PENGGENAPAN

PENGGENAPAN

Markus 1:1-3 (TB)  Inilah permulaan Injil tentang Yesus Kristus, Anak Allah.
Seperti ada tertulis dalam kitab nabi Yesaya: "Lihatlah, Aku menyuruh utusan-Ku mendahului Engkau, ia akan mempersiapkan jalan bagi-Mu; 
ada suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya",

Apa yang terjadi di zaman Yohanes pembaptis telah digenapinya nubuat pada kitab Yesaya. Yohanes mempersiapkan jalan untuk Tuhan. Ingat ga waktu raja arab mo datang ke indonesia, heboh banget persiapannya, musti booking hotel entah berapa lantai, disiapin bandaranya, keamanan musti ditingkatkan, disiapkan mobil khusus untuk transportasinya. Seperti itu jika ada orang yang penting. Begitu pula dengan Yohanes ini, dia dapat tugas khusus untuk mempersiapkan jalan buat Tuhan. Yang cuma manusia aja persiapan bisa begitu rupa, apalagi kalau Anak Allah yang bakalan dateng. Tapi mereka bukan siapin akomodasi, dan barang-barang mewah lainnya. Yohanes mempersiapkan hati orang-orang untuk bisa menerima pengajaran dan sebagainya ketika Tuhan datang.

Markus 1:4-5 (TB)  demikianlah Yohanes Pembaptis tampil di padang gurun dan menyerukan: "Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis dan Allah akan mengampuni dosamu."
Lalu datanglah kepadanya orang-orang dari seluruh daerah Yudea dan semua penduduk Yerusalem, dan sambil mengaku dosanya mereka dibaptis di sungai Yordan.

baptis atau penyucian kembali, membenamkan hidup lama untuk masuk ke hidup yang baru bersama Kristus. Banyak orang yang cuma baptis asal aja, atau menjadi ritual keagamaan saja tanpa memaknai makna sebenarnya dari baptisan itu sendiri. Sebelom dibaptis yang merupakan pembasuhan tersebut, musti mengaku dosa. Gimana bisa mengaku dosa? musti tahu dulu apa itu dosa dan macam-macamnya, sehingga bisa mengaku dosa dan setelah itu bertobat, yaitu memperbaiki kesalahan sesuai dengan pertobatan masing-masing dan berusaha untuk tidak melakukannya lagi. Baru setelah itu berilah dirimu untuk dibaptis dan Allah akan mengampuni dosa mu.

Bagi saya baptisan sakral banget, kaya kalo uda masuk ga boleh keluar lagi. Penting banget dan saya ngerti setelah baptis dan menyerahkan diri saya kepada Tuhan ga boleh lagi entertain dosa ato mencari dosa itu untuk dilakukan. Ada bahas tentang dosa waktu saat teduh dari Galatia. Mengingat lagi bagaimana Tuhan akhirnya memenangkan hati saya. Unik cara yang Tuhan pakai. Luka yang saat itu lah yang membuat saya akhirnya mencari Tuhan dengan sungguh-sungguh dan memutuskan untuk berhenti dari dosa-dosa saya. Bapa, saya masih punya banyak sekali kekurangan. Tapi gamau kalah oleh daging, gamau dipermainkan oleh jebakan-jebakan masa lalu, mengasihani diri sendiri. Saya berharga di mata Bapa, Bapa sudah layakan hidup saya, ga boleh sia-siakan kesempatan itu. Banyak hal yang mengecewakan tapi Bapa ga pernah mengecewakan. Ingat siapakah Yesus buat saya? penting atau tidak penting? Kalau penting saya juga pasti perlu mempersiapkan hati saya ketika hendak bertemu dalam doa, saat teduh, ibadah, dab sebagainya. Bukan ritual, dan bukan rutinitas. Saya aja bisa ga terima dan marah ketika orang bertemu atau melakukan sesuatu untuk saya hanya karena rutinitas atau kewajiban tanpa pakai hati. Masakah saya melakukan itu juga kepada Bapa?! Ampuni saya Bapa, suka-suka mengubah prioritas untuk Bapa.

Markus 1:6 (TB)  Yohanes memakai jubah bulu unta dan ikat pinggang kulit, dan makanannya belalang dan madu hutan. 

Ini sepertinya sering jadi pertanyaan di ulangan agama kristen. haha. Dulu saya cuma menganggap oh itu dia ciri-ciri Yohanes pembaptis, dia pakai bajunya adalah bulu unta, dan makanannya belalang dan madu hutan. Dulu mikir belalang apa enaknya, tapi ternyata belalamg bukan serangga tapi sejenis tanaman yang tumbuh di wilayah israel. Ga sampai disitu saja, sebenarnya itu menunjukkan ciri yang sama dengan nabi Elia, karena ada nats juga di kitab maleakhi bahwa elia akan datang untuk mempersiapkan jalan bagi Tuhan.

Maleakhi 4:5 (TB)  Sesungguhnya Aku akan mengutus nabi Elia kepadamu menjelang datangnya hari TUHAN yang besar dan dahsyat itu. 

Jadi ayat tersebut merupakan penggenapan nubuat-nubuat di perjanjian lama bukan sekedar jawaban dari soal-soal agama kristen. Luar biasa bukan? Tuhan sudah merancangkan segala hal begitu rupa dan di genapi bertahun-tahun kemudian.

Markus 1:7-8 (TB)  Inilah yang diberitakannya: "Sesudah aku akan datang Ia yang lebih berkuasa dari padaku; membungkuk dan membuka tali kasut-Nya pun aku tidak layak.
Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus."

Akan datang Juru Selamat saya yang akan membaptis dalam Roh Kudus. Bersyukur untuk Roh Kudus yang Tuhan berikan. Roh yang mempimpin saya untuk memperoleh hikmat supaya saya dapat mengerti ini. Mengerti bahwa saya telah menerima keselamatan dan mengerti bagaimana untuk mengaku dosa dan bertobat, mengerti tentang pengorbanan Yesus di kayu salib. karena banyak orang diluar sana ga ngerti tentang hal-hal tersebut. Karena memang musti mencari dengan segenap hati supaya bisa melihat apa yang Tuhan mau.

Terima kasih untuk hari ini. tepar tapi bisa istirahat haha. Terima kasih bagus filmnya wrinkle in time. Banyak insight nya haha. Tuhan menciptakan saya unik jadi buat apa membandingkan atau bahkan ingin menjadi orang lain?! belajar juga untuk sayang ama keluarga, dan ga menyalahkan diri sendiri, ga malu dengan luka, karena dari situ harapan bisa masuk, bahkan kekurangan bisa menjadi kekuatan jika tahu caranya. Makasih Bapa. Untuk meditasi malam ini juga.

Love You Bapa. 🤗

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik