TEST (2)

2018, 23 Nov

Exodus 16:3-4 (NIV)  The Israelites said to them, "If only we had died by the Lord's hand in Egypt! There we sat around pots of meat and ate all the food we wanted, but you have brought us out into this desert to starve this entire assembly to death."
Then the Lord said to Moses, "I will rain down bread from heaven for you. The people are to go out each day and gather enough for that day. In this way I will test them and see whether they will follow my instructions.

Tuhan mengetes bangsa Israel apakah bangsa itu akan terus mentaati perintah Tuhan atau tidak? Perikop ini bercerita tentang bangsa israel yang bersungut-sungut karena mereka kelaparan, bahkan uda menyalahkan Tuhan karena apa yang mereka lakukan yaitu keluar dari tempat nyaman dan berkelana di padang gurun. Awalnya mereka mungkin excited tapi ketika ujian datang mereka mengeluh juga. Tapi Tuhan selalu memelihara bangsa Israel. Tuhan menyediakan roti dan daging untuk mereka makan dengan tanpa bersusah-susah. 

Ada dua hal yang saya belajar, tentang ketaatan, mereka bersungut-sungut? padahal mereka sebenarnya bisa tetep joyful kalau mereka mengganti perkataan mereka yang bersungut-sungut dengan rasa syukur. Kedua, ketika Tuhan menyediakan apa yang saya mau atau saya butuh, apakah saya bisa bersyukur dan bukan malah dipenuhi dengan hawa nafsu untuk mendapatkan lebih dari apa yang saya butuhkan? 

Makanya ada cerita saat bangsa israel mengambil mana terlalu banyak dan menyimpannya maka mana itu menjadi busuk dan berulat.😅 itulah keserakahan dan hawa nafsu untuk mengumpulkan banyak, mereka berpikir nanti buat bekal besok. Padahal Tuhan sudah berfirman bahwa ambillah sesuai dengan kebutuhanmu. Mereka mungkin kuatir kalau besok Tuhan gak kasih makanan lagi. 

Bisa seperti itu banget diriku, saya ngerti banget Tuhan adalah Tuhan yang menyediakan tapi terkadang kaya bekerja berlebihan karena takut besok ga ada uang, atau bersenang-senang atau funtime berlebihan karena merasa cuma hari ini saja saya ada waktu. jadi dipuas-puasin sampai badan kelelahan dan kecapekan. makan sembarangan yang bisa bikin sakit, padahal uda tahu, harus menjaga pola makan.

Belajar untuk taat, kepada Tuhan.

Tapi bukan berati pada akhirnya jadi memanfaatkan kebaikan Tuhan atau menjadikan pemeliharaan Tuhan menjadi alasan untuk kemalasan dan tidak bijak dalam melakukan sesuatu. Contoh, gak bijak dalam mengelola keuangan, tapi bilang : gpp nanti Tuhan akan cukupkan. Terus belanja banyak-banyak. atau pada saat ada tugas kuliah, gpp nanti aja dikerjain, nanti toh selesai juga. jadi ngerjain tugas diundur-undur. Nah, tahu rasa pas uda mepet deadline. 😅 

Semua harus pada proporsinya karena Tuhan sudah rancangkan.

Exodus 16:18 (NIV)  And when they measured it by the omer, he who gathered much did not have too much, and he who gathered little did not have too little. Each one gathered as much as he needed.

Tuhan akan mencukupkan. Lakukan apa yang menjadi kehendak Tuhan. Belajar untuk memiliki hati yang lembut dan mau mendengarkan apa yang Tuhan kehendaki sehingga saya bisa menjadi bijak dalam setiap hal.

Thank you Tuhan buat hari ini. Aku tertusuk. 🤐 

Bapa, berdoa buat mba mitha dan anak anak itu supaya mereka lulus ujian hari ini.

Semangat. Yuk enjoy hari ini dengan berjalan bersama Tuhan. ❤️

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik