DOA

DOA

Markus 1:35 (TB)  Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana.

Yesus memberikan contoh, untuk memulai hari dengan berdoa. Yesus bangun pagi-pagi waktu hari masih gelap, kondisi dimana suasana masih sepi, sejuk, dan pikiran belom terkontaminasi dengan apapun.

Bagaimana dengan kehidupan doa saya? Hmm. Lagi hancur sepertinya. Ga bisa bangun pagi beberapa hari ini, bangun pagi terus tidur lagi ampe jam 8. Malam pun doa nya kadang bisa kadang ngasal. 😭 Kualitas doa seseorang itu bergantung pada pengertian seberapa penting doa bagi orang tersebut. Sekarang masalahnya adalah bangun siang dan kelebihan aktivitas, atau karena sekeliling juga punya kualitas doa yang ga baik, jadi mulai kompromi, bisa juga karena berbicara dengan Tuhan sudah bukan sesuatu yang spesial lagi, karena telah digantikan berhala yang lain. Contoh lebih memilih menggunakan sisa tenaga di malam hari untuk baca komik atau nonton youtube, atau pilih buat ngobrol dan chating dengan seseorang, ato malas aja bengong tidur-tiduran.
Musti dicari apa akar dari permasalahan supaya bisa diperbaiki ke depannya. Tapi juga jangan menjadikan alasan case tertentu terus menerus. Alasan capek, masa tiap hari capek mulu, berati kelebihan aktivitas ada yang musti dikurangi, skip aja aktivitas yang tidak penting sehingga cukup istirahat sehingga tidak merusak mood. Coba pikir, memangnya aktivitas Yesus ga banyak? Yesus emangnya ga capek? tapi Yesus selalu tahu prioritas dan apa yang utama, ga boleh menggantikan waktu berkualitasnya dengan Bapa! Kalo cukup udah cukup. Cari dahulu Bapa yang berkuasa dan Bapa yang menyediakan.

Seperti relasi dengan sesama, komunikasi itu adalah kunci penting dalam intimnya suatu relasi. Meski kamu tau banyak tentang orang tertentu karena bisa pelajari pola manusia tapi ga pernah ngobrol. Pasti ga akan deket, ga akan berasa aman. Begitu juga hubungan dengan Bapa, kamu rajin baca banyak buku referensi, rajin baca alkitab, pengetahuan banyak, tapi ga pernah doa, ya ga bisa deket juga. Ga bisa satu komponen saja dijalanin, musti seimbang dan beberapa komponen dijalankan secara bersama-sama.

Ayo prim, mana komitmen kamu?! Jangan kuatir, jadilah tenang supaya bisa berdoa.

Markus 1:38 (TB)  Jawab-Nya: "Marilah kita pergi ke tempat lain, ke kota-kota yang berdekatan, supaya di sana juga Aku memberitakan Injil, karena untuk itu Aku telah datang."

Yang kedua saya belajar untuk selalu fokus dengan tujuan hidup saya, seperti Yesus yang tahu apa tujuan Yesus datang ke dunia. untuk memberitakan injil. Rupa-rupa keinginan, aktivitas, lingkungan bisa buat saya kehilangan fokus saya. Sebenernya bisa untuk menginjil kapan saja ga perlu yang ribet. Ingat juga tentang ini ya prim.

Semangat.

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik