JANGAN GELISAH HATIMU

2018, 27 Sept

JANGANLAH GELISAH HATIMU

Yohanes 14:1-31

Yohanes 14:1 (TB)  "Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku.

Yohanes 14:27 (TB)  Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.

Yesus beberapa kali menyebutkan jangan gelisah hatimu!

Yesus tahu ada kegelisahan dalam hati masing-masing murid-Nya.

Apakah ada kegelisahan dalam hatimu prim? Ya ada beberapa hal yang saya pikirkan, yang bisa membuat saya takut, iri atau marah secara tiba-tiba 😅 Coba lagi bayangin kejadian saat itu. Yesus tiba-tiba bilang mau pergi.

Yohanes 14:3-5 (TB)  Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada.
Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ."
Kata Tomas kepada-Nya: "Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bagaimana kami tahu jalan ke situ?"

Gimana ga tiba-tiba gelisah. Saat orang yang paling saya andalkan atau saya sayang tiba-tiba bilang Aku mau pergi. pasti akan merasa takut kehilangan. aku akan bad mood, nangis, atau menjadi over protective atau aku ga akan menyia-nyiakan waktu 1 detik pun dengan orang yang saya kasihi tersebut. saya akan marah dan pasti ga pengen orang tersebut pergi. Berasa takut, bahkan menjadi berpikir apakah saya tidak berharga sehingga orang-orang itu pergi? 😭

Efeknya saya akan selalu berusaha menjadi yang terbaik supaya orang bisa menerima dan sayang ama saya. hmm. tapi saya tahu saya bukan orang yang selalu bisa berikan hasil yang baik. karena itu saya mulai akan gelisah. merasa insecure karena orang yang saya andalkan mau pergi. jadi aku sama siapa?

Yohanes 14:12, 15-18 (TB)  Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa;
"Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.
Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,
yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.
Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu.

Yesus tahu apa yang menjadi kegelisahan hati saya. Yesus berjanji gak akan meninggalkan saya sendiri tetapi akan memberikan Penolong yang menyertai saya yaitu Roh Kebenaran. Tapi ada syaratnya. Yesus akan memberikan itu kepada orang yang benar-benar mengasihi Dia.

Bagaimana cara mengasihi Dia? Dengan menjalankan perintah-perintah-Nya. Yesus gamau saya bersedih dan self pity. Yesus mau saya turut bekerja dan melakukan perintah-perintah-Nya. Sesuatu yang sia-sia ketika saya menghabiskan waktu terlalu banyak untuk gelisah dan menangis. Karena Tuhan gak akan pernah meninggalkan saya. Tapi ingat Tuhan itu kudus, jadi kalau saya ga bisa menjaga kekudusan saya maka saya akan terpisah oleh dosa. Jadi hidup kudus. Yesus sangat mencintai saya dengan segala kelemahan saya. Terima kasih Yesus. Saya sangat bersyukur Engkau membiarkan saya mengetahuinya dan saya bersyukur untuk Roh Penolong yang Tuhan kasih.

Yuk semangat hari ini! Enjoy prim. Jangan biarkan nilai-nilai dunia menguasaimu! yang bijak ya hari ini. 😬 agak melow ya pagi ini.

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik