POSITION

POSITION

James 1:9-11 (NIV)  The brother in humble circumstances ought to take pride in his high position.
But the one who is rich should take pride in his low position, because he will pass away like a wild flower.
For the sun rises with scorching heat and withers the plant; its blossom falls and its beauty is destroyed. In the same way, the rich man will fade away even while he goes about his business.

Keadaan yang rendah (humble circumstances) bermegah karena kedudukannya yang tinggi. Apa nih maksudnya? Dengan membandingkan di ayat selanjutnya, mungkin ini tentang orang-orang yang memilih untuk tinggal dalam keadaan rendah (duniawi) namun ia akan bermegah di dalam kedudukannya yang tinggi (surgawi). Kalimat yang diberikan oleh Yakobus ini menencourage murid-murid yang telah memberikan hidupnya untuk menjadi pelayan Tuhan.

Yakobus 1:10 (TB)  dan orang kaya karena kedudukannya yang rendah sebab ia akan lenyap seperti bunga rumput.  
Yakobus 1:11 (TB)  Karena matahari terbit dengan panasnya yang terik dan melayukan rumput itu, sehingga gugurlah bunganya dan hilanglah semaraknya. Demikian jugalah halnya dengan orang kaya; di tengah-tengah segala usahanya ia akan lenyap.

Sebenarnya ga ada salahnya dengan orang kaya , namun kekayaan di dunia itu akan lenyap karena hanyalah fana, seperti bunga rumput, karena itulah kejar hal yang kekal, meski terkadang harus mengorbankan kenyamanan atau harus dengan pengendalian diri yang benar, bahkan untuk menjadi keadaan yang dipandang rendah oleh dunia.

Disini saya belajar untuk memprioritaskan pekerjaan Tuhan dibandingkan zona kenyamanan saya. Bisa aja buat nabung biar cepet banyak tabungannya, tapi kan murid diajarkan untuk berbagi, ga egois, ada bayar perpuluhan, spekon terus ada kas segala macem. Bisa aja orang memilih, ya ngapain uang dikeluarkan untuk hal-hal seperti itu mending ditabung aja atau dipakai untuk menyenangkan diri sendiri?!

Tapi sebenernya dengan banyak memberi ke tempat yang tepat pastinya, akan membantu hati saya untuk tidak menjadi serakah, penuh hawa nafsu dan boros.

Semua ada waktunya, tapi harta sorga akan selalu kekal, tidak seperti rumput yang akan kehilangan semarak nya jika terkena panas matahari. Jadi, berlomba-lombalah untuk mendapatkan kehidupan yang kekal. Jangan habiskan waktu hanya untuk diri sendiri saja tetapi prioritaskan Tuhan. Saya juga mau berfungi sebagai murid, karena waktu saya terbatas jadi mau tetap terlibat dimanapun saya bisa bantu, ini supaya saya pun bisa menjangkau orang-orang yang mau mengenal Allah. Loving the poor and needy juga.

Bapa, bersyukur harii ini Bapa bantu saya, tadi pagi riuh di kerjaan ada case yang ternyata uda seminggu belom solved terus pic nya ga report ke saya, ditinggal cuti dan ga di beresin sampe akhirnya funtional bilang ke saya. Tapi uda terlanjur riuh, orang-orang dari customer pada tanya, kaya orang bego, karena gatau apa pernasalahannya, kesal banget, uda senior lah masa kaya gitu sih. Bersyukur banget Tuhan kasih hikmat biar aku bisa jelasin terus bisa solved juga case nya. 😭 bersyukur karena Tuhan jaga saya untuk tidak dikuasai oleh amarah. Jadi bisa berpikir dengan jernih. Saya tahu itu bukan hasil usaha saya tapi Tuhan yang bantu saya menyelesaikannya, bersama dengan teman-teman. Saya tahu, Tuhan adalah Allah yang menyediakan apa yang saya perlukan, tetap rendah hati, ga perlu mengusahakan hal-hal yang curang, atau cari muka kemana-mana, pamer tapi tetap rendah hati, karena Tuhan yang akan memberikan rewardnya, dan saya bisa bermegah pada kedudukan yang tinggi karena kemurahan Tuhan.

Terima kasih Bapa untuk hari ini. 🤗 🤗  🤗

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik