PELAKU

PELAKU

Yakobus 1:19-21 (TB)  Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah;
sebab amarah manusia tidak mengerjakan kebenaran di hadapan Allah.
Sebab itu buanglah segala sesuatu yang kotor dan kejahatan yang begitu banyak itu dan terimalah dengan lemah lembut firman yang tertanam di dalam hatimu, yang berkuasa menyelamatkan jiwamu.

Bagaimana belajar untuk pengendalian diri? Ayat di atas masuk ke list favorit saya, karena pada waktu itu saya benar-benar susah untuk mengendalikan amarah. ngeliatnya orang nya aja gamau, rasanya mau ngamuk. apalagi kalo tiba-tiba orang itu ngajak ngomong langsung rasanya mau ngegas 😂 😭 Saya tahu saat itu saya lelah dan zona nyaman saya diusik, karena ribut banget, tapi bukan berati kondisi menjadikan saya untuk melakukan hal yang tidak berkenan bagi Tuhan. Saya berusaha untuk lebih sabar, dan ga negative. Saya bersyukur, Tuhan akhirnya menyudahi badai itu, dan bersyukur Tuhan berikan kesabaran untuk saya.

Terimalah dengan lemah lembut firman yang tertanam di dalam hati, yang berkuasa menyelamatkan jiwa! Kalau amarah yang berkuasa dalam hati apa yang bakal terjadi?
😲 saya ga bisa berpikir jernih ketika memutuskan sesuatu
😲 penuh kebencian karena isinya curiga dan negative thingking
😲 ga bisa melihat rancangan Tuhan
😲 lelah karena over thingking hal-hal yang mungkin saja tidak benar dan tidak terjadi
😲 dapat memicu dosa lainnya

karena itulah biarlah Firman Tuhan yang berkuasa atas hati saya, supaya saya melakukan apa yang Firman ajarkan.

Yakobus 1:22-24 (TB)  Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri.
Sebab jika seorang hanya mendengar firman saja dan tidak melakukannya, ia adalah seumpama seorang yang sedang mengamat-amati mukanya yang sebenarnya di depan cermin.
Baru saja ia memandang dirinya, ia sudah pergi atau ia segera lupa bagaimana rupanya.

Menjadi pelaku firman bukan pendengar! Cara belajar paling baik adalah banyak latihan, karena sekali baca saja tidak akan berhasil, kecuali emang untuk orang-orang yang jenius. 😅 karena pengalaman itu memberikan sesuatu yang berbeda. Saat tahu tentang kasih, tapi saya ga pernah lakukan perintah untuk mengasihi orang, pasti abis itu lupa, dan pastinya saya ga akan pernah tahu bahwa mengasihi kadang butuh penyangkalan diri, dan ga bisa bersyukur atau untuk setiap kasih Tuhan yang saya terima. Tau teori saja ga cukup kalau tidak dilakukan.

Yakobus 1:25-27 (TB)  Tetapi barangsiapa meneliti hukum yang sempurna, yaitu hukum yang memerdekakan orang, dan ia bertekun di dalamnya, jadi bukan hanya mendengar untuk melupakannya, tetapi sungguh-sungguh melakukannya, ia akan berbahagia oleh perbuatannya.
Jikalau ada seorang menganggap dirinya beribadah, tetapi tidak mengekang lidahnya, ia menipu dirinya sendiri, maka sia-sialah ibadahnya.
Ibadah yang murni dan yang tak bercacat di hadapan Allah, Bapa kita, ialah mengunjungi yatim piatu dan janda-janda dalam kesusahan mereka, dan menjaga supaya dirinya sendiri tidak dicemarkan oleh dunia.

Bertekun dalam melakukan Firman Tuhan, saat berhasil melakukan Firman Tuhan pasti seneng, yang awalnya susah maka akan menjadi habit saya yang setelah nya tanpa penyangkalan diri pun bisa dilakukan, bahkan dengan sukacita melakukannya.

Kekang lidahmu, jangan suka asal ngomong, perlu juga lihat kondisi, ga boleh bercandaan yang nyakiti orang atau bahkan jadi batu sandungan. Katakanlah kebenaran tapi dengan bijak.

Menjaga diri supaya tetap murni dan tidak cemar oleh dunia, Yakobus bilang supaya jemaat ga tutup mata untuk melayani orang-orang yang mungkin ga populer di masyarakat karena justru mereka lah yang perlu dikasihi, diberikan perhatian. Perhatikan dan kasihi yang lemah bukannya di gosipin dan di jugde. Gimana bisa semangat lagi kalo digituin?!

Bersyukur Tuhan untuk hari ini, lelah itu nyata sepertinya 😂😅 Bapa, duh pekerjaan menanti, semoga hari ini ga yang hectic ya Bapa. Bantu saya menyelesaikan dengan tepat dan cepat. Berikan semangat dan kekuatan untuk saya melewati hari ini dengan berkenan di hadapan Tuhan.

Let's enjoy today with You my Lord. 😍

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik