LISTEN AND HUMBLE

2018, 25 Sept

Yohanes 13:21-38

Yohanes 13:21 (TB)  Setelah Yesus berkata demikian Ia sangat terharu, lalu bersaksi: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya seorang di antara kamu akan menyerahkan Aku."

Yohanes 13:38 (TB)  Jawab Yesus: "Nyawamu akan kauberikan bagi-Ku? Sesungguhnya Aku berkata kepadamu: Sebelum ayam berkokok, engkau telah menyangkal Aku tiga kali."

Ayat tersebut adalah 2 hal, Yesus memperingati murid-murid-Nya. Yesus memperingati Yudas dan Petrus karena Yesus sudah tahu apa yang akan mereka berdua lakukan. Saya melihat Yesus sayang banget ama mereka berdua, Yesus pasti mengenal banget 2 orang ini dan tahu apa kelemahan dari 2 orang ini. Yesus sayang makanya Yesus memperingatkan, siapa tahu dengan diperingati akan merubah respon mereka berdua.

Saya mencoba merelasikan dengan hidup saya. Saya punya kelemahan? pasti. Saya tahu apa yang dapat memicu kelemahan saya bahkan bisa sampai berdosa. Sama seperti saat itu Yesus tahu, kelemahan Yudas di uang, dan Petrus punya ketakutan, yang akhirnya berujung kepada hal yang buruk dan berdosa.

Pernah gak sih, orang-orang di sekitar saya memperingatkan saya akan kelemahan saya? Pernah, bahkan sering. Tapi kadang bebal dan akhirnya saya harus mengalami konsekuensi dari kebodohan saya dalam mengambil keputusan. Terkadang saya merasa semua akan baik-baik saja. Tapi orang lain terutama orang-orang terdekat saya bisa melihat blind spot saya.

Disini saya belajar mendengarkan dan ikut mempertimbangkan apa pendapat atau nasehat orang kepercayaan saya apalagi kalau itu sesuai dengan nilai-nilai yang diajarkan di alkitab.

Permasalahannya biasanya adalah "gengsi" atau "pride". Jadi gamau dianggap lemah atau diremehkan. Seperti Petrus, waktu diperingati sama Yesus dia bilang "aku akan mati demi Engkau". Petrus dan Yudas ga semakin giat berdoa atau berjaga-jaga supaya dapat merespon dengan benar ketika pencobaan datang.

Kamu tahu kan kelemahan kamu! semakin banyak kerjaan semakin tergoda untuk marah dan kesal atau malah terjebak dalam pekerjaan dan ga bisa punya hubungan baik dengan Tuhan. Coba hitung, hari ini kamu uda marah berapa kali? Berkata-kata dengan gak bijak ke rekan kerjamu berapa kali?  😭 maaf Be. ga ke control. karena ribut banget orang-orang. Kamu tahu kan kalo kamu minta tolong dan bersandar kepada Tuhan pasti lain cerita hari ini. Kamu mungkin bisa lebih enjoy bahkan bisa ikut meredakan ketegangan di tim kamu, bahkan bantuin lead kamu juga. 😓😭

Bertobat prim. Prim, kalo uda di nasehatin, didengerin yak jangan bebal. Leader kamu, ikut berjaga-jaga atas hidup kamu. Jadi ga akan menjerumuskan kamu ke dalam hal yang negative. Setelah itu berdoalah dan berjaga-jaga atas hatimu dengan segala kewaspadaan.

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik