AMARAH

2018, 10 Nov

Keluaran 11:8 (TB)  Dan semua pegawaimu ini akan datang kepadaku dan sujud kepadaku serta berkata: Keluarlah, engkau dan seluruh rakyat yang mengikut engkau; sesudah itu aku akan keluar." Lalu Musa meninggalkan Firaun dengan marah yang bernyala-nyala. 

Bapa, kelamaan nulisnya, karena tadi saya masih penasaran apa yang sebab in Musa marah yang menyala-nyala dalan bahasa inggrisnya pun sama anger.

All these officials of yours will come to me, bowing down before me and saying, ‘Go, you and all the people who follow you!’ After that I will leave.” Then Moses, hot with anger, left Pharaoh.
Exodus 11:8 NIV


Saya berpikir kenapa Musa marah? padahal sebelumnya sepertinya ga ada apa-apa. Apa karena hati keras Firaun? atau dia marah karena gak di respect / ga di dengar ama Firaun? atau dia marah karena usahanya ga berhasil-berhasil, padahal effort sudah banyak yang dilakukan? atau marah karena gak suka Firaun gak respek ama Tuhan (soalnya saya pun suka kesal saat ada orang yang gak respek dengan orang yang saya hormati 😅, bisa lgs saya labrak or tegor kalo dulu, berasa ga tau diri aja orang tu) atau marah karena gara-gara Firaun keras hati jadi ada orang-orang mesir yang harus mati kena tulah? atau musa mau menunjukkan ketegasan?

Banyak sekali sih pertanyaan dan argument yang saya buat. Tapi di ayat selanjutnya:

Keluaran 11:9 (TB)  Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Firaun tidak akan mendengarkan kamu, supaya mujizat-mujizat yang Kubuat bertambah banyak di tanah Mesir."

Tuhan bilang bahwa "Firaun tidak akan mendengarkan kamu" jadi mungkin bisa dianalisis jawabannya ya. 😆

Saya belajar, saya pernah mengalami rasa marah dan kesal, tentang sesuatu yang saya ga bisa kontrol. karena berasal dari faktor luar, dan gamau munafik juga, kesabaran, pengertian, mengayomi, pasti ada batasnya. pasti pernah marah. tapi dibalik itu semua ada alasan Tuhan mengijinkan kondisi tersebut terjadi. Begitu pula Musa, Tuhan membiarkan Musa mengalami yang namanya marah atau kekesalan, tapi dibalik itu Tuhan punya tujuan "supaya mujizat-mujizat yang Kubuat bertambah banyak di tanah Mesir"

Tuhan pun mau menunjukkan perbedaan, bahwa Tuhan menjaga umat-Nya. tapi Tuhan juga gamau bangsa israel terima keselamatan dengan gampang. tetap ada effort yang harus mereka lakukan.

Di pasal selanjutnya pasal 12 telah diceritakan apa yang harus dilakukan, yaitu dengan menyembelih domba terus dibubuhkan darahnya di pintu.

Keluaran 12:3, 16-17 (TB)  Katakanlah kepada segenap jemaah Israel: Pada tanggal sepuluh bulan ini diambillah oleh masing-masing seekor anak domba, menurut kaum keluarga, seekor anak domba untuk tiap-tiap rumah tangga.
Kamu adakanlah pertemuan yang kudus, baik pada hari yang pertama maupun pada hari yang ketujuh; pada hari-hari itu tidak boleh dilakukan pekerjaan apa pun; hanya apa yang perlu dimakan setiap orang, itu sajalah yang boleh kamu sediakan. 
Jadi kamu harus tetap merayakan hari raya makan roti yang tidak beragi, sebab tepat pada hari ini juga Aku membawa pasukan-pasukanmu keluar dari tanah Mesir. Maka haruslah kamu rayakan hari ini turun-temurun; itulah suatu ketetapan untuk selamanya. 

Tuhan tetap mau ada 'effort' atau bisa dibilang bagian yang harus saya lakukan.

Bapa, saya belajar untuk trust kepada rancanganMu, dengan kondisi yang mungkin gak sesuai dengan apa yg diharapkan, dan saya perlu berusaha atau memberikan effort. Mungkin seperti menginjil pengennya ya, ada yang studi bible, bertobat, dipulihkan terus jadi murid. tapi kadang ga berjalan sesuai rencana, effortnya sia-sia. kaya Musa mungkin saat itu, melihat "saya udah lakukan kog gak berhasil-berhasil" 

Percaya Tuhan sudah punya jalan-Nya sendiri, yang mungkin kamu belum ngerti. Bapa, iseng banget malem ini, nontonin youtube tentang kecelakaan pesawat. 😅 terus tiba-tiba bertanya tentang kematian, terus tiba-tiba takut. Jadi pengen langsung berdoa, dan mendoakan tentang keselamatan, keselamatan kekal bagi semua orang yang terpikir saat itu. pengen lakuin apa biar semua orang mau belajar alkitab. hiks. karena setiap hal ada batas-batas waktu-waktu, yang manusia memang gak pernah tahu.

Bapa, tolong jangan keraskan hati orang-orang yang sudah pernah mendengar tentang Yesus seperti Firaun pada saat itu. 😭 

Bapa, terima kasih untuk hari ini. Engkau baik Be. rasanya gak boleh sia-sia in waktu, ga boleh terlalu banyak habisin waktu untuk diri sendiri. musti seimbang semuanya. 

Bapa terima kasih. ❤️

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik