PLEASANT OFFERING


Roma 12:1-2 (TB)  Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati. 
Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Ini ayat bahasan bible talk tadi malam, karena td malam agak kurang konsen jadi saya mau merenungkan kembali ayat ini.
Apakah persembahan yang Tuhan mau dari saya?
Di kitab roma memang dibilang untuk mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, kudus dan berkenan di hadapan Allah.

Bapa mau "seluruh tubuh" ya itu berati semua dari hidup saya harus berkenan kepada Tuhan. Tuhan juga mau saya "kudus", artinya saya ga boleh berdosa.
Saya ingat kalo di perjanjian lama, memang harus mempersembahkan korban ternak sebagai persembahan. Ini ga bahas tentang korban bakaran penghapus dosa tapi persembahan yang diminta Tuhan.

Imamat 1:2-3 (TB)  "Berbicaralah kepada orang Israel dan katakan kepada mereka: Apabila seseorang di antaramu hendak mempersembahkan persembahan kepada TUHAN, haruslah persembahanmu yang kamu persembahkan itu dari ternak, yakni dari lembu sapi atau dari kambing domba.
Jikalau persembahannya merupakan korban bakaran dari lembu, haruslah ia mempersembahkan seekor jantan yang tidak bercela. Ia harus membawanya ke pintu Kemah Pertemuan, supaya TUHAN berkenan akan dia.

Tuhan mau ternak yany tidak bercela, ternak yang tidak cacat, dan terbaik, tambun dan sebagainya. Itu adalah korban bakaran untuk rasa syukur dan pendamaian yang menyenangkan hati Tuhan.
Sekarang Tuhan ga minta korban bakaran lagi tapi tubuh saya sebagai persembahan yany hidup.

Bagaimana saya menjaga tubuh saya? saya ga merusak tubuh saya kog, saya ga merokok, ga mengkonsumsi obat-obatan yang merusak tubuh, saya ga pake tato, saya ga over training berolahraga. Terus bagaimana pola makan dan pola hidup kamu? sehat kah? atau kamu penuh keserakahan dan makan apapun secara berlebihan? bekerja terlalu banyak sampai kurang tidur dan tidak memprioritaskan Tuhan atau bahkan melupakan Tuhan? atau terlalu selfish menyenangkan diri sendiri sampai lupa akan fokus terhadap Tuhan? 😭 yes, i did.

Bapa mau saya kudus, apakah hati saya benar? karena banyak dosa yang ditimbulkan oleh hati. Apakah saya mengisi hati saya dengan hal-hal yang berkenan kepada Tuhan saja? Tidak, hati saya licik, pikiran saya penuh dengan rupa-rupa keinginan, ga jarang juga pikiran negative ato pikiran jahat, bahkan pikiran kotor, dan pikiran yang aneh-aneh. Padahal Tuhan gamau saya punya pikiran yang melebihi seharusnya.

Roma 12:3 (TB)  Berdasarkan kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku, aku berkata kepada setiap orang di antara kamu: Janganlah kamu memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut kamu pikirkan, tetapi hendaklah kamu berpikir begitu rupa, sehingga kamu menguasai diri menurut ukuran iman, yang dikaruniakan Allah kepada kamu masing-masing.

Tuhan mau saya bisa menguasai diri dan memikirkan apa yang layak saya pikirkan. Dengan selalu memperdalam pengenalan saya kepada Tuhan, Jadi saya bisa membedakan mana yang kehendak Allah dan mana yang kehendak saya.

Ga berhenti disitu, Tuhan mau saya mempersembahkan physical offering ini istilah yang heince bilang kemarin. sesuai dengan kasih karunia yang Tuhan berikan kepada saya (roma 12:6-8)

Tuhan mau "all of me", Tuhan suka ketaatan, jadi prim kamu tau apa yang harus kamu lakukan? Tuhan sudah beritahu apa yang Tuhan mau supaya saya lakukan sehingga menyenangkan hati Tuhan. apakah kamu akan taat? atau malah sok sok berimprovisasi yang sebenarnya Tuhan ga berkenan, yang kamu lakukan menurut kehendakmu sendiri?
Jadi hari ini mau menyenangkan hati Tuhan atau tidak?

Terima kasih Bapa untuk pagi ini. Let's Enjoy today with You. Saya punya deadline yang harus saya kerjakan ampe jam 12 siang ini. Berikan saya waktu dan konsentrasi ya Bapa.  Semalam kenapa bisa ketiduran gitu pas lagi berpikir. hiks. Terima kasih Bapa.


Love ❤️

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik