NEED

NEED

Rut 3:1 (TB)  Lalu Naomi, mertuanya itu, berkata kepadanya: "Anakku, apakah tidak ada baiknya jika aku mencari tempat perlindungan bagimu supaya engkau berbahagia?

Saya belajar dari seorang naomi yang mampu mengetahui apa kebutuhan orang disekelilingnya. Naomi tidak egois tapi mau memikirkan orang disekelilingnya. Bapa, untuk gak egois atau hidup yang berpusat ama diri sendiri memang susah. Saya maunya egois saja, cari hal-hal yang nyaman, apa yang saya mau. Gak mau liat apa yang sekeliling saya butuhkan? apa yang keluarga atau brother sister atau teman kerja atau sahabat saya butuh?

Bahkan terkadang sudah tau kebutuhan orang tapi bersikeras untuk pura-pura gatau dan memilih cuek, dan lebih mementingkan diri sendiri. Naomi bisa egois, dia janda kemudiana ada rut yang menemaninya. Naomi bisa saja egois untuk ga memikirkan rut, yang penting mereka berdua bisa hidup, makan dan punya tempat tinggal. Saya belajar untuk perhatian kepada sekeliling saya supaya saya bisa melihat apa yang menjadi kebutuhan dan pas. bukan yang sok tahu.

Nah setelah tahu ngapain? 😂 ini nih yang selanjutnya yang sangat susah sekali dijalankan. Ketika saya tahu kebutuhan seseorang kemudian saya gatau musti melakukan apa. 😅 terus diem-diem aja. Kalo lagi beruntung ada waktu dan niat bisa tanya ke pembimbing. kalo ga? yawda ga melakukan apapun. Kalau naomi, dia langsung memberikan saran dan tindakan kepada rut.

Rut 3:2-4 (TB)  Maka sekarang, bukankah Boas, yang pengerja-pengerjanya perempuan telah kautemani itu, adalah sanak kita? Dia pada malam ini menampi jelai di tempat pengirikan;
maka mandilah dan beruraplah, pakailah pakaian bagusmu dan pergilah ke tempat pengirikan itu. Tetapi janganlah engkau ketahuan kepada orang itu, sebelum ia selesai makan dan minum.
Jika ia membaringkan diri tidur, haruslah engkau perhatikan baik-baik tempat ia berbaring; kemudian datanglah dekat, singkapkanlah selimut dari kakinya dan berbaringlah di sana. Maka ia akan memberitahukan kepadamu apa yang harus kaulakukan."

Naomi sadar akan kebutuhan rut tentang pasangan hidup. Dia memberikan saran supaya rut bisa memperoleh keamanan dari boas. Sebenarnya cara yang disarankan ama naomi ekstrem ya. Bergerak cepat. Tapi saya perlu belajar lagi tentang background atau tradisi disana untuk lebih tau kenapa Naomi menyarankan itu. Bagaimana harus memakai pakaian bagus dan berdandan, kalau ini sih pasti karena mau menghargai Boas makanya dia berpakaian yang sesuai dan bagus. Tapi yang lain-lainnya entah, sepertinya ada dibahas di buku lady in waiting tapi lupa. 😅 Nah sekarang bagaimana saya bisa melihat kebutuhan dan setelah itu bisa membantu orang tersebut memenuhi kebutuhannya yang benar? Minta kepada Tuhan kebijaksanaan, tanya ke pembimbing 😂 (tapi kan ga bisa terus²an), banyak belajar, membaca, spendtime dari orang lain, supaya cukup punya pengetahuan. Jadi jangan malas² ya prim buat fellowship 😅

Rut 3:5 (TB)  Lalu kata Rut kepadanya: "Segala yang engkau katakan itu akan kulakukan."

Rut pergi, dia patuh dan melakukannya. Rut sendiri sadar akan kebutuhannya, gak malu-malu tapi melakukannya. Banyak orang sebenarnya sadar apa yang dibutuhkan, tapi biasanya karena sombong atau ga enakan atau malu jadi ga mau mengakui. ya saya juga harus belajar di area ini. butuh, mau minta bantuan tapi ga enakan, berprasangka orang akan menghakimi atau mengolok-olok saya atau malah jahat kepada saya. Memang kebutuhan ga harus diceritakan ke semua orang tapi Tuhan tuh pasti kasih orang² yang bisa saya percaya untuk bisa berbagi apa yang saya pikirkan. Belajar untuk terbuka, ga harus mau dilihat sempurna sama orang.

Bapa, bersyukur banget untuk kebaikan Tuhan. 😁 Bapa sangat tahu apa yang saya butuhkan. Saya gamau jadi bebal, dan menipu diri sendiri, mau jujur aja. Bapa pasti bantu saya.

Semangat hari ini dengan percaya diri 😁 Makasih Bapa. 😍❤ sangat bersemangat untuk berjalan dengan Bapa.

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik