SELIDIKI

2018, 24 Sept

Yohanes 13:6 (TB)  Maka sampailah Ia kepada Simon Petrus. Kata Petrus kepada-Nya: "Tuhan, Engkau hendak membasuh kakiku?"

Hal yang akward saat tiba-tiba guru saya mau membasuh kaki saya? kaki bukankah sesuatu yang kotor, apalagi zaman dulu, seorang yang suka bepergian. Membasuh kaki hanya dilakukan oleh hamba pada saat itu. Saya pasti akan merasa sangat segan ketika guru saya mau membasuh kaki saya. Saya mungkin akan merespon sama seperti Petrus.

"Tuhan, aku gamau Engkau membasuh kakiku. kakiku kotor, dan saya ga mau Engkau menyentuh kaki saya. Engkau adalah orang yang saya respect, lebih baik saya aja yang melakukan ini untuk Engkau"

Saya akan merespon demikian, dan gak mengijinkan Yesus basuh kaki saya, sentuh pun enggak mau.

Yohanes 13:7-8 (TB)  Jawab Yesus kepadanya: "Apa yang Kuperbuat, engkau tidak tahu sekarang, tetapi engkau akan mengertinya kelak."
Kata Petrus kepada-Nya: "Engkau tidak akan membasuh kakiku sampai selama-lamanya." Jawab Yesus: "Jikalau Aku tidak membasuh engkau, engkau tidak mendapat bagian dalam Aku."

Kalau Petrus tidak membiarkan dirinya dibasuh maka Petrus tidak akan mendapat bagian di dalam Yesus.

Bagian mana dalam hatimu, dalam hidupmu yang kamu anggap paling kotor sampai kamu atau luka yang gak pernah mau kamu ekpos karena menurut kamu itu sangat menyakitkan untuk kamu ingat dan gak membiarkan siapapun menyentuh bagian itu prim? Bahkan oleh Tuhan? 😭

Prim, kalau kamu gak membiarkan bagian itu disentuh dan dijamah Tuhan, malah kamu menunjukkan kesombongan kamu, kamu gak akan menjadi bersih. Bagaimana sinful nature kamu? masih kah dilakukan? apakah setiap luka kamu sudah biarkah Yesus menjamahNya?

John 13:1 (NIV)  It was just before the Passover Feast. Jesus knew that the time had come for him to leave this world and go to the Father. Having loved his own who were in the world, he now showed them the full extent of his love.

Yesus mengasihimu, Yesus gak akan memandang kamu hina, meski Yesus tahu luka hatimu. Yesus gak akan nyakitin kamu. Kamu respect kan ama Tuhan? Jadi, biarlah Tuhan menyentuh hati kamu yang mungkin kamu anggap kotor dan memalukan. Jesus will heal them. Kalau kamu mau merendahkan hatimu, dan membiarkan dirimu dicintai, dan menerima cinta yang diberikan oleh Yesus...

Yohanes 13:9-10 (TB)  Kata Simon Petrus kepada-Nya: "Tuhan, jangan hanya kakiku saja, tetapi juga tangan dan kepalaku!"
Kata Yesus kepadanya: "Barangsiapa telah mandi, ia tidak usah membasuh diri lagi selain membasuh kakinya, karena ia sudah bersih seluruhnya. Juga kamu sudah bersih, hanya tidak semua."

Yesus tahu, di beberapa hal kamu sudah mulai terbuka dan berubah sesuai pertobatanmu, tapi ada hal-hal yang masih kamu belum serahkan ama Tuhan seluruhnya.

Bapa, gak nyangka bisa ngeliat hal seperti ini pagi ini. Meski saya tahu. dalam konteks ini, Yesus lagi berbicara tentang Yudas yang memiliki pikiran jahat. satu per dua belas. menurut aku itu ukuran kecil yang masih bisa di kompromisasikan. tapi Yesus memandang ukuran itu penting banget, kecil tapi sangat berpengaruh untuk keseluruhan.

Prim, coba deh lebih jujur yah. 😓 tapi Tuhan, saya gak ngerti. tapi aku merasa saya menghindari sesuatu. Lead me God to see.

Semangat!!!! Enjoy today with You my Lord. 🤗🤗😭

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik