SINFUL NATURE

SINFUL NATURE

Galatians 5:16 (NIV)  So I say, live by the Spirit, and you will not gratify the desires of the sinful nature.

Ya ampun, berasa uda lama banget ga baca kata 'sinful nature' seperti terlupakan. Kemudian sekarang tiba-tiba kembali ditanya :
Apakah sinful nature mu?
Apakah kamu masih hidup oleh keinginan dagingmu atau kamu hidup oleh Roh?

Galatia 5:19-21 (TB)  Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu,
penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah,
kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu — seperti yang telah kubuat dahulu — bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.

Dibahas lagi list dosa yang berasal dari perbuatan daging. 😱 Sebagian mungkin masih dilakukan, harus bertobat dan sebagian sudah menang, tapi tetep masih harus berjaga-jaga supaya tidak jatuh kembali.

Percabulan, Kecemaran (impurity) dan Hawa nafsu ini tentang hubungan yang tidak murni ya? Kebetulan td malem baru baca buku radikal love yg bab kasih seksual, ya ada dibahas tentang bagaimana untuk bisa punya relasi yang murni ketika berpacaran. Pas baca bab itu sebenarnya agak tidak sesuai dengan ekspektasi saya. 😅  Tapi sih jadi agak membayangkan. 😅 ampun Bapa. Saya terharu waktu Kai memutuskan menjadi murid setelah hidupnya yang sudah tidak murni lagi sebelumnya. Tidak mudah, tapi dia mau bertobat, berhenti dan mengalahkan rasa minder dia. Saya mengingat kembali kebaikan Tuhan juga saat Tuhan pegang saya, dan bawa saya kepada turning point saya. 😭 Harga yang mahal yang sudah Tuhan bayar untuk dosa-dosa saya. Tuhan layakkan saya, untuk saya bisa hidup lagi dengan cara yang benar. Saya sangat bersyukur.

Bapa, saya sangat mudah untuk iri hati (jealous), sebenarnya karena takut ya untuk kehilangan apa yang sudah ada menjadi tidak ada. Kepentingan diri sendiri (selfish ambitions) karena takut akan penolakan, jadi semuanya mau dilakukan untuk diri sendiri. Gamau dimarahi, gamau diekspek orang terlalu besar, gamau kehilangan orang-orang yang saya kasihi. Melow, haha tapi sih jujur, saya kepikiran dengan kotbah harliem, waktu dia bilang kamu bayangkan Tuhan sebagai apa? Waktu disebut sebagai kekasih jiwa. Saya sama sekali ga bisa related. Dari dulu juga ga pernah bisa related! Padahal kan aku uda pernah pacaran ya dulu. Hmmmh. Bapa, apakah saya yang terlalu takut di area ini. Jadi memblok segala aspek di area ini? 😭  ah sudahlah.

Bapa, saya gamau dengar gosip picisan, saya bisa jadi negative thingking. Padahal gosip itu belom tentu bener. Bapa, kadang sedih ya, di kingdom pun banyak orang bergosip sana sini. Jadi apa bedanya dengan kondisi luar? Bahkan menurut aku brother pun ga jauh beda ama cowo luar. Malah kadang lebih gentle an cowo luar. Bapa, apakah saya terlalu kritis dan hanya memandang dari satu pandangan saja? Ya salah satu sinful nature saya adalah negative thingking yang akan menimbulkan labeling pada orang-orang tertentu. Atau selalu curiga terhadap orang.

Bapa, maafkan saya.

Galatians 5:22-23 (NIV)  But the fruit of the Spirit is love, joy, peace, patience, kindness, goodness, faithfulness,
gentleness and self-control. Against such things there is no law.

Tapi buah-buah roh adalah kasih! Sukacita, damai sejahtera, sabar, kebaikan, kemurahan, kesetiaan, pengendalian diri.

Bapa, dosa adalah topik yang ga populer sama sekali. Malu untuk diungkapkan. Namun, saya semakin menyadari bahwa Tuhan telah sangat banyak mengampuni saya. 😭 Saya harus berjuang bersama dengan Roh Kudus yang sudah diberikan untuk bisa punya hati yang terus murni, dan pasti akan ada sukacita dan damai yang dari Tuhan.

Terima kasih Bapa untuk hari ini. 😍

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik