Dendam

DENDAM

Markus 6:17-19 (TB)  Sebab memang Herodeslah yang menyuruh orang menangkap Yohanes dan membelenggunya di penjara berhubung dengan peristiwa Herodias, isteri Filipus saudaranya, karena Herodes telah mengambilnya sebagai isteri.
Karena Yohanes pernah menegor Herodes: "Tidak halal engkau mengambil isteri saudaramu!"
Karena itu Herodias menaruh dendam pada Yohanes dan bermaksud untuk membunuh dia, tetapi tidak dapat,

Bapa, mudah untuk marah dan mendendam ketika tidak ada rendah hati disana, tidak ada keinginan untuk memaafkan, atau bahkan ketika kecewa, egois dan hawa nafsu menguasai diri. Sama seperti herodias yang tidak mau ditegor oleh yohanes pembaptis dan menyimpan dendam. Dendam adalah dosa yang bisa membuat orang melakukan dosa lainnya, dan memperparah kondisi, bahkan jadi bisa melibatkan orang-orang lain yg sebelomnya tidak terlibat kepahitan atau dosa menjadi ikut terjerat dosa.

Bapa, saya sedang sangat kesal ama seorang sister dari hari minggu, dan malas sekali untuk balas chatnya. ya meski sebenernya itu bukan chat yg wajib dibalas menurutku. mulai dari ekspektasi yang tidak terpenuhi. dan akhirnya jadi negative thingking dan rasa malas (bisa bikin pembunuhan karakter). Bersyukur Tuhan ingatkan melalui perikop ini, ya meski kemarin rasanya ga suka saat baca ini, tapi saya sangat mengerti dan tahu bahwa kesal jika dibiarkan dan ga di confess itu ga membangun bagi kedua pihak. 😭

Bapa, ampuni saya yang kebingungan ini. Tapi dekat emang ga boong ya, sister itu tahu, dia ngeh kalo saya lagi ga ok ama dia, terus tiba2 dia minta maaf meski mungkin dia gatau kenapa saya ga ok ama dia. Dia mau rendah hati untuk minta maaf duluan dan mendengarkan saat saya akhirnya memutuskan untuk confess. Meski masih kesal. tapi saya mau melakukan dulu bagian saya, dan saya percaya Bapa akan healing hati saya. Pagi ini, uda ga kesal lagi, terima kasih ya Be.

Saya belajar untuk rendah hati dan berbelas kasih.

Markus 6:26-27 (TB)  Lalu sangat sedihlah hati raja, tetapi karena sumpahnya dan karena tamu-tamunya ia tidak mau menolaknya.
Raja segera menyuruh seorang pengawal dengan perintah supaya mengambil kepala Yohanes. Orang itu pergi dan memenggal kepala Yohanes di penjara.

Yang kedua saya belajar untuk menjaga setiap perkataan yang saya ucapkan. ga sembarangan menebar janji atau sumpah apalagi kalo hati dan perasaan lagi ga stabil, bisa terlalu sedih atau terlalu senang, atau terlalu marah supaya ga menyesal dengan apa yang sudah diucapkan. karena ga bisa ditarik lagi apa yang sudah keluar. Saya belajar untuk menjadi bijak dan ga menjadi batu sandungan untuk orang lain, atau dijadiin senjata orang lain untuk berbuat jahat.

Bapa, bimbinglah saya berjalan di jalan yang benar. Saya mau enjoy hari-hari saya bersama dengan Tuhan. Saya gamau mata saya dibutakan oleh rupa-rupa kekuatiran, saya mau melihat Engkau.

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik