar, untuk saya gak terlalu banyak ketakutan, gak percaya diri, gak malas (uda ada orang lain yang lebih kompeten kenapa mesti gw). Karena Tuhan menyertai saya, Tuhan sudah berjanji akan menyertai atau memperlengkapi saya dengan talent yang sesuai atau mendukung pelaksanaan apa yang sudah di perintahkan kepada saya. Kalau Tuhan suruh sharing ya jangan malas prim! jangan kebanyakan alasan, tapi obedience.

Tuhan pasti uda sering gondok sama saya. 😅 dan orang-orang yang mendidik saya pasti juga sama gondoknya atau murka sama saya. karena ketika di challenge, bukannya saya langsung bilang "ya" tapi malah kasih alasan, uda gitu alasannya gak bermutu. *haha rasanya jadi mo berterima kasih ama orang-orang yang sayang ama saya dan mendidik dan melatih saya sampai saya break though my limit, sehingga saya bisa bertumbuh dan ada seperti sekarang ini.

Lakuin aja prim, padahal ini adalah suatu kehormatan karena berati Tuhan trust. trust ama Musa.

Saya terencourage dengan ayat yang menjelaskan janji Tuhan

Keluaran 4:15 (TB)  Maka engkau harus berbicara kepadanya dan menaruh perkataan itu ke dalam mulutnya; Aku akan menyertai lidahmu dan lidahnya dan mengajarkan kepada kamu apa yang harus kamu lakukan.

Tuhan akan menyertai, Tuhan yang membimbing saya dan menolong untuk saya menyelesaikan list perintah yang Tuhan berikan kepada saya. 😁

Bapa, maafin karena saya sombong dan banyak alasan. bukannya dikerjain atau dilakukan tapi malah santai-santai dengan segala alasan yang bisa dibuat.

Tuhan terima kasih untuk seharian ini.

Luv ya 😍

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik