PROMISES

Waaa, hari ini nulis saat teduhnya malam lagi. Tp bukan karena td pagi emosi seperti hari kmrn. Sepertinya agak berat jadi butuh waktu agak lama untuk mencerna sambil baca2 referensi. Terus jadi ga sempat nulis.

Galatia 3:16-18 (TB)  Adapun kepada Abraham diucapkan segala janji itu dan kepada keturunannya. Tidak dikatakan "kepada keturunan-keturunannya" seolah-olah dimaksud banyak orang, tetapi hanya satu orang: "dan kepada keturunanmu", yaitu Kristus.
Maksudku ialah: Janji yang sebelumnya telah disahkan Allah, tidak dapat dibatalkan oleh hukum Taurat, yang baru terbit empat ratus tiga puluh tahun kemudian, sehingga janji itu hilang kekuatannya.
Sebab, jikalau apa yang ditentukan Allah berasal dari hukum Taurat, ia tidak berasal dari janji; tetapi justru oleh janjilah Allah telah menganugerahkan kasih karunia-Nya kepada Abraham.

Saat ini saya mau membahas tentang Janji Tuhan, bukan tentang perdebatan mereka tentang mana yang benar hukum taurat atau iman. Sebenarnya Tuhan sudah berjanji apa sih sama abraham waktu itu?

Kejadian 12:7 (TB)  Ketika itu TUHAN menampakkan diri kepada Abram dan berfirman: "Aku akan memberikan negeri ini kepada keturunanmu." Maka didirikannya di situ mezbah bagi TUHAN yang telah menampakkan diri kepadanya.

Janji bahwa akan ada keturunan Abraham yang akan menjadi raja, yang digenapi oleh Kristus. Tuhan berjanji dan Tuhan genapi itu. Tuhan tidak membatalkan janji-Nya meski bangsa yang harusnya telah mengikat janji malah menyeleweng.

Bapa, saya sangat percaya kepada Bapa, Bapa akan genapi janji. Saya rasa, satu-satunya pribadi yang janji dan perkataan-Nya bisa saya pegang. Saya bersyukur karena Tuhan berjanji dan sangat mengasihi bangsa Israel pada saat itu, maka Tuhan memberikan hukum taurat.

Galatia 3:21-24 (TB)  Kalau demikian, bertentangankah hukum Taurat dengan janji-janji Allah? Sekali-kali tidak. Sebab andaikata hukum Taurat diberikan sebagai sesuatu yang dapat menghidupkan, maka memang kebenaran berasal dari hukum Taurat.
Tetapi Kitab Suci telah mengurung segala sesuatu di bawah kekuasaan dosa, supaya oleh karena iman dalam Yesus Kristus janji itu diberikan kepada mereka yang percaya.
Sebelum iman itu datang kita berada di bawah pengawalan hukum Taurat, dan dikurung sampai iman itu telah dinyatakan.
Jadi hukum Taurat adalah penuntun bagi kita sampai Kristus datang, supaya kita dibenarkan karena iman.

Dengan adanya hukum taurat, maka dapat dinyatakan dosa-dosa saya, dan dengan adanya hukum taurat saya semakin peduli, berhati-hati dan menjaga diri saya dari dosa. Saya tahu seberapa besar dosa saya, dan saya tahu seberapa mahalnya pengorbanan Yesus dalam menebus dosa saya yang banyak itu. 😭 saya sangat bersyukur. Hukum taurat pun bisa menjadi penuntun, tapi hukum taurat tidak memerdekakan siapa-siapa justru adalah sebuah kutuk bagi orang yang tidak bisa melakukannya. Karena janji Tuhan yang digenapi itukah saya bisa hidup dan bukan karena usaha saya, seberapa banyak korban penghapus dosa itu tidak akan menyelamatkan saya, hanya karena kasih karunia dari Yesus saya dibenarkan.

Galatia 3:26-27, 29 (TB)  Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah karena iman di dalam Yesus Kristus.
Karena kamu semua, yang dibaptis dalam Kristus, telah mengenakan Kristus.
Dan jikalau kamu adalah milik Kristus, maka kamu juga adalah keturunan Abraham dan berhak menerima janji Allah.

Tentram banget ya, kamu semua adalah anak-anak Allah! Kehormatan yang sangat besar yang saya terima. Kaya berasa aman banget bahwa saya adalah anak-anak Allah. Punya Bapa yang merupakan penguasa dan yang maha pencipta, jadi ga perlu takut.

Bapa, terima kasih untuk hari ini. Happy banget dan enjoy meski ditutup dengan kerjaan yang tiba-tiba muncul issue. 😥 Bersyukur timeline saya selesai lebih cepar dari yang dijadwalkan meski kemarin2 waktu meeting change request kayanya banyak, dan diburu-buruin tapi bersyukur sih uda sesuai timeline ya masih nunggu team design untuk selesaiin design mereka. Bersyukur tadi bisa jalan ama mas tjoa. 😅 seperti biasa ga jelas tapi bisa rileks terus apa adanya. Stress dan pasti ribut dulu kalo mau pergi. Ga pergi ribut, mau pergi juga ribut 😓 bawel banget. Tapi saya akui orang ini sabar. Karena saya sering telat 😣 bahkan ga jarang dia nunggu sampe hitungan jam. Abis nonton akhirnya ngoding bareng mas tjo di starbuck wkwkwk karena ada issues report bisa2nya kelewat 1 design. Hmmh. Ya tadi jihan kaya ngerasa bersalah juga sih karena kelolosan ngetes nya. Saya pun ga ngecek in tiap2 kerjaan tim saya. Yawdalah sy yg musti selesaikan.

Bapa, bersyukur untuk setiap penyertaan yang Tuhan berikan, Tuhan kasih saya kecerdasaan untuk menyelesaikan tiap task yang Bapa percayakan untuk saya. Bapa, sebagai anak, saya pun sangat ingin Bapa bangga dengan saya.

Bapa, terima kasih. Sayang banget ama Bapa. Hugs. 😍 Saya pun tidak boleh memanfaatkan kebaikan tugas untuk keegoisan saya, ga boleh malas, ga boleh sampai kurang ajar juga, mesti bertanggungjawab.

Saya bersyukur untuk hari ini. Love you my Father.

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik